Berikut Ciri Ciri Buah Naga yang Manis, Jangan Salah Pilih!

Berikut Ciri Ciri Buah Naga yang Manis, Jangan Salah Pilih!

Pitaya, juga dikenal sebagai Pohon Buah Naga (Hylocereus andatus), adalah salah satu spesies Cactaceae yang paling populer. Pohon ini dapat digunakan baik sebagai tanaman hias maupun penghasil buah naga.

Meskipun pohon buah naga adalah spesies asli Amerika, asal-usulnya tidak diketahui. Ada banyak nama untuk pohon buah naga di setiap negara: Pitaya (Internasional), Pitahaya (Jerman), Drachenfrucht (Jerman), Frutto del Drago, Italia), Fruit du Dragon (Prancis), Panini o-kapuna-hou, Thanh Long (Vietnam), Yonggwa (Korea), Kaeo Mangkon, Thailand.

Ciri Ciri Tanaman Buah Naga yang Manis

1. Warna untuk Kulit

Kulit buah naga dapat menunjukkan kualitas daging buahnya. Buah naga yang memiliki warna kulit magenta bersinar cerah dianggap matang.

REKOMENDASI:  8 Manfaat Tanaman Tebu Untuk Kesehatan

Selain itu, pastikan buah tersebut memiliki kulit yang halus dan mengkilat. Jangan membeli buah naga yang berlubang atau telah disayat dengan benda tajam.

2. Kondisi Timbangan

Kondisi daun dan sisiknya bisa membedakan apakah buah naga masih segar atau tidak. Sebaiknya pilih buah naga yang sisiknya agak layu tapi tidak keras yang masih berwarna cerah.

Hindari memilih buah naga dengan ujung sisik berwarna coklat. Kondisi tersebut menandakan bahwa buah naga tidak tumbuh dengan baik sebelum dipanen atau disimpan terlalu lama.

3. Tekstur Buah

kamu juga bisa menentukan manisnya buah naga dengan melihat teksturnya. Caranya adalah dengan menekan buah naga.

Semakin empuk buah naga, semakin terasa saat ditekan. Jika masih terasa keras, kemungkinan buah naga belum mencapai potensi maksimalnya dan masih sangat masam.

4. Batang Buah

Batang buah dapat digunakan untuk mengetahui apakah buah tersebut masih dalam keadaan segar dan memiliki rasa yang manis.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Batang buah naga yang sudah matang dan dipanen tepat waktu akan memiliki tekstur yang lembut. Ini karena batang buah pohon yang rapuh membuatnya mudah jatuh ke tanah.

Jika batang masih terasa keras, kemungkinan buah naga dipanen terlalu dini sehingga dapat menurunkan kualitas dan rasa.

5. Aroma Buah

Aroma buah dapat membantu menentukan rasa manis dan kesegaran buah nagaKamu bisa mencium bagian luar kulit buah naga.

Buah naga segar dan memiliki aroma tropis yang ringan.

Buah naga yang tidak dipetik pada waktu yang tepat atau belum matang tidak akan mengeluarkan aroma segar dan ringan. Itu juga tidak akan bisa menghasilkan rasa yang enak dan bersih jika terlalu matang atau hampir busuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.