Berikut 5 Manfaat Tanaman Wijen Untuk Kesehatan

Berikut 5 Manfaat Tanaman Wijen Untuk Kesehatan

Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum Orientalis L. adalah tanaman semak tahunan. Minyak yang diambil dari bijinya dapat digunakan untuk membuat minyak. Namun bijinya juga baik untuk kesehatan dan tanaman obat. Biji wijen kaya akan nutrisi seperti mangan dan tembaga, besi, triptofan, thiamin, magnesium, seng, juga mengandung serat, protein, vitamin B6 dan fosfor.

1. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah salah satu penyebab utama stroke dan penyakit jantungKamu dapat mencegah hipertensi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium seperti biji wijen.

Biji ini kaya akan potasium dan nutrisi lain yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari biji wijen, kamu perlu makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok.

REKOMENDASI:  Berikut 3 Manfaat Micin Untuk Tanaman di Rumah Kamu

2. Meningkatkan daya tahan

Biji wijen mengandung seng, selenium dan tembaga. Mereka juga memiliki antioksidan dan folat. Tubuh kamu akan kebal terhadap penyakit apa pun jika memiliki sistem kekebalan yang kuat.

3. Menurunkan kolesterol

Serat ditemukan dalam biji wijen serta pitosterol dan lignan, yang merupakan senyawa yang menurunkan kolesterol. Biji wijen juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Ini mengurangi risiko mengembangkan penyakit kardiovaskular.

4. Pencernaan lancar

Biji wijen menyediakan sumber serat yang baik. Pencernaan kamu akan lebih mudah jika kamu mendapatkan cukup serat. Cara yang baik untuk mencegah sembelit adalah makan cukup seratKamu bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, selain biji wijen.

REKOMENDASI:  5 Manfaat Memiliki Tanaman Hias Di Rumah Yang Harus Kamu Tahu

5. Kontrol gula

Biji wijen dikatakan membantu mengontrol kadar gula darah. Biji wijen mengandung karbohidrat kompleks, serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Biji wijen juga rendah glikemik, yang berarti mereka tidak cepat menurunkan gula darah. Pencegahan diabetes dapat dilakukan dengan mengontrol gula darah.

Biji wijen memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk berbagai manfaat kesehatan, tetapi juga untuk fungsi dan kesehatan kelenjar tiroid. Selenium, seng dan antioksidan dalam biji wijen bertanggung jawab untuk ini. Risiko kamu terkena penyakit tiroid dapat dikurangi jika kamu mendapatkan nutrisi yang cukup.

Ini adalah manfaat kesehatan dari biji wijen. Biji wijen dapat dimakan langsung atau dibuat minyak yang memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.