Berikut 6 Cara Agar Tanaman Tidak Dimakan Tikus, Ternyata Mudah!

Berikut 6 Cara Agar Tanaman Tidak Dimakan Tikus, Ternyata Mudah!

Karena mereka adalah hewan pengerat, tikus dapat ditemukan di mana-mana. Padahal, tikus dianggap sebagai masalah utama bagi tanaman padi karena sulit dibasmi dan dapat berkembang biak dengan cepat. Petugas Penyuluhan Pertanian Lapang Kota Langsa, Langsa Timur, Aceh, Isma Francisca mengatakan, setiap tahun seekor tikus dapat berkembang biak sebanyak 1.270 ekor. Dengan demikian, dalam setahun, populasi tikus dapat meningkat dengan sangat cepat.

“Tikus-tikus ini merugikan tanaman padi baik secara langsung maupun tidak langsung. Tikus-tikus tersebut langsung memakan tanaman padi pada saat mulai berbuah. Namun secara tidak langsung, mereka merusak batang padi untuk menajamkan gigi” kata pakar tersebut.

Jika tikus menunjukkan perilaku ini, mereka dapat mengurangi produksi beras secara drastis. Pada fase vegetatif, tikus mampu merusak 11-176 batang setiap malam, dan pada bunting dapat merusak 24-246 batang setiap malam. “Jika masalah ini tidak diatasi, masalah ini akan terus terjadi. Seiring dengan peningkatan jumlah tikus yang pesat, hal ini juga dapat berdampak pada hasil panen.

Cara Agar Tanaman Tidak Tidak Dimakan Tikus

1. Makanan untuk burung dan hewan peliharaan lainnya dengan cara yang aman

Tikus diketahui pergi ke kebun untuk mencari makanan. Jika kamu memberi makan hewan peliharaan kamu atau biji-bijian burung atau makanan hewan peliharaan yang tertinggal di kebun bisa memancing tikus.

Pastikan untuk memastikan bahwa setiap makanan burung dan makanan hewan peliharaan disimpan dengan aman dalam wadah tertutup.

2. Blokir akses ke gazebo, teras, gudang atau bangunan lain untuk taman

Setiap ruang di mana tikus bisa membangun sarang dan masuk kemungkinan besar akan mengusir hama agar tidak kembali.

Pastikan tidak ada ruang untuk masuk ke gazebo, teras, gudang, atau bangunan lain di dalam halaman. Pastikan untuk tidak menumpahkan makanan yang kamu makan di luar saat cuaca panas.

Isi setiap lubang yang ada di dinding, lantai atau pintu di gudang taman dan struktur lainnya. Menempatkan pelat logam di pintu gudang dapat membantu.

3. Menjaga taman tetap rapi dan bersih

Menjaga taman kamu dan area lain seperti teras kamu rapi dan rapi akan menjauhkan tikus.

Karena hewan pengerat diketahui mencari perlindungan atau perlindungan, memastikan rumput tidak terlalu panjang dan bebas dari area yang berantakan dapat membuat taman kamu kurang menarik bagi hewan pengerat.

Waspadai area yang ditumbuhi vegetasi, terutama yang dekat dengan pagar atau bangunan.

4. Amankan wadah kompos

Jika kamu sendiri adalah pengguna kompos biasa, pastikan kamu memiliki tutup yang aman dan terkunci yang tidak menjadi sasaran tikus.

Jika tikus diizinkan masuk ke proses pengomposan, itu akan memberi mereka banyak makanan untuk dilalui, dan tikus akan dapat menemukan tempat berlindung. Menghubungkan kawat ayam di bagian bawah tempat sampah dapat membantu mengusir tikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.