Cara Menyesuaikan Diri Hewan Terhadap Lingkungannya Brainly

Pengenalan

Setiap hewan memiliki kemampuan unik untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan ini memungkinkan hewan untuk mampu mencari makanan, tempat berlindung, pasangan, dan mempertahankan diri dari bahaya yang ada di sekitarnya. Dalam artikel ini, akan dibahas cara-cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Mimikri

Mimikri adalah kemampuan hewan untuk meniru tampilan atau perilaku hewan lain dalam lingkungannya. Hewan yang memiliki kemampuan mimikri dapat bertahan hidup dengan lebih baik karena mereka dapat menyamarkan diri mereka dari predator atau mangsa mereka. Contohnya adalah kupu-kupu yang meniru tampilan daun atau bunga untuk menyamarkan dirinya dari predator.

Polimorfisme

Polimorfisme adalah kemampuan hewan untuk memiliki beberapa bentuk atau warna yang berbeda dalam satu spesies ketika hidup di lingkungan yang berbeda. Contohnya adalah kadal yang dapat berubah warna menjadi lebih gelap di lingkungan yang lebih kotor.

Migrasi

Migrasi adalah kemampuan hewan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan atau tempat berlindung. Contohnya adalah burung migran yang bergerak dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan pada musim dingin.

Hibernasi

Hibernasi adalah kemampuan hewan untuk mengurangi aktivitas tubuh dan metabolisme selama musim dingin atau ketika makanan sulit ditemukan. Contohnya adalah beruang yang tidur selama musim dingin untuk menghemat energi dan makanan.

Estivasi

Estivasi adalah kemampuan hewan untuk mengurangi aktivitas tubuh dan metabolisme selama musim panas yang kering atau saat suhu lingkungan sangat tinggi. Contohnya adalah kodok yang tidur selama musim panas untuk menghemat energi dan air.

Kamuflase

Kamuflase adalah kemampuan hewan untuk menyamarkan dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah kadal yang memiliki warna dan bentuk yang sama dengan batu atau kayu.

Reproduksi

Reproduksi adalah kemampuan hewan untuk berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang sehat dan kuat. Hewan yang hidup di lingkungan yang berbeda dapat memiliki waktu reproduksi yang berbeda-beda. Contohnya adalah ikan salmon yang hanya berkembang biak di sungai yang memiliki air yang jernih dan dingin.

Penyesuaian Struktural

Penyesuaian struktural adalah kemampuan hewan untuk memiliki struktur tubuh yang berbeda-beda untuk bertahan hidup di lingkungan yang berbeda. Contohnya adalah burung hantu yang memiliki bulu-bulu halus dan sayap yang lebar untuk terbang tanpa suara di malam hari.

Perkembangan Cepat

Perkembangan cepat adalah kemampuan hewan untuk tumbuh dan berkembang dengan cepat agar dapat bertahan hidup di lingkungan yang sulit. Contohnya adalah katak yang dapat tumbuh dari telur menjadi katak dewasa dalam waktu singkat.

Koloni

Koloni adalah kemampuan hewan untuk hidup bersama dalam kelompok besar untuk mencari makanan dan mempertahankan diri dari predator. Contohnya adalah semut yang hidup dalam koloni besar dan bekerja sama untuk mencari makanan.

Pertahanan Diri

Pertahanan diri adalah kemampuan hewan untuk melindungi diri dari predator atau bahaya lainnya. Contohnya adalah landak yang memiliki duri-duri tajam untuk melindungi dirinya dari serangan predator.

Membangun Sarang

Membangun sarang adalah kemampuan hewan untuk membuat tempat tinggal yang aman dari bahaya lingkungan. Contohnya adalah burung yang membuat sarang untuk bertelur dan melindungi anak-anaknya dari predator.

Berbaur dengan Lingkungan

Berbaur dengan lingkungan adalah kemampuan hewan untuk hidup dengan damai dan seimbang dengan lingkungannya. Contohnya adalah kambing yang dapat hidup dengan baik di daerah yang tandus dan berbatu.

Penyesuaian Pada Makanan

Penyesuaian pada makanan adalah kemampuan hewan untuk mencari makanan yang tersedia di lingkungannya. Contohnya adalah beruang kutub yang hanya dapat memakan ikan dan hewan laut lainnya karena lingkungan di tempat mereka tinggal sangat dingin dan sulit untuk menumbuhkan tumbuhan.

Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan hewan untuk berkomunikasi dengan sesamanya dalam lingkungannya. Contohnya adalah anjing yang dapat mengeluarkan suara dan gerakan tubuh untuk berkomunikasi dengan pemiliknya.

Reproduksi Aseksual

Reproduksi aseksual adalah kemampuan hewan untuk berkembang biak tanpa perlu pasangan. Contohnya adalah cacing tanah yang dapat membelah diri dan menjadi dua individu yang baru.

Kendali terhadap suhu tubuh

Kendali terhadap suhu tubuh adalah kemampuan hewan untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil di lingkungan yang berbeda-beda. Contohnya adalah singa yang dapat mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil di lingkungan yang panas.

Menghindari Bahaya

Menghindari bahaya adalah kemampuan hewan untuk menghindari bahaya yang ada di sekitarnya. Contohnya adalah kucing yang dapat melompat dan menghindari bahaya dengan cepat.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Apa itu mimikri?

Mimikri adalah kemampuan hewan untuk meniru tampilan atau perilaku hewan lain dalam lingkungannya.

2. Apa itu hibernasi?

Hibernasi adalah kemampuan hewan untuk mengurangi aktivitas tubuh dan metabolisme selama musim dingin atau ketika makanan sulit ditemukan.

3. Apa itu kamuflase?

Kamuflase adalah kemampuan hewan untuk menyamarkan dirinya dengan lingkungan sekitarnya.

4. Apa itu berbaur dengan lingkungan?

Berbaur dengan lingkungan adalah kemampuan hewan untuk hidup dengan damai dan seimbang dengan lingkungannya.

5. Apa itu kendali terhadap suhu tubuh?

Kendali terhadap suhu tubuh adalah kemampuan hewan untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil di lingkungan yang berbeda-beda.Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah wawasan kamu.