Berikut 5 Morfologi Dari Tanaman Wortel yang Perlu kamu Tahu!

Berikut 5 Morfologi Dari Tanaman Wortel yang Perlu kamu Tahu!

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat di seluruh dunia, bahkan di Indonesia. Setiap kali kamu pergi ke pasar sayur atau bagian sayur di mal, kamu akan melihat wortel. Karena mereka sangat terkenal, mereka juga tersedia, yang berarti mudah untuk membeli wortel yang kamu inginkan. Ada banyak jenis wortel, tetapi sebagian besar yang bisa kamu beli berwarna oranye.

Sayuran wortel mudah diubah menjadi berbagai makanan yang menarik selera kamu. Selain itu, banyak yang mengonsumsinya dalam keadaan mentah karena rasanya yang segar dan manis. Wortel juga dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, sehingga banyak orang berlomba-lomba memakan buahnya.

Morfologi Tanaman Wortel

1. Umbi

Umbi dapat digambarkan sebagai akar wortel yang tumbuh karena digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Mereka biasanya memiliki rona kemerahan atau oranye cerah karena mengandung pewarna karoten-A yang tinggi. Banyak vitamin dan mineral yang terdapat dalam umbi ini, seperti vitamin B, C, serta segudang mineral lainnya.

2. Bunga

Wortel menumbuhkan bunga di tempat yang sama persis dengan daun. Ada dua jenis bunga berbentuk payung ganda yang berwarna putih atau merah muda pucat. Bunganya dibudidayakan langsung dari tangkai yang besar namun tipis. Bunga tersebut kemudian diserbuki untuk menghasilkan biji dan buah yang berbulu dan kecil.

3. Akar

Akar berserat, juga dikenal sebagai akar dan akar tunggang adalah dua varietas akar yang dimiliki wortel. Bagian akar yang bisa kamu makan sering disebut sebagai umbi. Saat tumbuh, akar tunggang berubah menjadi umbi untuk dijadikan sebagai cara untuk menghemat bahan makanan. Ukuran akarnya bisa setinggi 6 sentimeter dengan diameter dan panjang 30 sentimeter.

4. Batang

Pada kenyataannya tanaman ini memiliki batang namun sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat. Ciri-ciri batang adalah berbentuk bulat dan berdimensi keseluruhan antara 1-1,5 cm. Selain itu, bagian batang ini tidak terlalu berkayu, tetapi agak keras dan berwarna hijau tua. Batangnya kecil tidak bercabang, tetapi dilengkapi dengan tangkai daun yang langsung terlihat seperti cabang.

5. Daun

Wortel memiliki daun yang memiliki bentuk majemuk karena disematkan ganda atau ganda tiga kali lipat. Selain itu, ada selebaran yang memiliki bentuk lanset atau garis serupa. Daunnya dihiasi dengan tangkai berukuran tinggi. Setiap tanaman memiliki antara 5 dan 7 tangkai daun. Tangkainya kuat dan memiliki permukaan yang halus, tebal, dan daun yang lemas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.