Berikut 5 Manfaat Tanaman Putri Malu, Bisa Digunakan Untuk Diabetes!

Berikut 5 Manfaat Tanaman Putri Malu, Bisa Digunakan Untuk Diabetes!

Kebanyakan orang belum mengetahui tentang manfaat daun putri malu. Tumbuhan liar ini kini menjadi primadona karena responnya yang unik. Saat disentuh, daun Daughter of Shame bisa menutup dengan cepat atau layu dengan sendirinya.

Tanaman sensitif yang dikenal sebagai Mimosa pudica, juga dikenal sebagai Putri Malu, secara ilmiah dikenal sebagai tanaman sensitif. Sang putri malu menjadi tumbuhan merambat atau abadi selama berabad-abad. Manfaat kesehatan yang luar biasa dan penggunaan obat dari semua bagian putri pemalu tak tertandingi.

Tanaman putri penakut dilengkapi dengan duri sensitif dan berjajar. Tanaman ini merupakan kandidat yang menjanjikan untuk obat herbal. Profil farmakologis dari ramuan putri pemalu akan memungkinkan penyelidikan lebih lanjut. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan gangguan urogenital, wasir, disentri, dan infeksi sinus. Bisa juga dioleskan pada luka.

Masih banyak fakta menarik lainnya yang harus kamu ketahui. Itulah segudang manfaat daun dan bunga putri malu yang merupakan tumbuhan liar yang meningkatkan kejantanan pria.

1. Kurangi risiko terkena komplikasi diabetes

Khasiat Mimosa pudica, atau putri pemalu, dapat membantu mengurangi komplikasi akibat diabetes.

Hal ini disebabkan sebagian aktivitas antioksidan yang ditemukan dalam ekstrak biji putri malu. Antioksidan ini dapat membantu mencegah kerusakan hati yang berhubungan dengan diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asian Journal of Biotechnology, hal ini ditunjukkan pada tikus percobaan.

Penelitian tambahan diperlukan, terutama pada manusia untuk menentukan apakah anak perempuan pemalu benar-benar membantu untuk mencegah komplikasi diabetes.

2. Menurunkan kadar gula darah

Pengobatan alami untuk diabetes yang Daughter of Shame digunakan untuk mengobati disebut “Putri malu”. Karena menurunkan gula darah, inilah mengapa sangat populer.

Pada tahun 2017, sebuah penelitian di Academic Journal of Chemistry menunjukkan bahwa tikus yang sengaja dibuat untuk mengembangkan diabetes memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Setelah tikus yang menderita diabetes diberi ekstrak putri malu dalam konsentrasi tertentu, kadar gula darah turun dalam waktu satu minggu.

Menurut penelitian, kadar gula darah turun karena ekstrak dari senyawa flavonoid putri malu dan alkaloid serta tanin.

3. Meningkatkan sensitivitas insulin

Tubuh juga mungkin lebih sensitif terhadap insulin karena penggunaan Daughter of Shame. Hal ini setidaknya telah dibuktikan dalam percobaan pada hewan.

International Letters of Natural Sciences menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak tanaman putri malu memiliki banyak manfaat untuk tikus diabetes tipe 2.

Setelah diberi makan 500 mg/kgBB makanan tinggi fruktosa selama beberapa minggu, tikus mengalami peningkatan sensitivitas insulin.

Ekstrak putri malu dapat digunakan untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi validitas pernyataan ini.

4. Menurunkan berat badan

Kemampuan anak perempuan pemalu untuk menurunkan berat badan adalah manfaat lain yang dapat membantu mereka yang menderita diabetes.

Ini ditunjukkan dalam percobaan pada tikus di International Letters of Natural Sciences.

Penderita diabetes harus memperhatikan berat badan idealnya.

Obesitas dan kelebihan berat badan dapat menyebabkan komplikasi lain yang terkait dengan diabetes.

5. Mengobati luka diabetes

Telah lama dipraktekkan untuk menggunakan bagian dari tanaman putri malu sebagai obat luka diabetes.

Asumsi ini didukung oleh beberapa penelitian, termasuk yang disebutkan dalam Advanced Materials Research.

Ekstrak akar dari tanaman Mimosa pudica terbukti efektif dalam mengobati luka diabetes pada tikus.

Aplikasi oral dan topikal dari ekstrak akar menunjukkan hasil yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.