Berikut 5 Manfaat Tanaman Serai Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 5 Manfaat Tanaman Serai Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Serai, juga dikenal sebagai serai, adalah tanaman dengan bentuk yang mirip dengan rumput. Serai merupakan tanaman yang memiliki aroma khas yang mirip dengan lemon atau jeruk nipis. Aroma serai yang lezat adalah mengapa sering digunakan dalam aromaterapi dan minyak esensial.

Serai digunakan dalam banyak cara, termasuk sebagai wewangian. Daun serai digunakan untuk membuat teh herbal. Serai digunakan di Indonesia sebagai bumbu penyedap dan pengharum makanan.

Serai tidak hanya populer karena rasa dan aromanya, tetapi juga karena memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin, potasium, magnesium, dan zat besi hanyalah beberapa nutrisi yang dikandung serai.

1. Digunakan sebagai aromaterapi pengusir nyamuk

Timur Tengah dan India juga menggunakan serai untuk aromaterapi.

Batang serai bisa digiling di Indonesia untuk mengusir nyamuk.

2. Menghentikan kenaikan kolesterol

Daun dan akar serai memiliki sifat antihiperlipidemia dan antihiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai dapat bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah dan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

3. Detoksifikasi

Serai juga dapat membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

Detoksifikasi serai membantu memperlancar fungsi banyak organ tubuh termasuk hati dan ginjal. Teh serai dapat digunakan untuk memperlancar buang air kecil.

4. Mengobati insomnia

Serai memiliki manfaat lain: efektif dalam membantu menenangkan saraf dan otot, yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan waktu tidur.

5. Mengobati ISK, dan kondisi kulit lainnya

Serai merupakan antiseptik yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti kurap, luka dan kudis. Ia juga memiliki sifat anti-mikroba yang dapat menghilangkan jamur dari tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai efektif dalam mengobati infeksi kulit. Jika kamu mengoleskan ekstrak serai secara teratur pada kulit yang bermasalah, jamur patogen akan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.