Berikut 7 Tips Bisnis Jamu Tradisional, Ternyata Mudah!

Berikut 7 Tips Bisnis Jamu Tradisional, Ternyata Mudah!

 

Kesadaran masyarakat telah dibangkitkan tentang pentingnya jamu untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi seperti Covid-19 dan virus corona. Jamu, minuman tradisional yang mampu menopang daya tahan tubuh, bisa menjadi peluang bisnis yang potensial.

Joko Widodo mempromosikan jamu, yang secara tidak langsung mendongkrak popularitasnya di Indonesia. Para ahli pun meyakini empon-empon, bahan utama dalam minuman herbal, dapat melindungi dari virus Covid-19.

Yuswohady adalah Managing Partner di Inventure. Ia meyakini, konsumsi jamu akan kembali normal setelah masa krisis berlalu. Kafe modern kini menawarkan jamu dalam format ala barista. Awalnya, jamu hanya tersedia untuk praktisi jamu. Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Peluang Usaha Jamu Semakin Bermanfaat dan Menguntungkan Untuk Menghasilkan Untung”. Klik disini untuk informasi lebih lanjut:

Jika kamu menyukai jamu dan bisa meracik sendiri, mengapa tidak membuka usaha jamu tradisional? Berikut adalah beberapa cara kamu dapat memulai bisnis jamu kamu sendiri.

Tentukan jamu yang akan dijual

Ada banyak sekali jenis jamu. Mulai dari obat herbal hingga kekuatan dan kesehatan hingga lainnya. Ini adalah ide yang cerdas untuk membuat daftar herbal yang dapat kamu buat di rumah sebelum kamu memulai perusahaan jamu rumahan kamu.

kamu bisa menggunakan jamu seperti temulawak, jamu sambiloto, jamu kunyit asam, tumbuhan sambiloto, dan beras kencur untuk meningkatkan kesehatan anda.

Obat herbal tradisional akan lebih menguntungkan jika kamu mampu membuat semua jenis, terutama yang bermanfaat bagi tubuh kamu

Meski bisnis jamu hanya mampu menjual satu atau dua jenis, namun tetap menghasilkan keuntungan.

kamu dapat membuat bisnis kamu lebih unik dengan menambahkan keunikan kamu sendiri pada jamu yang kamu jualKamu dapat yakin bahwa bisnis Ibu akan berjalan dengan baik.

Pilih bahan-bahan segar

Relaksasi diberikan oleh aroma jamu. Aroma ini bisa tercium jika Mom menggunakan bumbu segar pilihan.

Rempah-rempah dengan kualitas dan aroma yang tinggi memberikan rasa dan manfaat yang luar biasa bagi konsumen.

Sebelum kamu memulai perusahaan jamu tradisional, pastikan kamu menemukan pemasok yang menjual rempah-rempah berkualitas tinggi dan bahan herbal alami lainnya, seperti gula aren.

Mencobanya Berkali-kali

Selanjutnya, kamu perlu menguji jamu berkali-kali sebelum bisa dipasarkanKamu ingin membuat herbal berkualitas tinggi yang memiliki rasa yang konsisten.

Karena kesulitan atau tantangan bisnis makanan dan minuman adalah menjaga konsistensi dan rasa. Jika Ibu bisa membuatnya, dan rasanya enak, maka jamu buatan sendiri bisa jadi peluang bagus.

Memutuskan nama untuk pergi dengan bisnis jamu

Ibu yang berencana membuka perusahaan jamu rumahan juga harus mempertimbangkan untuk memilih nama yang menarik bagi calon pelanggan.

Karena nama produk bisa mempengaruhi pemasaran dan penjualannya, maka bisa dilakukan survey dengan teman terdekat untuk menentukan nama jamu yang akan dijual.

REKOMENDASI:  Berikut 10 Tips Memulai Bisnis Untuk Pertama Kali

Pengemasan dan pemasaran untuk bisnis jamu

Kemasan yang meliputi jamu yang akan dijual menjadi salah satu faktor keinginan masyarakat untuk membeli produk.

Botol kaca bisa digunakan ibu untuk meningkatkan nilai jualnya. Mereka juga lebih aman dan lebih ramah lingkungan.

kamu juga harus memikirkan strategi pemasaran bisnis jamu rumahan yang akan kamu jalankanKamu dapat mempromosikannya secara online atau offline.

Apakah ada penjual minuman rumahan tradisional yang sekarang sedang berkembang pesat? Mereka menggunakan media sosial seperti Instagram dan status Whatsapp untuk mempromosikan produk mereka.

Modal dan Tenaga Kerja

Modal dan tenaga kerja merupakan dua unsur terpenting dan fundamental dalam jamu tradisional. Cari tahu modal dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk membantu Ibu.

Memang benar bisnis jamu tradisional bisa dimulai dari rumah, Mom tetap perlu mengalokasikan modal.

Modal diperlukan untuk membeli bahan-bahan, seperti rempah-rempah, dan juga untuk keperluan lain, termasuk pengemasan, listrik, gas, dan sumber daya manusia untuk mengelola bisnis rumahan ini.

Waralaba Obat Herbal

Ruangmom menawarkan cara paling praktis untuk memulai perusahaan jamu tradisional jika menurut kamu cara di atas terlalu rumit. Bahkan jika kamu tidak tertarik dengan waralaba perusahaan jamu.

Waralaba atau disebut juga dengan waralaba adalah suatu jenis kerjasama dalam bidang usaha dimana perusahaan memberikan hak khusus kepada usaha atau perorangan lain untuk menjual produk di lokasi yang diinginkan.