Berikut 8 Macam-macam Janda Bolong Tanaman Hias

Berikut 8 Macam-macam Janda Bolong Tanaman Hias

Tanaman Janda bolong merupakan tanaman hias yang tergolong dalam keluarga Monstera pujaan. Memiliki ciri daun berongga, dengan warna hijau tua yang menarik. Desainnya yang unik dan menarik menjadikannya pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah.

Berdasarkan informasi di laman biologi.lipi.go.id Janda bolong tersebut berada di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Habitat alami tumbuhan ini termasuk dalam kategori spesies semi-epifit.

Merupakan tumbuhan yang menyebar dan bergabung dengan tumbuhan lain. Di lingkungan lembab, janda bolong dapat berbunga sepanjang tahun. Dalam kasus umum, janda bolong mulai berbunga semuda tiga tahun.

Macam-macam Tanaman Janda Bolong

Tanaman Janda bolong dikenal beragam. Bentuk yang paling populer adalah Monstera Deliciously. Daun tanaman ini lebar dan terbelah.

1. Monstera Siltepecana

Janda bolong pertama berasal dari Monstera siltepecana. Ciri khas dari spesies ini adalah tidak memiliki lubang, melainkan garis retakan tipis berwarna gelap. Warna untuk tanaman khusus ini tampak lebih cerah daripada janda lain dengan perforasi. Bentuk daun memanjang, dan tumbuh melalui sulur.

REKOMENDASI:  Berikut Manfaat Tanaman Bambu Yang Harus Kamu Tahu

2. Monstera Dubia

Jenis lain dari tanaman janda bolong termasuk Monstera dubia. Ciri khasnya adalah fakta bahwa ia memiliki garis retakan kecil, dan berwarna terang. Tanaman ini memiliki tanaman merambat yang memiliki daun dan batang yang mencapai ke ladang. Jika kamu memutuskan untuk memasang jenis tanaman ini, pastikan kamu memiliki pasak untuk menopang tanaman merambat.

3. Monstera Pinnatipartita

Monstera pinnatipartita adalah ukuran daun terbesar jika dibandingkan dengan Monstera lainnya. Daun ini termasuk dalam varietas jendela berlubang, selain berukuran besar juga memiliki permukaan yang mengkilat. Daun tanaman ini berlubang dan terbelah. Batang daunnya kokoh dan kuat dengan warna hijau zamrud.

4. Monstera Obliqua

Tanaman janda bolong memiliki banyak lubang yang dapat menutupi 90 persen permukaan daun. Monstera Obliqua memiliki daun yang tipis dan jarang ditemukan. Bahkan bisa jadi langka.

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman Sri Rejeki Berdaun Cantik

5. Monstera Borsigniana

Jenis tanaman yang diunggulkan memiliki daun yang mungil dan mampu berkembang dengan pesat. Setelah matang, daunnya memiliki dua baris celah atau lubang yang jelas.

6. Monstera Mini

Dalam konteks namanya saja, mudah untuk berpikir bahwa ukuran tanaman berlubang sangat kecil. Ciri khas lainnya pada tanaman monstera mini adalah daunnya yang berongga dan memiliki ujung daun yang melengkung. Warna daun varietas ini hijau tua.

Uniknya, tanaman ini tidak termasuk dalam famili Monstera, melainkan milik tanaman Rhaphidophora Tetrasperma. Namun karena sering disebut Monstera, maka jenis tanaman hias ini tidak secara resmi masuk dalam Monstera. keluarga monstera.

7. Monstera adansonii

Tanaman hias janda bolong selanjutnya adalah Monstera Dansonii. Tanaman ini biasa disebut “tanaman keju Swiss” karena memiliki lubang di daun yang mirip dengan yang ada di keju Swiss. Jumlah lubang di daun Monstera Dansonii sekitar 50 persen.

8. Monstera veriegata

Diketahui bahwa tanaman Monstera veriegata berwarna pucat di petak-petak. Inilah alasan mengapa tanaman dari Monstera ini berdiri enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.