Berikut 5 Tips Bisnis Ikan Mas Kiloan Yang Harus Kamu Tahu!

Berikut 5 Tips Bisnis Ikan Mas Kiloan Yang Harus Kamu Tahu!

Jika kamu ingin memulai bisnis kamu sendiri, budidaya ikan mas adalah pilihan. Ini menghasilkan komoditas yang sangat dicari.

Ini adalah ide yang baik untuk memulai dengan dasar-dasar budidaya ikan mas untuk memaksimalkan peluang kamu menghasilkan keuntungan.

Permintaan pasar ikan gurame dapat dibedakan menjadi dua, yaitu permintaan ikan gurame sebagai ikan konsumsi (ikan abu-abu dan jingga) dan permintaan ikan hias (ikan mas dengan pola yang berbeda atau campuran).

Ini adalah langkah termudah untuk memulai budidaya ikan mas untuk pemula.

1. Persiapan Kolam

Ada tiga jenis kolam yang bisa dipelihara ikan mas: terpal, semen, dan tanah. Kolam terpal adalah yang paling mudah dibangun, karena kamu tidak perlu menggali tanah atau membuat kolam dengan semen.

kamu bisa membuat rangka kolam dari kawat besi kemudian menutupinya dengan terpal. Kolam terpal dapat menampung ikan mas, dan biasanya berukuran 7x10m dengan kedalaman 120 cm. Kolam terpal harganya lebih murah daripada jenis lainnya.

Bersihkan terpal sebelum memasukkan ikan ke dalam kolam. Untuk mempercepat pertumbuhan plankton, kamu bisa menggosok daunnya.

Pertama, bersihkan kolam dari parasit. Ini dilakukan untuk kolam semen dan tanah. Kemudian, jemur kolam di bawah sinar matahari setidaknya selama satu hari. Untuk kolam tanah akan memakan waktu 5-7 hari.

kamu dapat menambahkan plankton ke kolam kamu dengan menanamnya dalam pupuk organik. Pupuk dapat diberikan dalam jumlah antara 1 hingga 2 ton per ha.

Setelah pemupukan dilakukan, isi kolam sampai ketinggian maksimum 15 cm. Setelah air berubah menjadi hijau, yang berarti plankton dan alga telah tumbuh, kamu dapat mengisi kolam hingga ketinggian maksimum 120 cm.

Suhu ideal untuk kolam harus antara 25-30 derajat Celcius. Untuk memaksimalkan pertumbuhannya, kolam harus memiliki oksigen yang cukup.

2. Menabur benih

kamu bisa menggunakan benih ikan unggul untuk mengurangi kemungkinan gagal.

Peternak unggul dan bersertifikat menghasilkan benih ikan unggul yang memiliki kulit halus, gerakan lincah, dan tahan terhadap jamur, jamur, dan parasit lainnya.

Penebarannya semudah menyesuaikan jumlah benih dengan ukuran dan jenis kolam ikan. Untuk Konsumsi Ikan Mas, kamu perlu menabur 20 ekor/meter.

REKOMENDASI:  Ternyata Mudah! Berikut 6 Tips Bisnis Kopi Bubuk

3. Pemeliharaan dan Pemberian Makan

Setelah benih menetas, saatnya untuk memberi mereka makan dan mengikuti langkah pemeliharaan lainnyaKamu harus memberi pakan pelet dengan kandungan protein antara 30% dan 35%, dan dedak jagung untuk ikan dengan volume sekitar 3-4% dari berat ikan. Pastikan pakan ikan memenuhi semua kebutuhan nutrisi dan mineral.

kamu juga dapat memberi makan pakan ikan kamu dengan prebiotik dan pakan fermentasi dengan bantuan mikobakteri lokal (MOL). Ini umumnya dikenal di toko-toko pertanian di bawah perikanan EM-4. Proses pembusukan dapat menyebabkan penyakit dan menurunkan kadar oksigen.

Pencegahan penyakit adalah langkah pemeliharaan penting lainnya. Paparan penyakit dan hama bisa menjadi masalah, sama seperti bisnis pertanian lainnya. Kendala tersebut dapat menyebabkan gagal panen pada ikan mas akibat menurunnya produktivitas.

