Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Mobil tipe matic dengan mobil tipe manual, manakah yang akan kamu pilih? Biasanya sebelum membeli sebuah mobil, seseorang akan memperhatikan beberapa aspek terlebih dahulu. Mulai dari medan yang dilewati sehari-hari, keiritan bahan bakar, hingga tipe transmisi mobil tersebut. Kini mobil matic seperti Daihatsu Ayla sedang menjadi trend baru dikalangan pengguna roda empat.

Meski saat ini mobil matic sedang trend namun masih banyak orang yang belum tau cara menyetir dengan benar. Memang pada dasarnya mobil matic lebih mudah dikendarai karena tidak memerlukan kopling saat memindah transmisi. Sedangkan cara mengendarai mobil matic Ayla yang benar bagi pemula adalah sebagai berikut.

Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Pahami Makna di Tuas Transmisi

Perpindahan trasnmisi pada mobil matic menggunakan tuas bukan kopling. Dimana kombinasi huruf dan angka yang ada pada tuas transmisi berbeda-beda sesuai dengan jenis mobilnya. Pada mobil Ayla matic kamu akan menemui tulisan P, R, N, D4, 3, dan 2 di tuas transmisi. Dimana P artinya parkir yang digunakan saat kamu parkir mobil atau mobil berhenti lama dan mesin mati. Kemudian R dipakai untuk memundurkan mobil. Sedangkan N digunakan agar mobil dalam keadaan netral, contohnya saat kamu sedang berada di lampu merah. Tuas D berfungsi untuk menjalankan mobil dengan kecepatan normal. Jika kamu ingin menambah kecepatan maka pindah tuas transmisi ke gigi 2 maupun gigi 3.

REKOMENDASI:  Cara Mengendarai Mobil Ayla Manual

Mulai Jalankan Mobil Ayla Matic

Setelah memahami fungsi tuas transmisi maka kamu bisa memulai untuk menjalankan mobil Ayla matic. Langkah pertama, pastikan tuas transmisi berada di P atau N agar mobil mau menyala. Kemudian masukkan kunci dan tunggu sebentar sampai lampu indikator aktif baru nyalakan mesin. Pada jenis mobil tertentu membutuhkan penginjakan pedal rem agar mobil mau menyala.

Cara Memindahkan Tuas Transmisi

Jika mobil sudah mulai berjalan maka selanjutnya adalah memindahkan tuas transmisi dari posisi P atau N ke D untuk maju ataupun ke R untuk mundur. Cara untuk memindahkan tuas transmisi mobil matic Ayla adalah dengan menginjak pedal rem terlebih dahulu baru pindahkan tuas. Dimana hal ini berfungsi agar tuas transmisi tidak mudah rusak.

REKOMENDASI:  Harga Mobil Baru Ayla

Pakai Mode Berkendara Mobil Ayla Matic

Apabila sudah berhasil menghidupkan mobil dan kamu sudah tahu cara memindahkan transmisi, maka selanjutnya adalah menggunakan mode berkendara. Caranya adalah dengan menggunakan mode ekonomis. Jika kamu ingin lebih cepat maka pakai mode sport. Kedua mode ini sudah ada pada mobil matic modern sehingga lebih memudahkan penggunanya.

Cara Mengendarai Mobil Ayla Matic di Tanjakan dan Turunan

Untuk mobil matic seperti Daihatsu Ayla, usahakan jangan memposisikan tuas perseneling di D dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat mobil Ayla matic menjadi lebih cepat rusak. Ketika kamu menemui jalan yang menanjak maka posisikan tuas di gigi 3 atau 2.

Dengan begini maka mobil bisa lebih bertenaga. Namun jika kamu melalui turunan yang cukup tajam maka gunakan gigi 1 sehingga rem tidak cepat aus. Karena pada gigi 1 kecepatan mobil bisa lebih terkendali.

Nah, itu tadi 5 cara mengendarai mobil Ayla matic yang harus kamu tahu utamanya jika kamu masih pemula. Pada jenis mobil matic variasi menengah keatas biasanya ada pilihan transmisi manual juga. Sehingga kamu bisa menggunakan transmisi matic maupun transmisi manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.