Cara Investasi Emas di Era Kekinian

Cara Investasi Emas di Era Kekinian

Emas menjadi pilihan investasi sebagian besar masyarakat karena kenaikan nilainya yang tahan lama mudah dicairkan dan diterima secara luas sehingga jenis investasi emas ini tidak pernah sepi dari pendukung. Saat ini, banyak anak muda yang mempertimbangkan emas sebagai alat investasi yang potensial.

Untuk merasa lebih aman dalam keputusan kamu untuk memasukkan uang ke dalam investasi emas, kamu harus menyadari beberapa hal sebelum mendapatkan pengembalian terbaik atas investasi kamu di emas. Berikut adalah beberapa poin yang perlu kamu ingat untuk memastikan bahwa investasi kamu menghasilkan pengembalian tertinggi.

Tujuan Investasi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat berinvestasi emas adalah menetapkan tujuan yang ingin kamu capai dengan investasi kamu. Sebelum memulai investasi apa pun, bahkan emas, pastikan kamu telah menetapkan tujuan agar kamu tahu berapa nilai yang akan dibagi. Jika, misalnya, kamu memilih berinvestasi emas untuk menutupi harga haji atau perencanaan pensiun. Dari titik ini, kamu dapat menentukan berapa banyak emas yang kamu butuhkan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Jenis Emas Pilihan

Ada berbagai macam investasi emas. Mulai dari emas perhiasan, koin emas, dan batangan. Jika kamu lebih menyukainya untuk investasi jangka panjang dan ingin mendiversifikasi portofolio kamu, batangan dan koin adalah alternatifnya. Berdasarkan Financial Consulting Financial Planner, Eko Indarto Emas batangan dan koin merupakan pilihan yang paling cocok untuk investasi jangka panjang dibandingkan dengan perhiasan emas. Ini karena sebagian besar pembeli perhiasan emas akan dikenakan komisi saat mereka menjualnya.

Manfaat Investasi Emas

Satu hal yang harus kamu ingat ketika kamu melakukan investasi emas berikutnya adalah manfaatnya. Emas menjadi pilihan populer sebagai pilihan investasi karena menawarkan banyak keuntungan, termasuk fakta bahwa penjualannya cepat, mudah dan dapat dilakukan hampir di mana saja. Seperti disebutkan sebelumnya harga jualnya cukup stabil dan bisa naik.

Kerugian dari investasi emas

Selain memahami manfaat yang dimiliki investasi emas, perlu juga diwaspadai kekurangan atau bahaya dari investasi emas. Ini akan memungkinkan kamu untuk memahami risiko yang terlibat dalam investasi emas. Kerugian saat berinvestasi logam mulia adalah kemungkinan kerugian karena bersifat fisik. Karena itu, kamu harus berhati-hati tentang cara menyimpannya. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah fakta bahwa tingkat nilai tambah emas cenderung lebih rendah dibandingkan dengan alternatif investasi properti atau saham.

Metode dan Opsi untuk Membeli Emas

Jika kamu berencana untuk segera berinvestasi emas, kamu dapat memilih metode pembelian dalam tiga bentuk, yaitu cicilan, tunai, dan tabungan.

Beli Tunai

Pemilihan tempat untuk membeli berbeda. Bagi yang membeli uang, bisa langsung ke kantor dan butik Antam seperti Pegadaian dan toko emas. Saat kita memasuki era digital, dunia sedang mengalami perubahan yang membutuhkan berbagai faktor untuk berfungsi dan dikendalikan melalui teknologi. Sama halnya dengan investasi emas, di mana kamu bisa mulai membeli emas hanya dengan bermain-main dengan jari. Pilihan untuk membeli emas secara online sangat banyak, dengan pilihan mulai dari:

Layanan Digital Pegadaian

Platform yang dibuat oleh Pegadaian sejak tahun 2018 ini dirancang untuk mempermudah proses bagi calon nasabah dan nasabah untuk membeli dan menjual emas, atau bahkan menyimpan emas.

ORORI

ORORI tidak hanya menawarkan berbagai perhiasan berlapis emas, tetapi juga menyediakan layanan penjualan emas Antam bagi investor. Harga emas juga berkaitan dengan harga emas Antam saat ini. Investor juga dapat membeli emas fisik dengan menambahkan sertifikat dan biaya pengiriman (termasuk biaya asuransi).

Indogold

IndoGold menawarkan berbagai transaksi emas yang meliputi pembelian emas serta Tabungan Rencana Emas, Cicilan Emas dan pilihan untuk menggadaikan agunan emas. Emas yang dibeli di sini disimpan dalam saldo emas yang dapat kamu konversi dalam bentuk fisik emas (batangan) mulai dari pecahan awal 1 GramKamu juga dapat mendaftar untuk program cicilan emas , di mana harga emas yang akan dibeli adalah tetap di awal dan dibayarkan secara mencicil selama jangka waktu variabel hingga 36 bulan.

Tamasia

Mulai dari Rp 10.000 kamu bisa mulai berinvestasi emas melalui platform ini. Emas fisik adalah seluruh jumlah Emas Antam yang disimpan di sana. Setelah jumlah yang kamu bayarkan telah ditimbang minimal satu gram emas. Keamanan transaksi emas dapat terjamin karena Tamasia telah mendapatkan sertifikasi dari KEMKOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dan diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Investasi Emas di Bank

Pilihan lain untuk membeli emas adalah bank syariah yang memungkinkan kamu membeli emas secara mencicil dan tunai melalui perbankan. Salah satunya Bank Mandiri Syariah yang memiliki program Cicilan Emas A (minimal awal 10 gram emas). Dengan setoran awal sebesar 20 persen dari nilai emas yang ditetapkan dalam kontrak, kamu juga dapat membayar emas setiap bulan, minimal dua tahun hingga lima tahun. Jika kamu sangat membutuhkan emas, maka kamu dapat menyediakannya dengan menggadaikannya. Prosesnya relatif cepat dan emas yang disimpan juga dilindungi oleh asuransi.

Jika dana sudah ada dan cukup stabil untuk digunakan untuk investasi emas maka tidak ada alasan untuk menunggu. Kunjungi situs terpercaya untuk membeli emas, dan pastikan bahwa investasi kamu akan terus bertambah nilainya dan kamu dapat menariknya kapan pun kamu mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.