Cara Mengganti Ball Joint Avanza

Cara Mengganti Ball Joint Avanza

Memiki kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat wajib hukumnya untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan tersebut. Bagaimana caranya melakukan perawatan?

Perawatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya yang paling sederhana dan murah adalah melakukan steam motor atau mobil, servis rutin, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai dunia servis, jika sebelumnya telah membahas mengenai cara mengganti busi mobil avanza, cara mengganti kampas rem belakang avanza, maka kali ini akan dibahas mengenai cara mengganti ball joint avanza.

Sebelum ke topik pembahasan tersebut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu dan bagaimana ball joint tersebut. Ball joint terletak pada kaki-kaki mobil sebagai sistem suspensi.

Lantas apa fungsinya ball joint tersebut?

Fungsi ball joint pada mobil secara umun, yakni sebagai sumbu roda saat roda belok ke kiri atau ke kanan dan untuk memegang knuckle roda pada mobil.

Apa akibatnya jika ball joint mengalami kerusakan?

Jika ball joint mengalami kerusakan tentu saja akan berdampak pada ban mobil. Misalnya roda depan terasa kocak, saat dibelokkan terdengar suara mendecit, dan saat melewati jalanan tidak rata akan ada suara ‘gluduk-gluduk’ terdengar. Bukan itu saja, mobil akan sulit untuk dikendalikan dan ban juga akan cenderung cepat mengalami aus.

REKOMENDASI:  Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Avanza

Bagaimana caranya mengetahui ball joint masih layak atau tidak?

Cara mengetahui ball joint masih layak atau tidak yakni lakukan dengan cara-cara berikut.

  • Gunakan dongkrak untuk mengangkat bagian depan mobil
  • Letakkan kedua tangan kamu pada dua sisi roda, yakni bagian atas dan bagian bawah, lalu goyangkan roda ke arah dalam dan luar secara bergantian
  • Minta bantuan satu orang untuk menekan pedal rem. Setelah itu, lakukan pemeriksaan dengan cara goyangkan kembali roda ke arah dalam dan luar. Bila roda masih terasa kocak meski sudah menekan pedal rem, maka dipastikan komponen ball jpint yang rusak.

Bagaimana bila ball joint terbukti mengalami kerusakan?

Bila ball joint terbukti mengalami kerusakan, maka mau tak mau harus diperbaikiKamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel kepercayaan kamu untuk memperbaikinya. Atau bila kamu punya pengalaman di bidang otomotif, kamu bisa memperbaikinya secara mandiri. Namun, sebelum itu, kamu harus membeli sparepartnya terlebih dahulu. Misal, bila hanya Ball joint yang rusak maka yang diganti hanya ball jointnya saja. Tetapi,  bisa juga diganti dengan ball joint satu set dengan arm  apabila bushing pada arm telah rusak atau retak.

REKOMENDASI:  Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Avanza

Berapa harga pasaran ball joint Avanza?

Harga pasaran ball joint Avanza bila dilansir dari berbagai sumber yakni berkisar antara tujuh puluh ribuan hingga dua ratus ribuan per buahnya. Dan berkisar antara tiga ratus hingga lima ratus ribuan untuk harga sepasang ball joint. Bergantungnmerk apa yang akan kamu beli.

Bagaimana cara mengganti ball joint Avanza?

Cara mengganti ball joint Avanza yakni :

  • Siapkan peralatan seperti kunci roda, tang, palu, dongkrak, jackstand, kunci sok 17 dan 19, serta kunci ringpas 17 dan ringpas 19.
  • Kendorkan baut roda, lalu dongkrak di bagian samping sasis hingga roda terangkat
  • Gunakan jackstand untuk menggantikan dongkrak, lalu buka rodanya.
  • Setelah roda terbuka, lepaskan tierod dari knucklenya dengan kunci sok 17 dan ringpas 17 untuk mengendorkan murnya.
  • Gunakan kunci ringpass 19 untuk membuka mur balljoint, dan pukul kuncklenya agar terlepas dari dudukan balljointnya
  • Gunakan kunci sok 19 untuk membuka 2 baut sayap yang terhubung pada sasis.
  • Ball joint telah terbuka dan siap diganti dengan yang baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.