Cara Mengganti Busi Mobil Avanza

Cara Mengganti Busi Mobil Avanza

Tak ada satupun kendaraan yang luput akan servis, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bahkan alat elektronik yang diam di tempat saja kerap diservis oleh pemiliknya karena adanya beberapa kerusakan.

Servis pada mobil biasanya dilakukan pada dealer terkait, meskipun tak menutup kemungkinan bahwasannya pemilik juga bisa melakukan servis secara mandiri di rumah. Bergantung dari tingkat keparahan kondisi mobil tersebut. Selain itu juga bergantung pada skill yang dimiliki.

Nah, kali ini akan dibahas mengenai cara mengganti busi mobil Avanza. Sebab tak jarang mobil tiba-tiba tersandat di jalan atau tiba-tiba mesin mati. Belum lagi tak ada bengkel terdekat, maka mau tak mau kamu harus memiliki kemampuan sendiri untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sebelum membahas cara mengganti busi mobil Avanza, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tanda ketika terjadi masalah terkait busi mobil. Berikut ini beberapa point tersebut.

  • Tuas gas yang terasa berat saat ditarik
  • Putaran mesin dirasa tidak halus seperti biasanya
  • Ketika mobil sedang berjalan, tiba-tiba menjadi tersendat-sendat
  • Bahan bakar mobil terasa lebih cepat habis (dirasa lebih boros)
  • Busi mobil berubah warna menjadi kecoklatan menandakan kondisi busi yang aus dan harus lekas diganti
REKOMENDASI:  Harga Avanza Veloz 2016 Bekas

Jika salah satu point di atas dirasakan pada mobil kamu, maka sebaiknya segera periksa keadaan busi lalu menggantinya, baik secara mandiri maupun memakai jasa bengkel atau dealer kepercayaan kamu.

Namun, selain point-point yang telah disebutkan di atas, ada satu hal yang wajib kamu ketahui. Apa itu? Apabila speedometer menunjukkan angka kurang pebih 20.000 dan kelipatannya, maka sebaikhya kamu melakukan penggantian busi. Ini bertujuan agar kinerja mesin tetap terkontrol dan tidak terganggu.

Cara mengganti busi mobil Avanza, yakni.

  1. Ketahui lebih dulu dimana lokasi busi pada mobil Avanza. Bila kamu tidak menemukan posisi busi tersebut, kamu bisa membaca buku panduan mobil atau bisa mencari informasinya di sosial media.
  2. Pastikan jumlah busi yang diperlukan untuk satu mobil Avanza. Misal di spesifikasi tercatat empat silinder, maka busi yang diperlukan juga berjumlah empat.
  3. Siapkan peralatan yang diperlukan untuk melakukan penggantian busi tersebut. Misalnya kunci busi (kunci model rachet, kunci model T, dan kunci model pipa) dan toolkit standar bawaan mobil Avanza.
  4. Parkir mobil di permukaan yang rata dan aktifkan rem tangan. Bila perlu posisikan ban mobil sedikit miring agar posisi mobil tidak berubah sewaktu-waktu.
  5. Lepas busi lama dengan menarik kabel busi ke arah luar. Lalu, masukkan kunci pas busi ke dalam rumah busi. Kemudian longgarkan busi tersebut dengan memutar ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam sampai busi terlepas.
  6. Lakukan pelepasan di point 5 untuk semua jumlah busi yang terpasang pada mobil. Terap berhati-hati agar tidak melepas kabel yang terpasang pada busi tersebut.
  7. Segera pasang busi baru apabila semua busi telah terlepas. Pasang busi pada kunci lalu masukkan ke rumah busi, kencangkan dengan memutar searah jarum jam. Lakukan pada semua jumlah busi yang ada.
  8. Pastikan tingkat kekencangan pada busi tidak over agar tidak merusak ulir yang terletak di kepala silinder. Pastikan pula kabel terpasang dengan benar sesuai dengan posisi busi sebelumnya.
  9. Setelah dirasa selesai, coba nyalakan mesin mobil. Bila nyala berarti pemasangan busi sudah benar. Jika tidak bisa nyala, maka perhatikan lagi langkah-langkah yang telah dilalukan sebelumnya apakah sudah sesuai atau belum.
REKOMENDASI:  Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Avanza

Leave a Reply

Your email address will not be published.