Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Avanza

Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Avanza

Mobil dengan brand atau merk apapun akan memberikan penawaran yang sama pada konsumennya. Misalnya, ada fitur interiornya, fitur eksteriornya, fitur entertainmentnya, hingga fitur keamanan dan keselamatan. Semua fitur tersebutlah yang kadang menjadi pembanding untuk si konsumen akhirnya menentukan pilihannya.

Dari semua fitur tersebut, yang paling utama tentu saja fitur keamanan dan keselamatan sebab berhubungan dengan nyawa manusia sebagai pengendara dan penumpang. Itulah mengapa sebelum bepergian, apalagi perjalanan jauh harus memastikan kondisi mesin, rem, dan lain sebagainya.

Di zaman yang serba canggih, sebenarnya kita tak perlu susah untuk melakukan ini dan itu. Termasuk dalam memgganti kampas rem belakang mobil Avanza. Sudah ada teknisi yang berdiam di bengkel atau dealer terdekat, bukan?

Namun, bagaimana kasusnya bila ternyata di saat kamu butuh teknisi tapi sedang tidak ada? Panik ga? Panik ga? Gak lah! Ya, kamu tidak boleh panik di aituasi apapun. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mempelajari cara mengganti kampas rem belakang Avanza. Setidaknya di saat kondisi genting, kamu bisa mengandalkan diri sendiri.

Sebelum mengganti kampas rem belakang, tentu saja kamu harus punya terlebih dahulu kampas remnya, bukan?

Dilansir dari berbagai sumber, harga kampas rem belakang Avanza dibanderol dengan harga mulai dari seratus lima puluh ribuan hingga dua ratus ribuan. Harga berbeda bergantung dari merk dan juga toko yang menjual.

Cara mengganti kampas rem belakang Avanza, yakni:

  1. Lepaskan tromol yang terpasang agar part-part yang ada pada sistem pengereman bisa terbongkar.
  2. Lepas pegas luar kampas dan pengancing kampas kanan – kiri menggunakan sekrup.
  3. Lepaskan juga pegas dalam kampas rem.
  4. Periksa wheell silinderapakah macet atau tidak.
  5. Periksa juga apakah ada kebocoran pada minyak rem atau tidak
  6. Lepaskan pengunci setelan rem untuk membuka semua part bagian dalam, kecuali kabel hand rem .
  7. Tata semua part-part komponen rem belakang ketika semua part sudah terbongkar. Hal ini bertujuan agar part tersebut tidak berserakan kemana-mana
  8. Setelah dipastikan semua terbongkar, pasang kampas rem yang kiri dan kanan. Jangan tertukar! Sebelum memasang kampas, gunakan obeng dan tang untuk membuka kuncinya.
  9. Setelah terpasang, gunakan tang kembali untuk mengunci kampas rem yang baru agar kembali rapat. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.
  10. Rakit kembali kedua kampas; kampas kiri dan kampas kanan dengan penghubung pegas bawah.
  11. Pasang per bagian dalam, yaitu:
  • per yang kecil,
  • penyetel celah rem tromol belakang,
  • pengunci setelan rem,
  • pengunci kampas rem yang kiri dan yang kanan, ┬ádan
  • pasang pegas luar
  1. Pasang-lepas tromol rem belakang agar dapat menempatkan kampas pada tempatnya dengan benar. Lalu, setel celah pada rem dengan cara diputar ke atas hingga mengeluarkan bunyi klik klik klik.

Demikian langkah-langkah mengenai cara mengganti kampas rem  belakang mobil Avanza. Meski terlihat simpel pada point-pointnya, tapi nyatanya praktek tak semudah teorinya. Apalagi jika kamu tak pernah sama sekali bersentuhan sama dunia otomotif sebelumnya.

Tidak ada proses yang instan, apalagi mempelajari cara yang satu ini. Jika tak bisa memperbaiki yang usdah terlanjur dilepaskan secara mandiri, sebaiknya segera hubungi teknisi terdekat agar bisa segera memperbaiki mobil Avanza kamu tersebut.

Namun, jika kamu berhasil memperbaiki sendiri dan telah mengganti kampas rem belakang secara mandiri, maka selamatKamu bisa menghemat pengeluaran untun operasional mobil kamu. Dan pengalaman ini bisa jadj aset bagi diri kamu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.