Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Avanza

Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Avanza

Mobil Avanza sejauh ini telah menggunakan bahan bakar dengan sistem Electric Fuel Injection (EFI) dengan dual kapasitas yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Selain itu, transmisi mobil Avanza juga terbagi menjadi dua yakni manual dan automatic.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai bensin mobil Avanza, maka tak lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai oli mobil Avanza. Sebab bensin dan oli merupakan satu kesatuan yang diperlukan oleh mobil Avanza agar mampu beroperasional.

Jika kapasitas bahan bakar pada mobil Avanza sebesar 45 liter untuk bensin, baik manual maupun matic. Tidak begitu dengan kapasitas oli pada mobil Avanza. Terdapat perbedaan antara transmisi manual ataupun transmisi automatic.

Untuk kapasitas oli pada transmisi manual, baik yang 1.300 cc maupun 1.500 cc diestimasikan sebesar 3,5 liter tanpa oli filter. Akan tetapi, bila dengan oli filter kapasitasnya bertambah menjadi 4 liter.

Sedangkan untuk kapasitas oli pada transmisi automatic, baik yang 1.300 cc maupun 1.500 cc diestimasikan sebesar 4 liter tanpa oli filter. Akan tetapi, bila dengan oli filter kapasitasnya bertambah menjadi 4.5 liter.

Jadi, bisa disimpulkan bahwasannya kapasitas oli pada transmisi automatic lebih besar setengah liter dibandingkan dengan kapasitas oli pada transmisi manual.

REKOMENDASI:  Harga Mobil Bekas Avanza Veloz Matic 2012

Ketika sudah mengetahui perkiraan kapasitas oli pada mobil Avanza, maka kamu wajib berhati-hati dalam melakukan pengisian oli. Jangan sampai kelebihan atau bahkan sampai kekurangan. Apabila terlalu banyak mengisi oli pada mobil, maka resikonya adalah mesin mobil akan menjadi lebih berat.

Bukan itu saja, resiko lainnya bila kelebihan ataupun kekurangan dalam mengisi oli bisa memgakibatkan turun mesin pada mobil Avanza dan menyebabkan overheating (suhu tiba-tiba naik). Wah, cukup fatal bukan?

Selain itu, kamu juga setidaknya mengetahui kira-kira kapan waktu yang tepat untuk ganti oli. Jika terlewat bisa-bisa merusak meain mobil Avanza kamu.

Nah, waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil kamu yakni apabila jarak tempuh mobil sudah tembus sepuluh ribu kilometer dalam pemakaian normal atau sejauh delapan ribu kilometer bila perjalanan jauh dan sering terkena macet. Bila didurasikan dengan waktu sekitar enam hingga dua belas bulan, tergantung operasional mobil Avanza tersebut.

Adapun perbedaan perlakuan bila mobil Avanza yang kamu miliki merupakan mobil baru. Penggantian oli mobil untuk pertama kalinya sebaiknya dilakukan apabila jarak tempuh memcapai angka seribu kilometer.

REKOMENDASI:  Harga Ban Mobil Avanza Standar

Di samping itu, untuk penggantian oli mobil bisa juga dilakukan apabila mesin mobil terasa lebih berat dan kasar, warna oli berubah dan menjadi lebih encer, atau mengikuti jadwal penggantian oli berdasarkan kartu pergantian oli dari bengkel.

Pertanyaan yang kerap dilayangkan, bisakah melakukan penggantian oli secara mandiri? Jelas bisa!

Di bawah ini akan diuraikan cara mengganti oli mesin mobil Avanza.

  1. Siapkan peralatan untuk melakukan penggantian oli, seperti dongkrak, kunci pas, dan wadah penampung, serta oli baru.
  2. Buat posisi mobil menjadi lebih tinggi dengan menggunakan dongkrak
  3. Pastikan suhu mobil dalam keadaan dingin atau berkisar tiga puluh lima derajat celcius
  4. Buka knop tempat ganti oli.
  5. Lalu gunakan kunci pas untuk membuka baut penguras oli dan melepaskan filter oli.
  6. Tutup kembali baut penguras oli apabila sudah dipastikan oli mobil yang lama sudah keluar semua.
  7. Masukkan oli yang baru melalui luban mesin atas, jika sudah tutup kembali knop yang tadi dibuka diawal. Pastikan oli tidak mengalami kebocoran!

Nyalakan mesin untuk melakukan croscheck pada proses penggantian mobil kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.