Cara Mudah Menjadi Investor Syariah

Cara Mudah Menjadi Investor Syariah

1. Pilih Perusahaan Efek yang Memiliki Sistem Online Trading Syariah (SOTS)

Memilih perusahaan yang merupakan pialang sekuritas sangat penting untuk berinvestasi ke pasar modal Islam ini. Untuk kenyamanan kamu saat pertama kali mulai berinvestasi dengan saham syariah, pilihlah perusahaan yang sesuai dengan SOTS. SOTS dapat digambarkan sebagai sistem perdagangan elektronik Syariah untuk saham yang sesuai dengan prinsip syariah di pasar keuangan. SOTS diakreditasi oleh DSN-MUI karena merupakan perpanjangan dari fatwa yang dikeluarkan oleh DSN-MUI No. 80 Tahun 2011 tentang Penerapan Hukum Syariah Dalam Metodologi Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas Di Pasar Reguler Bursa Efek.

2. Buka rekening di Efek Syariah

Jika kamu telah menentukan perusahaan sekuritas yang akan kamu pilih, maka kamu harus membuka rekening sekuritas Syariah. Persyaratan untuk membuka rekening di perusahaan berbasis syariah mirip dengan membuka rekening efek pada umunya. Diantaranya mengisi formulir permohonan yang disediakan oleh perusahaan yang menawarkan efek dan melengkapi sejumlah berkas antara lain fotokopi KTP/KITAS fotokopi halaman depan buku penabung serta fotokopi NPWP. Tapi, pastikan dokumen yang dibutuhkan ditentukan oleh perusahaan yang ingin kamu ajak bekerja sama!

3. Pastikan untuk mengkonfirmasi sebagai investor.

Selain itu, setelah kamu menyelesaikan semua langkah yang diperlukan untuk membuat akun di Pialang Efek. Jangan lupa untuk mengonfirmasi bahwa kamu telah diverifikasi sebagai Investor dan sobat. Konfirmasi sebagai investor dapat dilakukan jika telah diberikan User Account Number, Username dan Password Nomor Rekening Dana Nasabah Syariah.

4. Transfer Uang untuk mendanai Investasi Awal dan Pemasangan SOTS

Jadi, jika kamu dikonfirmasi oleh lembaga keuangan, itu merupakan indikasi bahwa kamu dapat mulai berinvestasi di saham syariah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mentransfer dana untuk modal investasi sebagai investasi awal untuk membeli saham syariah yang diinginkan. Jumlah modal yang dibutuhkan juga minim Sobat, kamu bisa memulainya hanya dengan Rp. 100.000. Namun, kamu harus menanyakan kepada perusahaan sekuritas yang kamu pilih tentang setoran minimum yang harus dibayar karena bergantung pada kebijakan perusahaan. Kemudian, unduh dan instal SOTS di perangkat kamu untuk melakukan transaksi jual beli saham Syariah secara berkelanjutan.

5. Tentukan saham syariah yang diinginkan

Jika kamu ingin membeli saham Islami, penting untuk terlebih dahulu mengetahui spesifikasi saham tertentu sebelum membelinya melalui perusahaan investasi atau pialang saham lainnya. Untuk mengetahui perusahaan yang masuk dalam kategori syariah, periksa Daftar Efek Syariah (DES) yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan. Daftar tersebut mencantumkan perusahaan dengan saham yang tidak melanggar prinsip syariah di pasar keuangan. Ada dua jenis DES yang diterbitkan, salah satunya adalah DES yang berkala dan sering diterbitkan pada awal Mei atau November setiap tahun, dan yang tidak reguler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.