Berikut 9 Tips Membuat Proposal Bisnis

Berikut 9 Tips Membuat Proposal Bisnis

 

Penulis harus memutuskan siapa pembacanya, tentang apa buku itu dan mengapa buku itu lebih baik daripada buku lain.

Mirip dengan rencana bisnis, kamu perlu mengetahui target pasar kamu dan dapat menjelaskan mengapa bisnis itu lebih baik daripada yang lain di sektor yang sama. Investor juga tertarik pada kamu. Ini hampir sama dengan menulis rencana bisnis. Berikut adalah sembilan tips untuk membantu kamu membuat rencana bisnis.

1. Buat perkenalan

Pertama, kamu harus membuat bagian pendahuluan. Isi bagian pendahuluan biasanya berfokus pada sejarah bisnis yang kamu rencanakan untuk dijalankan.

Cantumkan visi, misi, deskripsi, dan tujuan untuk masa depan. Investor akan lebih nyaman berinvestasi di perusahaan kamu jika informasi ini disertakan dalam proposal.

2. Tambahkan Profil Perusahaan

Selanjutnya, buat profil yang ringkas dan jelas untuk bisnis atau perusahaan kamu. Profil ini hanya boleh menyertakan informasi berikut: jenis perusahaan, nama, dan lokasi.

Bagian ini penting karena investor dapat melihat potensi bisnis kamu di pasar.

3. Buat struktur organisasi untuk perusahaan kamu

Jika bisnis kamu sudah memiliki sistem yang solid, kamu mungkin dapat bergabung dengan struktur organisasi perusahaanKamu harus menyertakan sistem manajemen bisnis kamu dalam proposal kamu, meskipun tidak berjalan dengan baik.

4. Deskripsi Produk kamu

Selanjutnya, kamu perlu menjelaskan produk, termasuk jenis dan proses pembuatannya, serta manfaatnya. Untuk meyakinkan investor untuk berinvestasi dalam bisnis, pastikan kamu menjelaskan sebanyak mungkin tentang poin ini.

5. Tentukan target pasar kamu

Selanjutnya, kamu harus menentukan target pasar kamu sebelum membuat proposal bisnis. Penting untuk dicatat bahwa pemilik bisnis harus mengidentifikasi target pasar untuk membuat proposal bisnis.

Mulailah dengan area dan lanjutkan ke kelas yang kamu inginkan untuk menghasilkan produk.

6. Atur Promosi dan Penasaran

Penting untuk dicatat bahwa setiap proposal bisnis harus menyertakan strategi pemasaran dan promosi yang akan digunakan.

Bagian ini harus menjelaskan strategi pemasaran secara rinci dan bagaimana dipromosikan untuk menarik minat konsumen. Investor kemudian dapat menghitung berapa keuntungan yang akan mereka peroleh nantinya.

7. Menyiapkan laporan keuangan

kamu perlu memasukkan alokasi dana di bagian tentang bagaimana kamu dapat membuat proposal untuk mengirimkan dana bisnisKamu juga harus menyertakan perhitungan keuntungan serta perhitungan untuk hasil.

Ini harus dilakukan dengan pandangan realistis terhadap risiko yang dihadapi setiap bisnis.

8. Buatlah Penutup

kamu perlu menambahkan atau merevisi informasi apa pun yang dapat meyakinkan calon investor di bagian penutup.

REKOMENDASI:  Ternyata Mudah! Berikut 16 Tips Bisnis GoFood Yang Harus Kamu Tahu

Juga, kamu dapat menambahkan doa dan harapan kamu ke proposal yang diajukan. Investor sangat ingin membaca proposal kamu, jadi jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka.

9. Atur Lampiran

Mempersiapkan lampiran yang diperlukan adalah langkah terakhir dalam cara membuat proposal bisnis jasa. Lampiran tersebut dapat berupa izin, perjanjian usaha dan sertifikat, serta biodata pemilik usaha.