Berikut Cara-Cara Menanam Terong Dengan Mudah dan Benar

Berikut Cara-Cara Menanam Tanaman Terong Dengan Mudah dan Benar

Jika kamu suka makan terong, disarankan untuk menanam terong di kebun kamu. Sejak diketahui bahwa tanaman terong juga bisa ditanam di dalam pot. Terong mahir beradaptasi dengan segala macam kondisi cuaca, dan terong mampu tumbuh subur di musim kemarau dan kemarau.

1. Membuat Pilihan Benih yang Tepat

Saat mulai menanam tanaman baru, tentunya kamu akan membutuhkan bibit yang berkualitas agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah. Ini terutama benar ketika kamu membudidayakan terong. Penting untuk mengetahui kualitas benih kamu sebelum kamu memilih. Bibit terong terbaik biasanya dicirikan oleh kondisi yang baik, ukuran, bentuk, dan warna yang seragam.

REKOMENDASI:  Tanaman yang Tahan Panas Dan Hujan yang Harus Kamu Ketahui

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah memilih bibit yang paling unggul, proses penanaman bisa dilanjutkan dengan bibit. Banyak tanaman terong yang gagal panen karena benih yang salah atau kesalahan dalam memilih media tanam yang tepat. Waspadai kombinasi media tanam tertentu yang dapat memastikan bahwa tanaman kamu tidak akan bisa panen.

3. Menabur Bibit Terong

Setelah benih dipilih dan penanam telah dibuat, kamu sekarang dapat menanam benih terong. Ada berbagai langkah yang harus diikuti saat menanam bibit terongKamu juga harus menyimpan benih dengan benar dan memastikan bahwa benih menerima sinar matahari dan air yang cukup. Disarankan untuk menunggu setidaknya satu bulan sebelum benih terong kamu mulai bertunas.

REKOMENDASI:  Inilah 6 Manfaat Tanaman Tanduk Rusa

4. Memindahkan Bibit Terong

Kemudian, saat memindahkan tanaman yang berkecambah di terong buatlah media tanam yang kamu inginkan, misalnya kantong plastik atau wadah. Kemudian campurkan media tanam yang meliputi sekam padi dan tanah ke dalam polybag. Buat lubang kecil untuk benih terong yang sudah berkecambah, lalu tutup dengan tanah. Pastikan untuk menyirami bibit terong kamu setiap pagi dan malam hari.

5. Merawat Tanaman Terong

Saat tanaman mulai tumbuh, penting untuk bersabar dalam merawatnya dengan baik untuk memaksimalkan hasil. Siram setiap pagi dan malam. Jika kamu berencana untuk menerapkan pupuk, kamu harus mencoba menggunakan pupuk organik. Jika kamu melihat daun terong kamu menjadi layu, kamu dapat menghilangkannya untuk memastikan daun yang tersisa tidak terkena penyakit yang menyerangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.