Berikut Tips Menentukan Waktu Pemupukan yang Tepat Pada Tanaman Jagung

Berikut Tips Menentukan Waktu Pemupukan Pada Tanaman Jagung Agar Segar

Tanaman yang populer, jagung adalah pilihan yang populer karena mudah tumbuh di semua jenis tanah, dan mudah dirawat.

Mirip dengan varietas tanaman lainnya, kualitas jagung sangat bergantung pada jadwal pemupukan dan dosis yang tepat selama pertumbuhan. Tidak terkecuali dalam hal waktu pemberian pupuk yang tepat.

Selain memastikan tanaman sehat, namun cara pemupukan yang tepat dan tepat dapat menghasilkan bulir jagung yang lebih besar dan kuat.

Jagung manis membutuhkan unsur hara tanah dalam jumlah yang baik saat tumbuh. Jika tidak ada suplemen tambahan sepanjang tahun, tanaman akan mudah kelelahan. Namun, tidak seperti tanaman lain, kebutuhan nutrisi jagung tergantung pada tahap pertumbuhannya.

Kualitas buah dan tanaman jagung sangat bergantung pada tiga penggunaan pupuk dasar dan tepat waktu. Yang pertama diterapkan saat benih ditanam. Dosis ini adalah tahap pemberian makan yang lembut yang memungkinkan benih berkembang dengan cepat, tanpa membakarnya.

Peluncuran This is My Garden, Berikut tahapan pemupukan pada tanaman jagung agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Pemupukan benih serta bibit

Bibit jagung membutuhkan jumlah pupuk yang lebih sedikit dan seimbang. Ini memungkinkan tanaman untuk menumbuhkan akar, batang, dan daun yang kuat. Mereka semua sangat penting untuk pengembangan telinga jagung di kulitnya.

REKOMENDASI:  Inilah 7 Khasiat Tanaman Ekor Naga yang Harus Kamu Ketahui

Pada titik ini, jangan memberi terlalu banyak pupuk. Dosis pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan, karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman muda dan bahkan membunuh tanaman.

Salah satu alternatif yang paling efektif untuk pembibitan dan pembibitan adalah kompos organik. Ini karena kompos organik adalah yang paling efektif terutama jika kamu membuatnya sendiri di rumah.

Penempatan kompos di alur penanam akan memberi jagung nutrisi yang diperlukan yang akan siap digunakan begitu mereka mulai tumbuh. Jika jagung kamu sudah ditanam, anak kamu juga bisa mengenakan gaun samping atau bahkan mulsa bibit untuk memberi mereka dorongan.

Tingkatkan dosis pupuk

Aplikasi pupuk ketiga dan kedua untuk jagung adalah yang paling penting. Pada saat inilah akar tanaman mencoba menyerap energi sebanyak mungkin. Pupuk utama adalah nitrogen. Nitrogen dapat dengan mudah dikeringkan dari tanah oleh tanaman jagung untuk memungkinkan mereka tumbuh dengan baik.

Pentingnya fosfor juga dan begitu juga kalium, bagaimanapun, tidak dengan cara yang sama seperti nitrogen. Keduanya penting untuk perkembangan akar yang sehat dan batang yang kuat. Masing-masing dari mereka dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kualitas serta hasil keseluruhan.

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman Pakis Mudah Dirawat dan Indah

Ada banyak pupuk yang tersedia di pasaran tetapi triknya adalah memilih pupuk dengan rasio N-P-K dengan lebih banyak nitrogen dan masih mengandung kalium dan fosfor. Rasio N-P-K mengacu pada rasio kalium, fosfor, dan nitrogen.

Saatnya pemupukan

Hanya dalam waktu empat minggu tanaman jagung sudah mapan di tanah dan mampu menangani suplemen nutrisi pertama.

Cara terbaik untuk mengaplikasikannya adalah dengan menggunakan metode side dressing. Taburkan pupuk di tanah sekitar 3 inci ke dalam setiap baris batang utama kamu.

Ini membantu tanaman menyerap nutrisi dari akar dan melindungi daun dari efek pupuk. Pupuk yang tertinggal di daun atau di dekat pangkal dapat menjadi terlalu panas dan mudah membakar tanaman.

Pedoman dosis yang ideal adalah sekitar 1/8 cangkir per 2 tanaman jagung. Pemupukan dilakukan sebelum panen, yaitu saat tanaman berumur 8 atau 10 minggu. Campuran dosis pupuk 16-16-8. Oleskan jumlah yang sama 1/8 cangkir ke setiap tanaman untuk setiap dua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.