Berikut 8 Jenis Tanaman Hidroponik Panen Cepat, Sangat Cocok Bagi Untuk Pemula

Berikut 8 Jenis Tanaman Hidroponik Panen Cepat, Sangat Cocok Bagi Untuk Pemula

Tanaman hidroponik adalah salah satu metode berkebun yang paling terkenal. Hidroponik dipercaya dapat menjawab pertanyaan seputar berkebun di area kecil. Ada segudang varietas tanaman yang cocok untuk digunakan. Namun, bagi yang baru terjun di bidang ini, ada banyak sekali jenis tanaman hidroponik yang bisa panen dengan cepat, seperti yang kamu harapkan.

Tanaman hidroponik ditanam dengan menggunakan air sebagai media tumbuh dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Meskipun kelihatannya mudah untuk memilih tanaman yang ingin kamu tanam menggunakan metode ini harus dilakukan dengan benar dan kamu akan dapat memetiknya dalam waktu yang cepat.

Berikut kumpulan tanaman hidroponik yang paling hemat untuk dimanfaatkan.

1. Kangkung

Selain cepat panen, kangkung merupakan tanaman yang mudah perawatannya. Menurut Channel YouTube Kagaiya kangkung hanya membutuhkan waktu 21-30 hari dari waktu tanam hingga panen. Setelah itu, kangkung dapat dipanen secara bertahap selama lima hari berturut-turut.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tips Mencari Ide Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

Kualitas hidroponik tanaman bayam bahkan lebih baik dari kangkung yang ditanam dengan cara konvensional!

2. Tomat

Satu hal yang perlu diingat ketika kamu menanam tomat dengan metode hidroponik adalah persyaratan intensitas cahaya yang lebih besar.

Sayuran kaya nutrisi dipanen sembilan minggu dari waktu tanam. Kemudian, bisa dipanen setiap lima hari sekali.

3. Cabai

Sebelum menanam, pastikan kamu memiliki bibit cabai yang sudah disemai. Kemudian, pindahkan ke media tanam hidroponik.

Untuk menikmati rasa pedas cabai, panenlah setelah kamu mencapai umur antara 80-90 hari, yaitu antara jam pagi dan sore hari. Setelah itu, cabai bisa dipanen setiap lima hari sekali.

4. Bayam

Sumber yang sama, bayam juga bisa menjadi pilihan panen yang cepat, serta mudah perawatannya. Sayuran hijau dipanen setelah 25-30 periode tanaman diikuti dengan panen secara bertahap setiap lima hari.

5. Seledri

Sayuran yang menjadi pelengkap sempurna untuk setiap hidangan dapat ditanam di media berbasis air. Seledri merupakan pilihan yang baik untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik yang terapung.

REKOMENDASI:  Inilah 6 Manfaat Tanaman Sikas Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Waktu panen seledri berkisar antara 4 sampai 6 minggu setelah tanam, kemudian dipanen setiap hari selama lima hari berturut-turut.

6. Mentimun

Sayuran khusus ini sangat ideal untuk ditanam dalam sistem hidroponik dan sangat cocok untuk budidaya di rumah. Mentimun dipanen setelah 30 hari setelah tanam. Setelah waktu tersebut, panen dapat dilakukan secara bertahap, setiap minggu.

7. Pakcoy

Sayuran yang cocok untuk menumis juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk ditanam secara hidroponik. Waktu panen juga sedikit, sekitar 20 hari setelah tanam.

8. Kacang Panjang

Kacang panjang membutuhkan waktu 30 hari untuk mekar di media hidroponik. Setelah 15 hari mereka siap panen.

Nah, itulah 8 jenis tanaman cepat panen yang mampu ditanam secara hidroponik. Seiring kemajuan teknologi, ruang sempit tidak lagi menjadi masalah untuk berkebun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.