Berikut 6 Fakta Unik Tanaman Tabebuya yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut 6 Fakta Unik Tanaman Tabebuya yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa waktu lalu, pohon tabebuya menjadi terkenal. Pasalnya, bunga pohon tersebut sedang bermekaran dan mempercantik kota Surabaya ini. Jika dilihat dari bunganya, mirip dengan bunga sakura di Jepang. Pohon dan tumbuhan tabebuya berasal dari famili Bignoniaceae. Mayoritas spesies berasal dari daerah tropis yang merupakan bagian dari benua Amerika. Meskipun mereka memiliki bunga yang sama, terlihat bahwa bunga sakura dan tabebuya berasal dari negara yang berbeda.

1. Warna Indah dalam Berbagai Warna Indah

Hal unik lainnya tentang pohon khusus ini adalah kenyataan bahwa ia dihiasi dengan beberapa warna yang menakjubkan. Bayangan bunga di pohon tidak hanya merah muda, tetapi juga mencakup berbagai warna seperti kuning emas, ungu dan putih susu.

Setiap warna pohon Tabebuya menandakan spesies yang berbeda. Namun, setiap warna berbunga sangat indah. Sebagian besar waktu, bunga-bunga ini mekar pada bulan September, dan puncaknya dari Oktober hingga November.

2. Poduk dari Hutan Amazon

Jenis pohon dengan bunga yang menakjubkan bukanlah asli Indonesia. Penting untuk mengetahui apakah pohon itu asli di hutan Amazon yang ditemukan di Amerika. Secara khusus, itu dari Brasil.

REKOMENDASI:  Kenali 4 Manfaat Tanaman Vanili Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Bunga yang indah tidak serta merta berarti pohon itu sulit untuk dirawat. Jika kamu ingin merawatnya di rumah, kamu bisa melakukannya. Tapi, pohon ini memiliki kapasitas untuk tumbuh sangat cepat. Antara 8 hingga 18 bulan, tinggi pohon ini bisa mencapai 4 meter.

3. Ada banyak namanya

Pohon Tabebuya, juga dikenal dengan nama tabebuya yang dikenal dengan tabebuya adalah judul latinnya Tabebuia heterophylla. Pohon itu juga disebut pohon “terompet merah muda”. Selain itu, tanaman tabebuya sering disebut sebagai pohon aras putih, tecoma dan manjack merah, serta kayu putih.

Bukan hanya namanya saja yang banyak. Ditemukan bahwa ada banyak nama Latin untuk pohon itu, termasuk Raputia heterophylla Bignonia leucoxylon, dan Tecoma leucoxylon. Meskipun banyak nama dan nama Latin, bunga pohon masih menakjubkan.

4. Ada 25 jenis Tabebuya yang sudah teridentifikasi

Perlu dicatat bahwa tanaman tabebuya mampu menyebar ke seluruh benua Amerika, Asia dan Afrika. Sampai hari ini, pohon tersebut memiliki setidaknya 25 spesies asli dan lebih dari 100 varietas.

Jenis tabebuya yang paling umum memiliki bentuk yang mirip, sehingga sulit untuk dibedakan. Hingga saat ini, penelitian tentang tanaman ini sedang dilakukan untuk menentukan klasifikasinya.

REKOMENDASI:  Berikut Cara-Cara Menanam Tanaman Mahkota Dewa Dengan Mudah

5. Proses penanamannya mudah

Jenis pohon yang satu ini bukanlah jenis yang telah dirugikan, sehingga mudah untuk dipelihara di rumah kamu. Jika kamu berencana untuk menanamnya sendiri, kamu tidak perlu khawatir untuk menyiramnya setiap hari karena pohon ini dapat bertahan hidup di iklim kering.

Syarat terpenting agar pohon tumbuh subur dan berbunga dalam waktu singkat adalah sinar matahari yang cukup. Meski proses penanaman dan perawatannya sederhana, bukan berarti harus dibiarkan begitu saja. Apalagi pohon ini sangat cepat tumbuh, sehingga rawan merusak lingkungan di sekitarnya.

6. Sebagian bunganya bisa digunakan untuk pemupukan

Bagian bunga dari tanaman tabebuya dapat diubah menjadi pupuk

Meski indah saat mekar, bunga ini justru dimanfaatkan sebagai pupuk. Membuat pupuk menggunakan bunganya sederhana saja jika bunganya diturunkan ke tanah kemudian diambil.

Setelah itu, diamkan agar bunga tabebuya beristirahat selama beberapa hari sebelum mulai membusuk. Bunga tabebuya yang sudah busuk akan menjadi pupuk. Pupuk bunga tabebuya digunakan untuk memberi makan tanaman dan kebun.

Ini adalah enam fakta unik tentang pohon tabebuya dan cara terbaik untuk menanamnya. Pada paragraf sebelumnya jelas bahwa bunga dari pohon yang seperti bunga sakura ini berasal dari tempat yang berbeda, dan jenisnya juga berbeda. Tapi, mereka tetap cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.