Berikut Cara Menanam Tanaman Paritojo Dengan Mudah

Berikut Cara Menanam Tanaman Paritojo Dengan Mudah

Parijoto atau rose vine, juga dikenal sebagai Medinilla magnifica atau Parijoto, adalah jenis tanaman berbunga yang termasuk dalam famili Melastomataceae. Tanaman parijata (atau parijoto) ini asli Filipina. Tanaman ini juga dikenal dengan anggrek Filipina. Ini adalah epifit.

Parijoto adalah tanaman Semenanjung Malaya. Ini adalah anggota keluarga Melastomataceae. Juga dikenal sebagai Anggur Asia yang Mencolok. Tanaman Parijoto terdapat di Sumatera dan Kalimantan, Kalimantan, Filipina, dan Sumatera.

Tanaman Parijoto membutuhkan tanah humus yang lembab. Mereka dapat ditanam pada ketinggian 800m-2300m di atas permukaan laut. Tanaman Parijoto berbunga pada bulan November-Januari. Kemudian akan siap panen pada bulan Maret-Mei. Bunga Parijoto dapat mekar sepanjang tahun jika dirawat dengan benar dan memiliki iklim yang mendukung.

Buah dan bunga parijoto berukuran kecil, bergerombol di setiap tangkai. Buah muda berwarna merah muda dan berubah menjadi keunguan saat matang. Tingkat kematangan mempengaruhi warna. Warnanya biasanya pink atau ungu. Namun, rasa buahnya manis dan bercampur dengan astringent.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Benar

Tumbuhan Parijoto banyak ditemukan di lereng gunung seperti lereng Muria dan Ungaran, serta di Dataran Tinggi Dieng. Hal ini juga ditemukan di Pegunungan Pakuwojo dan Gunung Perahu.

Harga buah parijoto berkisar Rp. 25.000,-/kilo. Buah parijoto menjadi pilihan populer untuk wisata religi di Gunung Muria. Buah ini bisa dibeli dengan harga murah, tergantung berapa banyak yang kamu beli, dan dengan kisaran harga sekitar Rp. 5.000,- atau Rp. 20.000,-.

Cara Menanam Tanaman Parijoto

Mempersiapkan benih adalah langkah pertama. Biji tanaman parijoto berasal dari biji yang dikeringkan. Benih dapat ditanam di tanah yang lembab seperti tanah humus atau media lumut. Tunggu sampai tanaman mengembangkan daun. Pindahkan 3 daun yang tersisa ke dalam wadah kecilKamu perlu membasahi pot dengan media tanam anggrek yang memiliki banyak akar cincang.

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman Aquascape di Sawah yang Cocok Untuk Aquarium

Setelah tanaman tumbuh cukup besar dan menghasilkan banyak daun, parijoto dapat dipindahkan ke pekarangan atau pot yang lebih besar. Tanaman ini perlu ditanam di daerah pegunungan yang sejuk. Tidak dianjurkan untuk ditanam di dataran rendah. Tanaman dataran rendah cenderung tidak menghasilkan buah dan tumbuh dengan baik, tetapi mereka akan tetap produktif.

Demikian pembahasan mengenai cara menanam parijoto yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selamat menikmati dan jangan lupa ikuti postingan saya yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.