Berikut 5 Manfaat Tanaman Kencur Untuk Tubuh Agar Tetap Sehat

Berikut 5 Manfaat Tanaman Kencur Untuk Tubuh Agar Tetap Sehat

Khasiat kencur telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu pengobatan kuno yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tumbuhan herba yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau obat herbal ini juga dipercaya memiliki manfaat yang sebanding dengan pengobatan modern.

Kencur adalah sejenis bumbu dapur yang hadir dengan cita rasa segar dan khas yang khas. Selain sebagai penambah rasa dalam masakan sekaligus penambah rasa, manfaat kencur sudah lama dikenal sebagai obat alami.

Kencur dengan sebutan latin Kaempferia galanga L masih dalam kategori yang sama yang mencakup jahe dan Zingiberaceae. Jadi, jangan heran ketika melihat orang salah mengira keduanya karena bentuknya yang sangat mirip. Namun, kencur bisa memberikan manfaat yang berbeda pada jahe untuk meningkatkan kesehatan kamu. Pelajari lebih lanjut tentang berbagai manfaat kencur bagi tubuh. Ayo!

1. Pencegahan kanker

Kanker adalah proliferasi sel abnormal yang tidak terkendali yang disebabkan oleh mutasi genetik atau mutasi pada gen. Jika tidak ditangani sejak dini, kanker dapat menyebar ke jaringan lain di dalam tubuh, dan kemudian menjadi sulit untuk ditangani (bermetastasis).

REKOMENDASI:  Inilah 6 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Kamu

Berbagai penelitian menunjukkan adanya senyawa dalam kencur yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, sangat bermanfaat untuk dikonsumsi dalam rangka melawan kanker.

2. Pengobatan batuk

Ramuan tradisional kencur, bersama dengan garam telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk batuk berdahak.

Mengkonsumsi minuman ini dipercaya dapat memperlancar pernapasan dan meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Selain sebagai obat batuk diketahui juga bahwa ramuan dalam dunia herbal ini biasa dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum tampil guna menjaga kesehatan pita suara dan membuat tenggorokan terasa kurang tegang dan lebih nyaman. Namun, tidak ada penelitian yang membuktikan hal ini.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah suatu kondisi di mana tekanan darah meningkat hingga 140/90 mmHg dan lebih tinggi. Kondisi ini menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh. meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit tertentu seperti penyakit jantung, stroke serta cedera ginjal.

Kencur digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati hipertensi selama bertahun-tahun. Sejumlah penelitian mendukung temuan tersebut karena kencur merupakan sumber potasium, antioksidan, serta senyawa yang bersifat diuretik.

Kandungan kencur dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, dan menjaganya tetap terkendali. Kencur juga merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Manfaat Tanaman Buah Naga Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

4. Menghilangkan stres

Para peneliti di Departemen Farmasi Jahangirnagar University Bangladesh telah berhasil menemukan manfaat dari Kencur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar maupun daunnya, mengandung sifat antidepresan pada sistem saraf pusat, yang dapat memberikan efek sedatif atau relaksasi.

Hasil studi penelitian tersebut memperkuat keunggulan kencur sebagai obat penenang yang efektif. Inilah sebabnya mengapa banyak pengguna menggunakan kencur sebagai pengobatan untuk mengurangi efek kecemasan, stres, depresi, dan kecemasan.

Namun, penelitian ini membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kencur bagi kesehatan manusia secara keseluruhan.

5. Membasmi bakteri penyebab penyakit

Ekstrak kencur dipercaya sebagai sumber minyak atsiri yang berperan sebagai antibakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa komponen antibakteri kencur mampu menghilangkan kuman pada gigi, kulit dan gusi, serta saluran pernapasan. Khasiat kencur juga diduga menghancurkan bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TBC.

Namun hingga saat ini penelitian tersebut baru dilakukan pada penelitian di laboratorium. Oleh karena itu, khasiat dan keamanan penggunaan kencur sebagai pengobatan untuk mengobati infeksi perlu diteliti lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.