Berikut Manfaat Tanaman Bambu Yang Harus Kamu Tahu

Berikut Manfaat Tanaman Bambu Yang Harus Kamu Tahu

Bambu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling terkenal di Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat desa bambu memegang peranan yang sangat penting, terutama untuk bahan bangunan. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah, bambu juga menawarkan banyak manfaat bagi manusia.

Tanaman bambu diluncurkan di ojs.unud.ac.id Bambu merupakan bagian dari keluarga Gramineae (rumput). Kadang-kadang disebut sebagai tanaman raksasa. Bambu sendiri terdiri dari banyak batang yang tumbuh perlahan diawali dengan rebung, batang yang masih muda yang dewasa pada umur sekitar 4-5 tahun. Bambu banyak terdapat di berbagai negara di dunia, terutama di daerah beriklim tropis seperti Asia, Amerika, dan Australia.

Manfaat bambu bagi manusia tidak bisa dipungkiri, terutama bagi mereka yang tinggal di masyarakat pedesaan. Bambu biasanya digunakan untuk bahan bangunan, dinding, dan peralatan dapur, serta bahan makanan.

Sebagai bahan organik dalam suatu produk

Saat ini, banyak barang organik yang terbuat dari bambu, yang merupakan barang organik. Bambu adalah produk yang populer oleh pelanggan karena diakui ramah lingkungan. Selain itu, kain yang terbuat dari bahan tumbuhan dianggap lebih ringan dan tidak memicu alergi.

REKOMENDASI:  5 Jenis Bibit Tanaman yang Bisa Ditanam Dengan Mudah

Menghilangkan Bau tidak sedap

Manfaat bambu bagi manusia juga membantu menghilangkan bau tak sedap. Arang bambu sangat berpori dan memiliki kapasitas untuk menyerap sejumlah besar bakteri penyebab bau. Pada kenyataannya, banyak barang di sekitar kamu, seperti seprai atau linen, kaus kaki dan arang bambu yang digunakan sebagai pengganti parfum.

Penyerap Karbon Terbaik

Manfaat lain bambu bagi manusia adalah mampu menyerap karbon dioksida sekaligus melepaskan sekitar 30% oksigen. Inilah sebabnya mengapa bambu berperan penting dalam penyerapan gas rumah kaca dan menciptakan oksigen segar bagi orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

Sebagai Bahan Baku Industri

Manfaat bambu yang kedua bagi manusia adalah penggunaannya sebagai bahan industri. Di bidang kehutanan bambu mampu meningkatkan kualitas dan kondisi hutan yang menjadi bahan baku utama dalam produksi kayu nasional. Mengingat kemungkinan kayu akan semakin langka, bambu dapat memainkan peran penting dalam mendukung bahan baku industri misalnya, membuat peralatan dan kerajinan rumah tangga, seni, dan banyak lagi.

REKOMENDASI:  11 Cara Merawat Tanaman Agar Subur Dan Bagus

Membantu Mencegah Erosi

Manfaat lain dari bambu bagi manusia adalah dapat membantu mencegah erosi. Sejak dulu, akar tanaman bambu memiliki fungsi penting sebagai penahan erosi untuk menghindari bahaya banjir. Selain itu tanaman bambu juga dapat digunakan secara efektif dalam pengolahan limbah beracun akibat keracunan merkuri.

Bahan Konstruksi Bangunan yang Tahan Gempa

Bukan hanya sekedar cara menambah jumlah air yang tersedia bambu, namun manfaat bambu bagi manusia juga bisa dimanfaatkan untuk membangun material tahan gempa. Bambu dapat menjadi bahan konstruksi yang berkelanjutan dan mudah didapat di Indonesia. Bambu lebih fleksibel dalam daya tahan dan tidak menimbulkan risiko keamanan saat terjadi gempa.

Selain itu, bambu merupakan bahan artistik yang unik ketika digunakan sebagai bahan konstruksi. Bambu juga lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.