Berikut 5 Manfaat Tanaman Lantana Untuk Sendi Dan Tulang

Berikut 5 Manfaat Tanaman Lantana Untuk Sendi Dan Tulang

Apakah kamu pernah menjumpai tanaman tembelekan sebelumnya? Jenis tembelekan (Lantana camara) juga dikenal dengan nama lain yang mungkin sudah kamu kenal, seperti lantana bunga satek, saliraya mainco, teterapan saliyere, tembelek, atau cente.

Pohon tembelekan termasuk dalam famili tumbuhan Verbenaceae. Merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Amerika tropis. Bunga tembelekan tersusun berkelompok dan tersedia dalam berbagai warna antara lain merah, putih, kuning dan jingga. dan merah muda.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Lantana

Tanaman ini memiliki berbagai bahan penting, dan daunnya merupakan sumber yang kaya akan lantadene B dan A, dan minyak (humulene) dan asam lantic, pymene dan terpidenem caryophyllene. pinene bersama dengan asam lantonal. Akar dan bunga bersifat hemostatik. Akar juga memiliki sifat analgesik, antitoksik, serta antipiretik.

REKOMENDASI:  Inilah 6 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Kamu

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat tanaman tembelekan untuk kesehatan:

1. Pengobatan masalah sendi dan tulang

Tembelekan mampu menyembuhkan nyeri dan pegal-pegal akibat rematik dan nyeri punggung bawah, cedera otot, dan ketegangan otot. Selain itu, tanaman tembelekan dapat digunakan untuk mengobati luka, bengkak dan memar. Caranya dengan meremukkan daun, lalu menempelkannya pada bagian tubuh yang bengkak, luka dan memar.

2. Perawatan berbagai kondisi kulit

Khasiat yang berasal dari tanaman tembelekan untuk kecantikan kulit adalah kemampuannya dalam mengobati kulit dari peradangan, jamur kulit dan eksim. Rebus daun tembelekan dan sambiloto serta daun ketapang cina. Manfaatkan air yang telah direbus untuk membersihkan area tubuh kamu yang rentan terhadap jamur kulit, peradangan, atau eksim.

3. Mengobati masalah pada sistem pencernaan

Konsumsi tujuh gram bubuk bunga tembelekan dengan segelas air panas dapat meredakan perut dan diare.

REKOMENDASI:  6 Manfaat Tanaman Kentang yang Harus Kamu Ketahui!

4. Meningkatkan nafsu makan

Salah satu manfaat daun tembelekan adalah dapat membantu jika anda merasa kurang nafsu makan, anda dapat meminum air rebusan dari kulit batang pohon tembelekan. pohon tembelekan untuk menambah nafsu makan.

5. Banyak keuntungan lainnya

Tanaman tembelekan dapat digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan seperti asma pada anak, batuk dan batuk yang disertai dahak dan TBC paru. Penyengatnya juga dipercaya mampu mengobati keputihan dan sering buang air kecil akibat kencing nanah. Sakit kepala, sakit gigi, dan pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa diobati dengan sengatan tanaman ini.

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan melalui tanaman tembelekan ini. Terlepas dari banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa kamu harus menghindari makan tanaman ini dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan mual dan pusing. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.