Bisnis Online Cara Dropship di Tokopedia

Bisnis Online: Cara Dropship di Tokopedia

Karena meningkatnya jumlah orang yang menggunakan internet sektor bisnis online menjadi populer. Daripada beroperasi di toko tradisional yang membutuhkan budget besar Bisnis online lebih disukai banyak orang karena membutuhkan modal yang minim dan cocok untuk orang yang masih belajar bisnis.

Selain membuka toko online sendiri, alternatifnya adalah bergabung dengan marketplace. Salah satunya adalah Tokopedia yang merupakan marketplace ternama yang berbasis di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 2009. Syarat penjualannya sederhana dan termasuk tokopedia dropshipping, yang memungkinkan bisnis beroperasi tanpa mengeluarkan uang.

Apa sebenarnya Dropship itu?

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pahami dulu apa itu dropship. Berbeda dengan reseller, dropshipping memungkinkan penjual untuk menawarkan berbagai produk dari pemasok atau produsen tanpa perlu menyimpan barang atau melakukan pengiriman.

Sebagai penjual cukup menampilkan gambar produk yang ditawarkan penjual di website marketplace. Jika ada pembeli, kamu cukup meneruskan pembelian di ujung vendor dengan memberikan informasi pembeli seperti nama alamat, nomor telepon, dan jumlah pesanan. Langkah selanjutnya adalah pemasok kemudian akan mengirimkan produk langsung ke pelanggan.

Cara Memilih Produk Dropshipping Terbaik

Sebelum kamu mengetahui cara dropship melalui Tokopedia kamu harus menemukan produk dropship terbaik untuk meningkatkan peluang keberhasilan kamuKamu juga dapat mengikuti tips ini untuk mengidentifikasi perusahaan dan produk dropship yang paling dapat diandalkan.

Pilih Produk Yang Akan Ditawarkan

Ini adalah hal pertama untuk mengidentifikasi item yang ingin kamu pasarkan. Pilih item yang akan bertahan lama untuk meningkatkan penjualan. Juga, jangan pilih barang musiman seperti hadiah Natal atau Batu Akik.

kamu bisa memilih barang yang memiliki tingkat peminat tinggi, antara lain sepatu, pakaian smartphone, produk elektronik dan otomotif. Tapi, pastikan kamu menjual produk yang sah misalnya smartphone yang tersedia oleh pemerintah Indonesia dan bukan di pasar gelap.

Fokusnya pada Satu Bidang Usaha

Jika kamu seorang pemula kamu harus berkonsentrasi pada satu segmen bisnis untuk memastikan bahwa merek kamu dikenal oleh pelanggan. Jika kamu menawarkan berbagai produk yang berbeda, itu akan menarik lebih banyak persaingan dan mengurangi peluang kamu untuk menang di Tokopedia.

Pilih Produk Sederhana

Jika kamu seorang dropshipper pemula, kamu harus memilih produk yang mudah dikirim. Waspadalah terhadap penjualan produk yang meningkatkan risiko kerusakan seperti peralatan elektronik besar, peralatan untuk bangunan, atau peralatan mobil berat. Disarankan untuk menjual produk yang mudah dijual, seperti minuman dan bahan makanan, fashion item seperti smartphone, aksesoris dan ponsel seperti peralatan elektronik mini atau kosmetik.

REKOMENDASI:  5 Tips Bisnis Retail Jaman Now

Pilih Pemasok yang Paling Cocok

Melalui Tokopedia Di Tokopedia, kamu dapat menemukan pemasok teratas di antara ribuan penjual dalam berbagai kategori. Metode yang paling efisien adalah menggunakan filter pencarian dengan mengklik lencana Merchant Emas untuk menemukan penjual dengan popularitas yang kuat berdasarkan jumlah penjualan mereka, kepuasan pelanggan dan komitmen mereka untuk menjual melalui Tokopedia.

Di bagian ini, kamu dapat mulai menjalin kemitraan dengan pemasok yang menawarkan penjualan grosir. Kirim pesan ke pemasok dan amati responsnya. Jika umpan balik diterima dengan segera dan dengan cara yang positif dan cepat, maka kamu dapat terus bekerja sama satu sama lain.

Juga, jangan lupa bahwa kamu juga harus memastikan bahwa pemasok potensial memiliki biaya terbaik daripada penjual lain, membayar komisi yang jelas, menawarkan produk dengan kualitas terbaik, memiliki stok besar, mampu memberikan kebijakan pengembalian dan garansi yang jelas dan dekat dengan pasar seperti di wilayah Jabodetabek.

