Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil

Lebih menguntungkan membeli mobil bekas yang kondisi mesin dan bodinya terawat dengan baik. Ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Sebuah mobil bekas  lebih murah dari pada yang baru sehingga lebih mudah untuk membeliKamu perlu menyiapkan dana untuk membeli kendaraan tersebut. Ada juga biaya balik nama dan mutasi. Ini rinciannya.

Menghitung Biaya Mutasi Mobil Bekas

Proses mutasi mobil akan mengubah plat nomor mobil lama menjadi yang baru saat pemiliknya pindah. Ini sangat penting bagi siapa saja yang berencana membeli kendaraan bekas dari area selain tempat tinggal kamu saat ini. Berapa biaya penggantian kendaraan bekas?

Untuk menerbitkan STNK, biayanya Rp. 200.000 dan biaya pengesahan STNK mobil adalah Rp. 50.000 Biaya penggantian atau pencetakan BPKB baru menjadi Rp 375.000. Biaya mutasi kendaraan bekas sekitar Rp. 625.000

Informasi Tentang Biaya Penggantian Nama Mobil Bekas

kamu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk biaya modifikasi dan pemindahan nama kendaraan. Seluruh biaya pengurusan, termasuk biaya mutasi dan pemindahan nama, akan dibebankan kepada pemilik baru. Biaya ini kemudian akan ditambahkan ke harga pembelian mobil bekas. Ini termasuk mutasi nama Kendaraan Bermotor, yaitu 1% dari harga pembelian mobil kamu. Jika kamu membeli mobil bekas dengan harga Rp. 100 juta, biaya persiapan BBN/KB Rp. 1 juta

kamu juga harus menyisihkan dana untuk Iuran Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLL) sebesar Rp. 143.000 untuk mobil pribadi dan biaya pendaftaran di setiap Samsat, yang totalnya sekitar Rp. 75.000 – Rp. 100.000 untuk setiap langkah pengurusan dokumen kendaraan bermotor.

Meskipun membeli kendaraan bekas, kamu tetap harus membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Setiap kendaraan memiliki nilai yang berbeda-beda. Namun, umumnya akan menurun jika usia mobil di atas lima tahun. Petugas Samsat dapat memberikan jumlah Pajak Kendaraan Bermotor atas STNK mobil bekas.

REKOMENDASI:  Mobil Yang Atapnya Bisa Dibuka Dan Ditutup

Dokumen Yang Diperlukan

Setelah kamu mendapatkan informasi tentang biaya ganti nama dan mutasi mobil bekas, penting juga untuk memahami dokumen apa yang diperlukan selama pemrosesan dokumen. Dokumen-dokumen ini termasuk KTP asli dan fotokopi. Tanda terima untuk pembelian mobil juga diperlukan. Fotokopi harus disertai dengan meterai Rp. 6.000. Untuk ganti nama  dan mutasi, kamu harus membawa fotokopi dan BPKB asliKamu harus mengunjungi kantor Samsat di tempat yang telah ditentukan seperti yang tertera pada BPKB mobil bekas.

Ini adalah biaya transfer dan perubahan nama kendaraanKamu harus mengetahui hal ini sebelum melakukan pembelian. Untuk memastikan kamu mendapatkan kendaraan terbaik untuk anggaran kamu, pastikan kamu memeriksa mesin dan mobil bekas sebelum kamu membeli. Hal ini akan memudahkan untuk membeli mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Alur Mutasi Kendaraan

1. Harap membawa kendaraan ke Samsat sesuai BPKB.

2. Apabila anda melakukan cek fisik bantuan silakan hasil cek fisik tersebut dilegalisir terlebih dahulu.

3. Berkas tersebut kemudian didaftarkan di loket di area mutasi.

4. Setelah berkas selesai diisi, silakan daftarkan (untuk Samsat DKI Jakarta), di bagian mutasi yang terletak di Lantai 1 Gedung TMC Ditlantas Polda Metro Jaya.

5. Setelah proses No. 4 selesai, silahkan kembali ke kantor Samsat untuk pengambilan fiskal dan arsip kendaraan tersebut.

6. Setelah itu silahkan kirimkan berkasnya ke kantor Samsat.

REKOMENDASI:  Harga Mobil Baru Toyota Calya

Biaya Mutasi Kendaraan Melalui Biro Pelayanan

Jika kamu menggunakan biro untuk membantu mutasi kendaraan kamu, berapa biayanya? Mutasi di satu provinsi biasanya menghabiskan biaya Rp. 1.000.000 sampai Rp. 1,5 juta

Biaya ini sudah termasuk biaya pengurusan mutasi, tetapi belum termasuk pajak kendaraan. Biaya mutasi yang terjadi di provinsi lain jauh lebih mahal.

Biro jasa harus terlebih dahulu membatalkan berkas dan kemudian memproses mutasi di provinsi tujuan. Kisaran harga bervariasi tergantung di mana kamu berada. Biaya biro jasa dari Jakarta ke Bandung bisa serendah Rp. 2 juta menjadi Rp. 3.000.000 tergantung biro jasa Biaya mutasi kendaraan melalui biro jasa tergantung tempat mutasi tujuan. Lebih murah jika di 1 provinsi.

Perpanjangan pajak mungkin lebih murah untuk sementara. Misalnya untuk sepeda motor Rp. 150.000 menjadi Rp. 300.000. Untuk mobil mulai dari Rp. Dari Rp. 400.000 sampai Rp. 500.000

Tips Memilih Biro Layanan

lebih baiknya untuk berbicara dengan kerabat kamu sebelum kamu memilih biro jasa. Bisa juga mencari biro jasa yang akrab dengan kerabat. Banyak biro jasa juga bisa memanfaatkan orang lain yang dikenal nakal. Penting untuk memilih agen layanan yang andal.

Biro layanan yang berbeda mengenakan tarif yang berbedaKamu harus mencari biro layanan yang dapat memberikan hasil maksimal dengan harga murah.

kamu dapat, misalnya, berjanji bahwa berkas akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 3 sampai 1 mingguKamu juga dapat menawarkan harga yang lebih rendah, tetapi dengan jumlah pekerjaan yang wajar. Jangan lupa untuk menawar. Meskipun ini bukan taktik umum, ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan harga murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.