Cara Ganti Oli Mobil Ayla

Cara Ganti Oli Mobil Ayla

Mempunyai sebuah kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua berarti harus selalu merawatnya. Sebab kendaraan roda empat seperti mobil jika dirawat dengan baik maka akan nyaman saat digunakan. Begitupun sebaliknya, jika mobil kamu tidak dirawat maka akan banyak masalah yang timbul dari dalam mesin ketika mobil sedang dipakai.

Salah satu perawatan mobil yang harus kamu perhatikan adalah pergantian oli. Ini karena oli memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga peforma mobil Ayla kamu. Jika oli tidak teratur diganti maka mesin mobil akan cepat rusak dan berat saat digunakan. Untuk mengganti oli mobil Ayla tidak harus di bengkel. Cara ganti oli mobil Ayla jika dilakukan sendiri adalah:

Cara Ganti Oli Mobil Ayla

Persiapkan Alat

Tentu saja cara yang pertama untuk ganti oli mobil Ayla adalah dengan mempersiapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Alat tersebut seperti dongkrak, obeng, kunci pas, senter, baut, saringan baru jika diperlukan dan juga oli mesin yang baru kamu beli.

Sedikit tips, ketika kamu membeli oli mobil Ayla maka pastikan tutup oli masih tersegel dengan rapi. Hindari pembelian oli yang tutupnya sudah tidak tersegel meskipun pemilik toko bilang oli tersebut masih baru. Hal ini guna menghindari pemalsuan isi oli yang kamu beli sehingga mesin mobil Ayla kamu tetap terawat.

Buang Oli Lama

Apabila semua alat sudah siap, maka cara selanjutnya adalah dengan membuang oli yang lama. Namun pastikan mobil sudah di rem tangan untuk menghindari mobil bergerak sendiri. Cara untuk membuang oli adalah dengan memasang dongkrak di bagian depan kap mobil.  Lalu angkat bagian depa mobil dengan dongkrak dan letakkan wadah dibawah tempat oli.

Kemudian buka tempat oli dan biarka oli lama menetes ke wadah yang kamu siapkan sampai habis. Cara paling efektif agar oli bisa terkuras habis dengan cepat adalah lakukan pemanasan pada mesin mobil selama 2 sampai 3 menit terlebih dahulu. Dengan begini maka oli akan menjadi encer karena suhu panas yang dihasilkan oleh mesin.

Ganti Saringan Oli dan Masukkan Oli Baru

Jika oli yang lama dirasa sudah terkuras habis maka kamu bisa mengganti saringan oli lama kamu dengan saringan yang baru. Untuk membuka saringan oli kamu membutuhkan kunci pas. Saringan atau filter oli ini memiliki bentuk silinder dengan lebar 8 cm dan panjang sekitar 10-15 cm. Dianjurkan untuk mengganti filter oli setiap mengganti oli agar peforma mesin lebih prima.

Setelah mengganti saringan oli dan sudah menguncinya kembali maka kamu bisa memasukkan oli yang baru. Pastikan kamu menuangkan oli yang baru dengan takaran yang pas, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Jika selesai maka pasang kembali penutup oli dan kencangkan.

Nyalakan mobil

Apabila pergantian oli mobil Ayla sudah selesai dan kamu sudah memastikan tempat oli tertutup dan terkunci dengan benar maka kamu bisa mencoba nyalakan mobil Ayla. Panasi sebentar selama 1 sampai 2 menit dan coba gas pada posisi netral. Pasti akan terasa perbedaan tarikan mesin sebelum diganti oli dan sesudah diganti oli.

Bagaimana, mudah bukan mengganti sendiri oli mobil Ayla? Setelah pergantian berhasil kamu juga bisa melakukan test drive di jalanan. Selalu pastikan kamu rutin mengganti oli mobil Ayla kamu agar mobil Ayla juga tetap dalam keadaan prima saat digunakan untuk berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.