Cara Mengendarai Mobil Ayla Manual

Cara Mengendarai Mobil Ayla Manual

Saat ini ada dua jenis mobil yang bisa kamu pilih, yakni tipe manual ataupun tipe mobil matic. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan pengendara yang nyaman dengan mobil manual belum tentu merasa nyaman ketika memakai mobil matic. Begitupun sebaliknya, jika pengendara mobil matic mencoba mobil manual.

Jika dibandingkan, maka memang lebih mudah belajar mengendarai mobil matic daripada manual. Sebab di mobil manual terdapat kopling yang digunakan untuk memindahkan perseneling, dan di mobil matic tidak ada. Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut cara mengendarai mobil Ayla manual yang bisa kamu coba khususnya untuk para pemula.

Cara Mengendarai Mobil Ayla Manual

Pahami Fitur Mobil

Cara pertama, pahami dulu fitur mobil Ayla manual. Pada bagian kaki terdapat tiga tuas, yaitu rem, gas, dan kopling. Setiap mobil memiliki posisi tuas yang berbeda-beda jadi kamu perlu menghafalnya. Selain itu kamu juga harus paham tentang tuas pergantian kecepatan yang biasanya terletak disebelah tangan kiri kamu.

Dimana pada tuas biasanya tertulis angka 1 sampai 5, R dan netral. Angka 1 sampai 5 menunjukan kecepatan mobil yang kamu pakai. Sedangkan fungsi R untuk memundurkan mobil dan netral artinya mobil hidup namun tidak sedang berjalan. Biasanya netral ini digunakan ketika mobil harus berhenti namun tidak lama sehingga tidak perlu mematikan mesin mobil.

Gunakan Lokasi Yang Luas dan Aman

Setelah berhasil memahami semua fitur yang ada di mobil Ayla manual, maka selanjutnya kamu bisa mencar tempat untuk latihan berkendara yang luas dan aman. Pakai lapangan bola yang jauh dari jalan raya. Hal ini bertujuan agar proses kamu belajar mobil Ayla manual lancar dan tidak menabrak mobil lain yang ada di jalan raya.

Cara Memindahkan Tuas Perseneling

Mempelajari cara memindahkan tuas perseneling memang susah susah gampang. Caranya ketika kamu akan memindahkan tuas perseneling dari posisi netral ke gigi 1 maka jangan lupa untuk injak bagian kopling.

Namun ketika melakukan perpindahan tuas perseneling ini pastikan kamu menginjak kopling secara penuh baru pindah tuas dan lepaskan kopling secara perlahan. Lakukan cara ini berulang setiap kamu akan memindah tuas perseneling ke posisi lain.

Hidupkan Mobil

Cara mengendarai mobil Ayla manual selanjutnya adalah mulai untuk menghidupkan mobil. Sebelum itu pastikan tuas perseneling berada di posisi netral. Posisi netral berada di antara gigi tiga dan empat. Lalu injak kopling secara penuh dan starter mobil dengan menggunakan kunci kontak.

Jika mobil sudah menyala, maka lepaskan injakan pada kopling secara perlahan. Pada tahap ini biarkan tuas perseneling tetap dalam keadaan netral. Jangan melepaskan tuas kopling secara mendadak maka mesin mobil akan mati dan bisa saja mobil lompat ke depan secara mendadak.

Mulai Jalankan Mobil

Apabila mobil sudah hidup dengan sempurna, maka mulai pindah tuas perseneling ke gigi 1 dengan menginjak kopling terlebih dahulu. Setelah tuas berpindah ke gigi 1, maka jalankan mobil secara perlahan sembari mengangkat injakan pada tuas kopling secara perlahan. Jika kamu ingin menambah kecepatan maka pindah tuas ke gigi lebih tinggi seperti gigi 2 dan gigi

Nah, itu tadi cara mengendarai mobil Ayla manual. Bagaimana, cukup mudah bukan? Memang untuk mengendarai mobil Ayla manual memerlukan waktu yang cukup lama dan juga kesabaran yang besar. Namun jika kamu sudah berhasil, maka kamu tidak perlu takut lagi untuk berkendara di jalanan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.