Berikut Cara-Cara Menanam Ubi Jalar, Bisa Kamu Lakukan Sendiri!

Berikut Cara-Cara Menanam Ubi Jalar, Bisa Kamu Lakukan Sendiri!

Ubi jalar, juga dikenal sebagai ubi jalar dalam bahasa Inggris, adalah jenis tanaman budidaya. Akar inilah yang digunakan untuk membuat umbi-umbian yang tinggi nutrisi (karbohidrat). Umbi ubi jalar adalah makanan pokok di Afrika. Umbinya digunakan di Asia. Di Asia, daun muda ubi jalar juga digunakan untuk membuat sayuran. Ubi jalar juga bisa dijadikan tanaman hias karena daunnya yang indah.

Persiapan benih ubi jalar

Ada dua cara untuk mempersiapkan benih ubi jalar untuk budidaya: generatif dan vegetatif. Cara pertama adalah dengan memperbanyak umbi. Berikut adalah beberapa tips memilih umbi yang sehat. Setelah tunas muncul, mereka harus disimpan di tempat yang sejuk dan lembab. Tunas umbi sudah siap untuk dipotong dan dapat digunakan untuk membesarkan tanaman. Dalam budidaya ubi jalar skala besar, metode generatif jarang digunakan. Hal ini digunakan untuk menghasilkan benih unggul dalam skala kecil. Untuk mengembalikan kualitas unggul atau orang tua.

Perbanyakan vegetatif melalui stek adalah metode kedua. Calon indukan dapat diambil dari tanaman yang berumur lebih dari dua bulan dengan ruas yang lebih pendek. Potong batang tanaman dengan panjang sekitar 15-25 cm. Setiap potongan harus memiliki setidaknya dua segmen. Untuk mengurangi penguapan, kamu bisa mengupas beberapa daunnya. Biarkan batang mengering di tempat teduh selama satu minggu. Stek batang yang terus menerus dapat menurunkan kualitas tanaman. Untuk 3-5 generasi, tidak disarankan untuk diperbanyak dengan stek.

Budidaya tanah untuk budidaya ubi jalar

Kondisi budidaya ubi jalar antara lain lempung berpasir, tanah gembur, kaya nutrisi, dan drainase yang baik. Kekebalan tanaman akan berkurang jika ubi jalar ditanam di tanah yang kering dan pecah-pecah. Hama dan penyakit lebih sering menyerang tanaman. Namun, umbi yang ditanam di tempat yang lembab atau berlumpur akan menjadi kerdil dan mudah terserang penyakit.

Budidaya ubi jalar membutuhkan pH tanah 5,5 hingga 7,5 pH. Ubi jalar tumbuh baik di tanah liat atau di bekas sawah. Budidaya ubi jalar di laqhan Moor dimungkinkan pada akhir musim hujan. Sebaliknya, sawah lebih cocok ditanami di musim kemarau.

Budidaya ubi jalar tidak membutuhkan banyak pupuk. Apalagi jika ubi jalar ditanam di sawah yang sudah tua. Tanah harus gembur sebelum ubi jalar bisa ditanamKamu kemudian dapat membuat tempat tidur setinggi 30-40 cm. Tempat tidur berukuran lebar 60-100cm dengan jarak antara 40-60cm. Bentuk lahan menentukan panjang bedengan. Pupuk kandang atau kompos menjadi pilihan budidaya ubi jalar organik. Kotoran yang terbuat dari campuran kotoran sapi atau kambing dan ayam yang dimasak dianggap sebagai pupuk yang baik. Campurkan pupuk dengan 20 ton per hektar pada saat membuat bedengan.

Budidaya Ubi Jalar

kamu dapat menanam ubi jalar dengan menempatkan 2/3 dari panjang benih di dalam tanah. Dua baris tanaman dapat ditemukan di satu tempat tidur. Satu baris memiliki jarak 30 cm, sedangkan jarak antara mereka adalah 40 cm. Untuk luas satu hektar dibutuhkan kurang lebih 36.000 batang. Penting untuk menyirami stek di awal pertumbuhannya. Setelah tanaman mulai tumbuh, kamu bisa berhenti menyiramnya. Ini adalah saat daun baru muncul.

Perawatan dan pemeliharaan

Tanaman ubi jalar tahan terhadap kekeringan. Intensitas curah hujan setiap dua minggu cukup untuk mensuplai asupan air. Setelah sekitar dua minggu, periksa seluruh tanaman. Jika ada tanaman yang gagal tumbuh setelah waktu tersebut, segera sulaman dengan tanaman baruKamu dapat menyulam dengan mengambil tanaman mati dan menggantinya menggunakan stek batang baru. Setelah 4 minggu, bakar tanah ke kanan dan kiri dalam radius 10 cm dari tanaman. Hal ini dilakukan agar akar tanaman tidak menyebar ke mana-mana. Umbi akan dikonsentrasikan di sepanjang jalur tanam. Penyiangan juga dilakukan pada saat ini. Setelah 6-8 minggu, tanah dibuang dan ditutup. Kemudian, saatnya untuk membersihkan akarnya. Pemangkasan akar sangat penting karena akan menyebar dan membuat umbi lebih kecil. Umbinya akan kecil jika akarnya tidak dijaga.

Memanen

Ubi jalar bisa dipanen minimal 3,5 sampai 4 bulan. Jika umur tanaman lebih dari 3 bulan, perhatikan kondisi cuaca sebelum panen. Umbi yang belum siap panen ketika tiba-tiba terkena hujan deras akan sering membusuk. Jika setiap tanaman menghasilkan setidaknya 1 kilogram umbi, umbi dianggap berhasil. Tanaman ubi jalar yang baik akan menghasilkan umbi lebih dari 25 ton per hektar jika tidak terserang hama. Bahkan bisa menghasilkan 30-40 ton per hektar di beberapa varietas ubi jalar, seperti kalasan. Ubi jalar dipanen, dicuci, disortir, kemudian dimasukkan ke dalam karung dan dikeringkan di tempat yang sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.