Berikut 5 Penyakit yang Biasa Ada Pada Tanaman Terong

Berikut 5 Penyakit yang Biasa Ada Pada Tanaman Terong

Seperti semua tanaman juga, terong juga berpotensi terkena berbagai penyakit. Ada banyak penyakit yang dapat dicegah dan diobati, namun ada juga kondisi yang tidak dapat dicegah atau diobati, dan kamu harus menggantinya dengan tanaman. Berikut beberapa penyakit yang menyerang terong dan cara pencegahannya.

1. Buah Busuk

Penyakit busuk buah dapat disebabkan oleh cendawan yang dikenal dengan nama phytophtora SP. Gejala yang paling umum dari kondisi ini adalah buah akan menunjukkan bintik-bintik coklat kehitaman. Bintik-bintik ini akan semakin besar seiring waktu, dan buahnya akan menjadi busuk. Cara menghindari penyakit pada buah adalah dengan menyemprotkan cairan berupa cairan fungisida atau dengan mengeluarkan terong yang terserang.

REKOMENDASI:  Jenis-Jenis Tanaman Syngonium Yang Harus Kamu Tahu

2. Bintik Daun

Seperti halnya busuk buah, bercak daun disebabkan oleh jamur, tetapi jenis jamurnya berbeda. Bintik-bintik daun biasanya menyerang daun, dan menyebabkan munculnya bintik-bintik coklat pada permukaan daun yang terkena. Jamur tersebut dapat menyebabkan daun menjadi kering, kemudian layu dan akhirnya berguguran. Penyakit ini dapat dihindari dengan memilih benih yang unggul sebelum membudidayakannya.

3. Tepung

Jika kamu melihat bintik-bintik putih pada tanaman terong kamu, ini berarti tanaman kamu terinfeksi oleh jamur yang berbentuk tepung. Jamur yang menyebabkan embun tepung biasanya menyerang daun dan bagian bawah tanaman. Pada daunnya, kamu akan menemukan bubuk putih yang mengingatkan pada tepung, yang akan berubah menjadi kuning dan merusak tanaman terong. Dimungkinkan untuk memperbaiki masalah ini dengan menyemprotkan insektisida.

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman Air Hias yang Indah Untuk Rumah Kamu

4. Antraknosa

Gloesporium Melongena merupakan salah satu jenis jamur penyebab penyakit antraknosa pada daun tanaman terong. Ciri khasnya adalah permukaan daun berubah warna dan daun mulai menggulung. Mirip dengan penyakit terkait terong lainnya, jamur ini dapat dicegah dengan fungisida, tetapi juga dihilangkan dari daun yang terkena.

5. Rebai Semai

Berlawanan dengan penyakit tanaman terong, tanaman kecambah diserang oleh terong saat diperbanyak. Penyakit tersebut menyebabkan benih menguning, dan akhirnya berhenti tumbuh, sehingga sulit untuk menanam benih nantinya. Cara terbaik untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman berkualitas tinggi, penyemprotan dengan fungisida atau menjaga kebersihan lingkungan di sekitar benih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.