Buka Jasa Web Untuk Penghasilan Tambahan dari Rumah

Buka Jasa Web Untuk Penghasilan Tambahan dari Rumah

Ingin membuka jasa pembuatan web sebagai penghasilan tambahan? Saat ini mendapatkan penghasilan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan cukup dari rumah pun kamu sudah bisa menghasilkan banyak uang. Peluang usaha pembuatan website memang cukup menjanjikan.

Dengan berbekal kemampuan dalam web developtment, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada perorangan maupun kelompok. Lalu bagaimana cara memulainya? Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal seperti di bawah ini.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Bagi kamu yang hendak membuka jasa web sebagai penghasilan tambahan, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, di antaranya:

  1. Menciptakan Brand

Bagi yang belum tahu, brand merupakan sebuah nama bisnis yang membedakan bisnismu dengan bisnis ornag lain. Brand inilah yang nantinya akan selalu diingat oleh pelangganmu maka tidak heran jika brand memiliki peran yang sangat penting. Dengan brand, bisnismu akan lebih mudah dikenal serta produkmu pun juga lebih mudah untuk dipasarkan.

Untuk tahap awal, kamu harus memastikan bahwa brand yang kamu memiliki mencakup 3 hal yaitu visi dan misi bisnis, unique selling points, dan juga sasaran konsumen. Ketiga poin ini benar-benar harus kamu perhatikan.

  1. Membuat Company Profile

Akan aneh jika kamu membuka jasa pembuatan website namun tidak mempunyai website sendiri. Pembuatan company profile di dalam membangun bisnis dapat menjadi faktor penentu kesuksesanmu. Ini akan sangat bermanfaat baik untuk seorang pengembang web atau web developer.

Secara umum, website company profile harus memiliki beberapa informasi di bawah ini:

  • Homepage atau Halaman Utama, bagian yang memberikan penjelasan terkait nama serta informasi singkat perusahaan
  • Portofolio, bagian yang isinya tentang seluruh karya terbaik pada bidang web development
  • Kontak, berisi tentang informasi nomor maupun alamat yang dapat dihubungi
  • On Team, jika usahamu melibatkan beberapa orang maka kamu perlu mencantumkan informasi ini
  1. Buat Akun Sosmed

Tips yang ketiga adalah kamu perlu memiliki akun media sosial. Mengapa? Karena ini akan menjadi sarana untuk mempromosikan brand yang kamu miliki. Jangan menggunakan akun pribadi karena ini memberikan kesan yang kurang profesional.

Kamu bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, maupun akun media sosial lainnya yang populer.  Kamu juga bisa memanfaatkan LinkedIn yang terkenal memudahkan semua orang untuk membangun koneksi.

  1. Tentukan Target Pasar

Tidak jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya, kamu juga perlu menentukan siapa saja yang akan menjadi target pasar. Ini membuatmu lebih fokus untuk memasarkan usaha atau jasa yang kamu tawarkan. Perlu kamu tahu bahwa target pasar untuk pembuatan website cukup luas.

Targetmu bisa pribadi, perusahaan, maupun instansi tertentu. Bahkan cakupan pasarmu bisa merambah ke dunia internasional jika reputasimu semakin dikenal.

  1. Tetapkan Harga

Meskipun terbilang sederhana, namun penentuan harga juga merupakan hal yang tidak kalah penting di dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. Pastikan bahwa harga yang kamu tawarkan tidak terlalu mahal. Jangan sampai hargamu malah kalah bersaing dengan harga yang diterapkan oleh kompetitor.

Di sinilah perlu adanya riset hargaKamu bisa melihat seperti apa harga yang ditawarkan oleh pesaingmuKamu juga perlu mempelajari seperti apa daya beli konsumen terkait jasa pembuatan website. Salah satu tempat ideal untuk memulai riset adalah dengan memanfaatkan beberapa situs freelance seperti Sribulancer, Projects.co.id, Fiverr, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.