Berikut 6 Tips Memilih Bisnis MLM Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 6 Tips Memilih Bisnis MLM Yang Harus Kamu Tahu

 

Bisnis multi level marketing, juga dikenal sebagai MLM atau bisnis multi level marketing, adalah salah satu jenis bisnis yang telah melihat banyak keuntungan dan kerugian di masyarakat sejak didirikan pada tahun 2000. Sulit untuk tidak tertarik dengan kisah sukses mereka. yang telah bergabung dengan bisnis MLM dan menerima banyak bonus uang, mobil dan hadiah yang bisa digunakan untuk jalan-jalan ke luar negeri.

Ada sejumlah risiko di balik kesuksesan produk ini, termasuk kemungkinan penipuan dan kredibilitas. Penipuan melibatkan meminta uang untuk mendaftar, tetapi tidak pernah ada produk atau ketersediaan.

Inilah mengapa bisnis MLM sering mendapat stigma di masyarakat. Bisnis MLM tidak harus curang. Beberapa di antaranya dapat memberikan manfaat nyata. Artikel ini adalah ringkasan tips dari Editor 99jam.com untuk membantu kamu memilih perusahaan MLM yang aman dan menghindari penipuan.

1. Pilih Bisnis MLM yang menawarkan produk yang banyak diminati

Seorang pebisnis sebaiknya memilih produk yang sedang populer ketika ingin bergabung dengan sebuah MLM. Suatu produk yang paling laris artinya dapat dibeli oleh konsumen.

Produk terlaris ini biasanya dipercaya oleh konsumen sehingga tidak perlu khawatir konsumen menggunakannya. Bisnis akan dapat dengan mudah menjual produk mereka dengan bantuan produk terlaris.

2. Harga produk yang terjangkau

Selanjutnya, carilah perusahaan yang menawarkan produk dengan harga yang wajar ketika mencari peluang bisnis MLM atau multi level marketing. Penetapan harga yang terjangkau berarti harga yang adil dan kualitas produk tetap terjaga.

Pelaku bisnis tidak boleh bergabung dengan perusahaan yang menawarkan harga produk tinggi dengan harga yang tidak bersaing dengan pasar. Bisnisnya bisa jadi penipuan.

3. Sudah terdaftar di APLI, perusahaan

Jika perusahaan telah terdaftar di APLI, dimungkinkan untuk memverifikasi bahwa bisnis MLM/multi level itu sah. Beberapa perusahaan multi level marketing diawasi oleh APLI dan asosiasi penjualan langsung Indonesia.

Asosiasi penjualan langsung Indonesia akan mengeluarkan aturan dan kode untuk perusahaan MLM. Jika perusahaan memenuhi semua persyaratan, itu akan menerima sertifikat.

4. Pilih perusahaan yang berbadan hukum

Saat kamu ingin bergabung dengan perusahaan MLM atau pemasaran bertingkat, pastikan perusahaan tersebut memiliki badan hukum. Badan hukum ini biasanya memiliki SIUPL atau NPWP.

Badan hukum dapat dimintai pertanggungjawaban atas produk yang ditawarkan kepada anggota dan konsumen lain oleh perusahaan. Ini akan memungkinkan anggota untuk merasa aman dan nyaman bergabung dengan perusahaan dan menggunakan produknya.

5. Pilih Perusahaan dengan Beragam Produk

Untuk menarik lebih banyak pelanggan ke perusahaan kamu, pastikan kamu memiliki berbagai macam produk. Anggota dapat menawarkan produk tambahan kepada pelanggan yang tidak menyukai produk yang telah mereka pilih.

REKOMENDASI:  Bisnis Yang Paling Cocok Untuk Dijalankan Bersama Pasangan

Pastikan kamu mendapat informasi lengkap tentang manfaat yang ditawarkan produk. Konsumen lebih suka mendengar langsung tentang manfaat suatu produk daripada membacanya.

6. Upline Ingin Membantu Downline Berkembang

Adalah penting bahwa upline perusahaan MLM terbuka untuk membantu downline berkembang. Orang atau organisasi yang mensponsori orang lain (disebut upline) untuk bergabung dalam jaringan.

Upline yang baik tidak akan pernah melepaskan downline yang terikat pada mereka. Untuk memastikan downline dapat berkembang dengan cepat, upline harus memberikan arahan dan bimbingan.