Penanam ikan mas harus belajar bagaimana meminimalkan kemungkinan ikan mereka digigit hama atau penyakit. Penting untuk menjaga kebersihan kolam ikan. Penting untuk memeriksa kesehatan ikan mas kamu sesekali. Ini akan memastikan kesehatan ikan mas tetap terjaga, dan tidak akan ada gagal panen.

4. Pemuliaan

Pada usia lebih dari satu tahun, ikan mas dapat menjadi matang gonad dan siap kawin. Meskipun mereka dapat kawin sepanjang tahun, mereka kemungkinan besar kawin di musim hujan.

Pemeliharaan induk ikan mas harus dilakukan secara terpisah

Setelah kamu memilih indukan, sekarang saatnya untuk memisahkan jantan dan betina. Tempatkan indukan ikan mas di kolam dengan kedalaman 60-80 cm dan memiliki sumber air sejajar. Ini memungkinkan kamu untuk mencegah ikan mas kawin secara tidak sengaja.

Pastikan untuk memperhatikan ikan mas yang siap dipijahkan

Pemijahan adalah proses pembiakan ikan mas baru untuk menghasilkan benih baru. Sebelum kita membahas cara budidaya ikan mas, penting untuk memahami ciri-ciri ikan yang bisa dikembangbiakkan.

Ikan mas yang siap berhubungan seks dengan pasangan betina memiliki gerakan yang lebih lambat dan lebih suka melompat di malam hari. Selain itu, kondisi perut lebih buncit. Perut ikan mas betina tampak lebih buncit jika kamu memejamkan mata.

Ikan mas jantan lebih lincah saat siap bertelur dari biasanya. Sperma putih bisa dikeluarkan dengan memijat lubang genital. Ciri ini bisa dilihat agar ikan mas jantan dan betina bisa dipindahkan ke satu kolam.

REKOMENDASI:  5 Tips Sukses Memulai Bisnis Startup Yang Harus Kamu Tahu

Ada dua pilihan untuk pemijahan: buatan atau alami. Ikan mas alami dapat dibudidayakan dengan mencampurkan ikan mas jantan dan betina dalam satu kolam.

Pemijahan buatan dicapai dengan membiakkan ikan mas menggunakan hormon, suntikan hipofisis dan fertilisasi in vitro. Pemijahan buatan (juga dikenal sebagai induced breeding) digunakan untuk menjaga kualitas ikan dan menghasilkan sejumlah besar benih yang berkelanjutan. Ikan kemudian dapat dibuahi secara buatan atau alami.

Menanam Benih Ikan Mas di Pembibitan

Penanam ikan gurame harus terampil dalam pembibitan, yaitu proses menanam benihKamu perlu mengangkut ikan mas dengan panjang antara 10 dan 12 cm dengan berat antara 80 dan 100 gram ke dalam kolam yang memiliki air mengalir. Kolam sedang juga dapat mencakup dinding, terpal dan sawah serta jaring apung atau keramba.

Proses ini memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Petani memiliki berbagai pilihan metode pembibitan, termasuk tumpangsari, air deras dan air tenang. Penting untuk memantau kesehatan ikan mas di pembibitan sehingga risiko gagal panen dapat diminimalkan.

5. Panen

Ikan mas harus dipanen pada 300-400g per ekor. Ini biasanya dilakukan pada usia 6-8 bulan. Pertama, tentukan ukuran pasar ikan yang ingin kamu jual. Kuras air kolam melalui pipa. Ikan-ikan tersebut kemudian ditangkap dengan jaring dan dibawa ke tempat penampungan.

Di setiap daerah, harga jual per kg ikan mas yang dibeli dari peternak langsung bisa bervariasi mulai dari Rp . 23000 sampai 40.000 40 ribu. Harga jual ikan mas hias ditetapkan per ekor. Harganya bisa bervariasi tapi bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Budidaya ikan gurame dapat menjadi peluang bisnis yang menggiurkan karena harga jualnya yang tinggi dan permintaan yang tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Saat ini, sebagian besar pasokan ikan ke pasar luar negeri berasal dari China dan Jepang. Ketersediaan pangan alami di Indonesia lebih besar dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, budidaya ikan mas di Indonesia seharusnya tidak sulit.

Potensi budidaya ikan mas di pasar luar negeri masih terbuka, asalkan Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara pengekspor ikan mas. Apakah kamu tertarik dengan usaha ini?