Cara Tanaman Putri Malu Menyesuaikan Diri

Putri malu adalah tanaman hias yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini dikenal karena gerakannya yang unik ketika disentuh atau dirangsang. Namun, seperti halnya tanaman lainnya, putri malu juga membutuhkan perhatian dan perawatan agar tumbuh dengan baik. Salah satu hal penting dalam perawatan putri malu adalah membuatnya menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dalam artikel ini, kamu akan belajar cara membuat putri malu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Putri malu sangat sensitif terhadap cahaya dan suhu. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang tepat untuk menempatkan tanaman ini. Pastikan lokasi tersebut mendapat sinar matahari yang cukup, namun tidak terlalu terik. Selain itu, hindari menempatkan putri malu di dekat AC atau kipas angin yang mengeluarkan udara dingin.

2. Tanah yang Cocok

Pilihlah tanah yang cocok untuk putri malu. Tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur dan mudah menyerap air. Namun, jangan terlalu banyak menyiram tanaman ini karena bisa menyebabkan akar busuk. Sebaiknya, siram tanaman ini setiap 2-3 hari sekali.

3. Pemupukan

Putri malu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, berikanlah pupuk secara rutin setiap 2 minggu sekali. Pupuk yang tepat untuk putri malu adalah pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium.

4. Cukupi Kebutuhan Air

Kebutuhan air untuk putri malu berbeda-beda tergantung pada lokasi dan musim. Namun, secara umum, tanaman ini membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Jangan terlalu banyak menyiram, namun juga jangan sampai kering. Sebaiknya, siram tanaman ini ketika tanah sudah mulai kering.

5. Hindari Hama dan Penyakit

Putri malu rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, hindarilah tanaman ini dari hama seperti kutu daun dan ulat. Selain itu, perhatikan juga gejala-gejala penyakit seperti layu, kering, atau bercak hitam pada daun. Jika terjadi, segera lakukan tindakan yang tepat.

6. Pot yang Tepat

Pilihlah pot yang tepat untuk menanam putri malu. Pot yang terlalu kecil bisa membuat akar tanaman tercekik, sedangkan pot yang terlalu besar bisa membuat tanah terlalu basah dan menyebabkan akar busuk. Sebaiknya, pilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman dan gunakan bahan yang bisa menyerap air dengan baik.

7. Perhatikan Sudut Pandang Tanaman

Putri malu biasanya tumbuh menjuntai ke bawah. Oleh karena itu, perhatikan sudut pandang tanaman saat menempatkannya. Pastikan tanaman ini terlihat indah dari segala sudut pandang, baik dari atas maupun dari bawah.

8. Jangan Sering Dipindahkan

Putri malu sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Oleh karena itu, jangan sering-sering memindahkan tanaman ini dari satu tempat ke tempat lain. Biarkan tanaman ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan biarkan akarnya menjangkau ke dalam tanah.

9. Perhatikan Suhu Ruangan

Putri malu membutuhkan suhu ruangan yang nyaman untuk tumbuh dengan baik. Hindarilah menempatkan tanaman ini di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sebaiknya, letakkan tanaman ini di tempat yang memiliki suhu ruangan yang nyaman, sekitar 20-25 derajat Celsius.

10. Jangan Terlalu Sering Dipotong

Putri malu dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30-40 cm. Jangan terlalu sering memotong tanaman ini karena bisa mengurangi pertumbuhannya. Potonglah hanya ketika tanaman sudah terlalu panjang dan terlihat tidak rapi.

11. Beri Penyangga

Karena putri malu dapat tumbuh menjuntai ke bawah, beri penyangga pada batang tanaman agar tidak patah atau rusak. Gunakanlah penyangga yang kuat dan tahan lama agar tidak mudah rusak.

12. Perhatikan Tingkat Kadar Air

Putri malu membutuhkan kadar air yang tepat untuk tumbuh dengan baik. Hindari menyiram tanaman ini terlalu banyak atau terlalu sedikit. Perhatikan kadar air pada tanah dan siramlah hanya ketika tanah sudah mulai kering.

13. Hindari Tanaman Lain

Putri malu sebaiknya ditanam sendiri atau tidak berdekatan dengan tanaman lain. Tanaman ini rentan terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga perlu dihindari dari tanaman lain yang bisa menyebar penyakit atau hama.

14. Cegah Serangan Hama dan Penyakit

Putri malu perlu dicegah dari serangan hama dan penyakit. Gunakanlah pestisida alami atau bahan kimia untuk mencegah serangan hama dan penyakit pada tanaman ini.

15. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesehatan putri malu. Pastikan lingkungan sekitar tanaman ini bersih dan tidak kotor. Selain itu, jangan biarkan daun-daun yang sudah kering menumpuk di sekitar tanaman karena bisa menjadi sarang hama dan penyakit.

16. Jangan Terlalu Sering Disentuh

Putri malu dapat merespon rangsangan dengan menggerakkan daunnya. Namun, jangan terlalu sering disentuh karena bisa membuat tanaman ini stres dan memperlambat pertumbuhannya. Hindari juga menyentuh daun dengan tangan yang kotor karena bisa menyebabkan infeksi pada tanaman.

17. Perhatikan Kebutuhan Nutrisi

Putri malu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Berikanlah pupuk secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman ini. Namun, jangan terlalu banyak memberikan pupuk karena bisa menyebabkan tanaman menjadi busuk.

18. Cukupi Kebutuhan Cahaya

Putri malu membutuhkan cahaya yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup, namun tidak terlalu terik. Jangan menempatkan tanaman ini di tempat yang terlalu gelap karena bisa menyebabkan tanaman menjadi kurang sehat.

19. Biarkan Tanaman Menyesuaikan Diri

Setiap tanaman membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Biarkanlah putri malu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan berikan perawatan yang baik untuk mempercepat pertumbuhannya.

20. Pantau Pertumbuhan Tanaman

Pantau pertumbuhan putri malu secara rutin. Perhatikan apakah tanaman ini tumbuh dengan baik atau ada gejala-gejala penyakit atau hama. Jika ada, segera lakukan tindakan yang tepat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Kesimpulan

Putri malu adalah tanaman hias yang indah dan unik. Namun, untuk tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan perawatan dan perhatian yang baik dari pemiliknya. Lakukanlah perawatan yang tepat dan biarkanlah tanaman ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dengan begitu, putri malu akan tumbuh dengan sehat dan indah di taman atau dalam pot di rumahmu.

FAQ

1. Bisakah putri malu ditanam di luar ruangan?
Jawab: Ya, putri malu bisa ditanam di luar ruangan asalkan di tempat yang teduh dan tidak terlalu terik.

2. Bagaimana cara mempercepat pertumbuhan putri malu?
Jawab: Berikanlah pupuk secara rutin dan pastikan tanaman ini mendapat cahaya dan air yang cukup.

3. Apa penyebab putri malu layu?
Jawab: Putri malu bisa layu karena kekurangan air, terpapar sinar matahari yang terlalu terik, atau terkena serangan hama atau penyakit.

4. Apakah putri malu bisa ditanam dalam pot?
Jawab: Ya, putri malu bisa ditanam dalam pot. Pastikan pot yang dipilih tepat untuk ukuran tanaman dan gunakan tanah yang cocok untuk tumbuhnya putri malu.

5. Bagaimana cara memotong putri malu?
Jawab: Potonglah putri malu hanya ketika terlihat sudah terlalu panjang atau tidak rapi. Gunakanlah gunting yang tajam dan bersih untuk memotong tanaman ini.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menanam putri malu di taman atau dalam pot di rumahmu. Jangan lupa membaca artikel lainnya di website ini.