Berikut 6 Manfaat Tanaman Ubi Jalar Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 6 Manfaat Tanaman Ubi Jalar Yang Harus Kamu Tahu

Ubi jalar merupakan salah satu jenis tanaman budidaya yang termasuk dalam famili sayuran. Di Afrika, ubi jalar merupakan sumber makanan pokok. Di Asia, umbinya digunakan dan daun mudanya digunakan untuk membuat sayuran.

Ubi jalar juga bisa bervariasi warnanya, dengan ubi jalar mulai dari putih hingga kuning hingga ungu. Itu semua tergantung pada varietas, jenis tanah dan ketersediaan mineral.

Setiap ubi juga memiliki kandungan uniknya masing-masing. Manisnya ubi jalar kaya akan beta karoten sedangkan ubi jalar ungu kaya akan antosianin.

Ubi jalar sebenarnya mengandung lebih dari 40% kebutuhan harian kamu untuk serat, vitamin A, dan potasium. Ubi jalar telah digunakan dalam banyak makanan populer. Dari makanan ringan hingga makanan penutup dan kue bolu hingga puding dan minuman, ada banyak pilihan.

Apa saja manfaat dan kandungan ubi jalar untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Kekebalan

Tubuh dapat mengubah beta karoten dari ubi jalar menjadi vitamin A. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan peradangan di usus dan menurunkan kemampuan sistem kekebalan untuk melawan penyakit.

2. Kesehatan mata itu penting

Beta karoten dalam ubi jalar dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Ini adalah penyebab utama kehilangan penglihatan.

3. Baik untuk sistem pencernaan kamu

Ubi jalar kaya akan antioksidan dan serat, yang membantu mencegah sembelit.

4. Kontrol gula

Hasil studi menunjukkan bahwa ubi jalar memiliki kadar glikemik dan gula yang rendah. Ubi jalar juga dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Menurunkan tekanan darah

Ubi jalar dapat meningkatkan asupan kalium. Kalium dapat menurunkan tekanan darah, ketegangan pada jantung dan mengatur detak jantung.

Yang terbaik adalah tidak menambahkan terlalu banyak garam ke ubi jalar. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Ubi jalar bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit serius. Mereka juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk meningkatkan energi dan menurunkan berat badan.

6. Mengurangi kemungkinan terkena kanker

Antioksidan beta-karoten yang ditemukan dalam ubi jalar dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker termasuk kanker perut, kanker payudara, dan kanker kandung kemih. Ubi jalar ungu memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari semua jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.