Manfaatkan Situs Pencarian Google

Jika kamu telah menemukan produk dan pemasok yang sempurna, kamu dapat menggunakan mesin pencari Google untuk mengidentifikasi ceruk yang sempurna dan menyelidiki kompetisi dropship lainnyaKamu dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat seberapa sering kamu menggunakan kata kunci dalam sebulan penuh atau memanfaatkan layanan Google Trends ini jika kamu ingin menjual produk populer di negara tertentu.

Perhatikan Hots List Tokopedia

Saat pertama kali mendaftar menjadi dropshipper Tokopedia, penting untuk memperhatikan informasi Hots List Tokopedia di halaman beranda. Dalam daftar ini, kamu akan melihat penjualan terpopuler di Tokopedia sekaligus dan harga terendah untuk produk tersebut.

Petunjuk Dropshipping dan Dropshipping di Tokopedia

Jika kamu telah menemukan barang dan pemasok terbaik, kamu dapat mulai menjual. Berikut beberapa petunjuk dan panduan dropshipping ke Tokopedia yang bisa kamu ikuti:

Pendaftaran Akun Tokopedia

Untuk menggunakan layanan dropship menggunakan Tokopedia terlebih dahulu, kamu harus membuat akun terlebih dahuluKamu dapat mendaftar dengan mengklik tombol dan memasukkan nomor telepon kamu. Jika kamu ingin lebih mudah dan lebih cepat, kamu dapat mendaftar menggunakan akun di akun Facebook atau akun Google.

Jika ya, lanjutkan pendaftaran kamu dengan nama lengkap, nomor ponsel dan jenis kelamin kamu, serta tanggal lahir alamat email, kata sandi, lalu klik tombol gabung. Langkah terakhir adalah memeriksa akun email kamu dan mengonfirmasinya dengan mengklik tombol aktifkan.

REKOMENDASI:  Beriktu 3 Tips Menjadi Konsultan Bisnis Digital

Cara Membuka Toko Tokopedia

Jika proses pendaftaran berhasil diselesaikan dan kamu siap membuat toko online dengan Tokopedia. Buat akun dengan nama domain untuk meng-host toko kamu. Kemudian, masukkan detail toko kamu seperti Slogan, Nama Toko, dan Deskripsi. Langkah selanjutnya adalah kamu harus memasukkan metode pengiriman pilihan bersama dengan opsi dukungan pembayaran. Terakhir, pilih tombol buka toko untuk mengaktifkannya.

Cara Menambahkan Produk ke Tokopedia

Langkah selanjutnya adalah menambahkan produk. Untuk memulai, klik tombol Tambah Produk lalu isi deskripsi barang yang kamu jual seperti nama produk kategori, harga minimum pembelian, berat produk per potong, foto dan dukungan asuransi, serta kondisi dan kebijakan pengembalian. Setelah itu, simpan iklan tersebut dan akan terlihat oleh setiap pengguna Tokopedia.

Kami menyarankan kamu untuk mengunggah foto produk kamu yang memiliki desain menarik, dan kamu dapat meminta gambar resmi dari perusahaan yang bersangkutan, atau mendesain sendiri menggunakan sudut yang menarik dipandang mata. Selain itu, kamu harus menyertakan judul ramah kata kunci yang menyertakan kata kunci. Kata kunci dapat ditemukan di Google Keyword Planner.

Jika kamu membeli barang mahal, seperti smartphone, pastikan kamu mengaktifkan layanan asuransi. Juga, kamu dapat mendiskusikan kebijakan pengembalian dengan perusahaan kamu, seperti dalam hal barang cacat, pengiriman barang yang tidak sesuai spesifikasi atau hilang dalam pengiriman.

Manfaat dari Layanan Produk TopAds

Jika produk yang kamu jual memiliki persaingan yang signifikan, kamu dapat memanfaatkan layanan produk TopAds yang disediakan oleh Tokopedia ini. Layanan ini memungkinkan produk kamu ditempatkan di halaman depan, dan memudahkan konsumen untuk menemukannya. Layanan ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Group Ads yang dapat mengiklankan hingga 300 item dalam satu grupKamu juga dapat memasukkan istilah pencarian ke dalam grup dan Iklan Grup untuk mereka yang ingin mempromosikan satu produk. Spesifik.

Jual dengan fitur terbaru

Selain TopAds Selain itu, kamu dapat memanfaatkan fitur premium lainnya yang ditawarkan oleh Tokopedia seperti Gold Merchant. Dengan opsi ini, toko kamu akan terlihat lebih profesional dan memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai alat, sehingga lebih efisien untuk meningkatkan penjualan. Jika kamu tertarik dengan fitur eksklusif ini dan kamu dikenakan biaya berlangganan tahunan sebesar Rp. 150.000 per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.