Berikut 5 Manfaat Tanaman Kelor Yang Harus Kamu Tahu!

Berikut 5 Manfaat Tanaman Kelor Yang Harus Kamu Tahu!

Kelor adalah tanaman asli India Utara, dan pertama kali didokumentasikan pada tahun 2000 SM sebagai ramuan untuk penyembuhan. Kelor sering disebut dengan nama “Pohon Ajaib” karena memiliki khasiat obat. Tanaman kelor tumbuh di seluruh India di Cina, Asia Tenggara dan Filipina. Itu juga menyebar ke Mesir, Afrika, sekitar Mediterania dan Amerika. Artikel ini akan menginformasikan manfaat tanaman kelor untuk meningkatkan kesehatan kamu.

Pohon kelor dapat ditemukan di seluruh daerah tropis dan subtropis semi-kering. Orang Mesir Kuno percaya bahwa minyak kelor sebagai minyak yang sangat berharga karena mereka menggunakannya untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh iklim gurun yang keras.

Diyakini bahwa orang Yunani juga telah membawa pohon kelor ke Roma untuk digunakan sebagai tanaman obat dan pada tahun 1817 di Jamaika permohonan minyak kelor diajukan yang mengklaim bahwa minyak kelor dapat digunakan dalam masakan dan salad.

Selain itu ada praktek medis Ayurveda, tanaman ini sangat bermanfaat untuk pengobatan yang berbeda karena sifat anti-jamur, antivirus, antioksidan dan anti-inflamasi. Untuk informasi lebih lanjut berikut adalah beberapa manfaat tanaman kelor untuk meningkatkan kesehatan kamu.

Manfaat Tanaman Kelor

1. Mengatasi peradangan

Peradangan adalah reaksi alami terhadap cedera atau infeksi. Namun, mengonsumsi daun kelor dapat dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat peradangan. Ekstrak dari daun kelor dipercaya memiliki senyawa yang mengurangi peradangan.

2. Pantau tekanan darah

Daun kelor sarat dengan potasium serta antioksidan. Karena kandungan tersebut maka tumbuhan tersebut dipercaya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, dan juga menstabilkannya agar terhindar dari hipertensi.

3. Menjaga kesehatan otak dan menjaganya tetap berfungsi

Kandungan antioksidan pada daun kelor juga dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Studi tertentu menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang cukup dapat menurunkan risiko menderita penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Daun kelor dipercaya bermanfaat dalam membantu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Ekstrak daun kelor dan kulit batang telah terbukti efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker pankreas, payudara, dan usus besar. Khasiat daun kelor dipercaya berasal dari antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Meningkatkan daya tahan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai macam kuman, seperti Salmonella Typhi penyebab penyakit tifus, Escherichia coli penyebab diare dan Staphylococcus Aureus penyebab infeksi kulit.

Daun kelor juga dipercaya dapat melawan virus, khususnya Herpes Simplex Virus (HSV).

Selain banyak manfaat yang disebutkan di atas, daun kelor juga dianggap baik untuk menurunkan kadar kolesterol, memerangi disfungsi ereksi, memperkuat fungsi rahim, membantu memerangi masalah lambung dan mencegah terulangnya masalah terkait asma dan menjaga kesehatan mata kamu. .

Banyaknya manfaat daun kelor masih harus diteliti lebih lanjut terkait khasiatnya pada manusia. Oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun kelor untuk pengobatan penyakit tertentu.

Penting juga untuk diketahui bahwa sampai saat ini daun kelor belum dipastikan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, daun kelor tidak boleh dikonsumsi saat kamu sedang mengonsumsi obat-obatan khusus untuk kamu, karena potensi interaksi antar obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.