Berikut 5 Manfaat Tanaman Lada Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 5 Manfaat Tanaman Lada Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Bumbu lada adalah makanan yang wajib ada di dapur kamu. Ini bukan hanya bumbu yang bagus untuk memasak, tetapi juga hal yang baik untuk kesehatan kamu.

Sejak dahulu kala, lada telah menjadi rempah-rempah yang populer di Indonesia. Lada merupakan salah satu rempah yang paling banyak dicari di Indonesia.

Lada, juga dikenal sebagai lada, memiliki aroma dan rasa yang khas. Lada paling sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Lada digunakan secara luas dalam pengobatan herbal. Lada yang menjadi bahan utama dalam buku Tanaman Obat dan Manfaatnya 2 (diterbitkan oleh Pepper Books), mengandung minyak atsiri, saponin dan flavonoid, pati, cavicin dan resin.

Menurut buku berjudul Healthy & Natural Beauty Blessing – Manfaat Bumbu Dapur, lada mengandung vitamin C, kalsium dan zat besi, serta potasium, magnesium, mangan, dan tembaga.

REKOMENDASI:  11 Tanaman Hias Keladi Cantik Yang Mudah Dikoleksi Dirumah

Lada memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

1. Meredakan hidung tersumbat

Karena lada mengandung dekongestan alami, manfaatnya terkenal untuk meredakan hidung tersumbat. Dekongestan ini membantu membersihkan saluran udara kamu dari kelebihan lendir, sehingga kamu bisa bernapas lagi.

Untuk manfaat ini, kamu bisa menambahkan lada ke sup panas seperti sup ayam.

2. Mencegah kerusakan sel

Kandungan antioksidan yang tinggi pada lada berperan penting dalam memerangi radikal bebas penyebab kerusakan sel. Paparan radikal bebas dapat meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, penuaan dini, dan penyakit jantung.

3. Menghentikan pertumbuhan bakteri

Lada adalah antibakteri alami. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antibakteri lada dapat menghambat pertumbuhan patogen seperti Listeria, Salmonella dan E. coli.

Lada dapat digunakan untuk mengawetkan makanan dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan bakteri.

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa co2 Yang Harus Kamu Tahu

4. Mengobati dan mencegah masalah pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan piperin lada dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, mendukung produksi dan pemeliharaan enzim pencernaan, mengobati dan mencegah diare, bahkan membantu mengobatinya.

Lada juga dapat digunakan sebagai prebiotik. Ini mengandung zat yang mengendurkan otot-otot dinding saluran pencernaan, yang membuatnya berguna untuk mengobati perut kembung dan sakit perut.

Manfaat lada telah terbukti dapat mencegah gangguan lambung. Karena lada merupakan zat anti inflamasi, antibakteri dan antibakteri yang ampuh yang menghambat pertumbuhan bakteri H. Pylori yang menyebabkan sakit maag,

5. Meredakan rasa sakit

Lada mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi, seperti yang sudah kami jelaskan. Penelitian juga menunjukkan manfaat lada sebagai pereda nyeri alami.

Zat ini menjadikan lada pilihan yang baik untuk menghilangkan rasa sakit dan pengobatan peradangan, termasuk radang sendi (osteoarthritis), sakit gigi, dan sakit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.