Berikut 5 Manfaat Tanaman Mangrove Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 5 Manfaat Tanaman Mangrove Yang Harus Kamu Tahu

Tumbuhan mangrove merupakan bagian dari ekosistem yang tumbuh subur di muara sungai atau di sepanjang pantai. Sebagai daerah tropis, Indonesia merupakan habitat ideal bagi mangrove yang tumbuh subur.

Hutan bakau atau disebut juga hutan bakau adalah sekelompok tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh di lahan yang berkadar garam tinggi, atau air payau seperti di daerah pesisir, rawa-rawa, atau tepi sungai. Situs ini dapat diakses dari Museum Sejarah Alam Amerika, ada lebih dari delapan puluh spesies yang merupakan bagian dari kategori tanaman bakau.

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia adalah rumah bagi hutan yang sangat luas yang terdiri dari berbagai macam. Salah satunya adalah hutan mangrove.

Untuk hidup, bakau dari spesies tertentu dapat menghilangkan hingga 90% garam dari akarnya. Beberapa spesies juga melepaskan garam melalui kelenjar yang terletak di daun dan kulit pohon.

REKOMENDASI:  6 Cara Merawat Tanaman Monstera Agar Tumbuh Subur dan Indah

1. Mangrove menjaga pantai

Seperti disebutkan sebelumnya, hutan mangrove menjaga pantai dari erosi dan intrusi air laut ke garis pantai.

Hutan mangrove yang berkembang di sepanjang pantai melindungi dataran dari gelombang yang kuat sehingga gelombang tidak langsung menghantam dataran.

2. Hutan mangrove berubah menjadi katalis tanah yang berasal dari air laut

Tanah dapat memasuki air laut tanpa batas waktu karena bagian tanah ini bersentuhan langsung dengan air laut.

Untuk menghentikan situasi seperti itu, pohon Mangrove sangat penting untuk menjaga tanah di sekitar lautan. Ketika hutan mangrove berada di tempatnya, akan berubah menjadi lebih lebat.

3. Mangrove sebagai rantai makanan penting

Manfaat utama mangrove adalah sebagai bagian dari rantai makanan, khususnya sebagai produsen.

Tumbuhan mangrove disukai oleh kepiting dan ikan-ikan kecil. Beberapa ikan dapat hidup dengan memakan daun tanaman bakau.

REKOMENDASI:  Tanaman

4. Mangrove membersihkan air

Hutan bakau di sepanjang garis pantai akan memastikan bahwa airnya lebih jernih daripada air di pantai tanpa bakau.

Oleh karena itu, keberadaan pohon bakau di pantai didukung, salah satunya untuk menjaga kebersihan air di pantai.

5. Mangrove dapat memberikan dampak ekonomi yang luas

Seperti banyak spesies lain, hutan bakau dapat dimanfaatkan untuk manusia, misalnya, diubah menjadi kerajinan yang berbeda.

Oleh karena itu, keberadaan hutan mangrove menjadi penting dalam mendongkrak kinerja ekonomi masyarakat sekitar garis pantai.

Mengingat banyak manfaat yang ditawarkan hutan bakau bagi ekosistem, manusia, dan bahkan hewan, bakau harus dijaga agar tetap dalam kondisi baik dan pertumbuhannya harus ditingkatkan.

Ketika mangrove menjadi rusak, ada banyak kerusakan di sekitarnya, hewan dan manusia. Misalnya, ikan-ikan kecil tergusur dari habitat dan sumber makanannya, pantai tidak terlindung dari goresan, dan orang-orang yang tinggal di dalamnya kehilangan sumber yang paling berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.