Berikut 5 Manfaat Tanaman Genjer Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 5 Manfaat Tanaman Genjer Yang Harus Kamu Tahu

Banyak dari kamu pernah mendengar tentang sayuran yang dikenal sebagai Genjer. Sebenarnya genjer merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, sayuran genjer dapat diperoleh di sawah atau rawa. Di bawah ini adalah manfaat atau khasiat genjer selain untuk mengatur tekanan darah yang harus kamu waspadai!

1. Memerangi radikal bebas

Manfaat Genjer adalah membantu menangkal radikal bebas. Manfaat ini didapat dari kandungan karoten dalam genjer yang berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh manusia dari radikal bebas.

Kerusakan sel-sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

REKOMENDASI:  5 Tanaman Sukulen yang Indah Untuk Rumah dan Kamar

2. Meningkatkan produksi kolagen

Vitamin C dalam daun genjer juga dapat merangsang pembentukan kolagen, yang penting dalam membangun dan memperkuat berbagai jaringan ikat, termasuk kulit rambut, kuku, dan sejenisnya.

Karena merangsang produksi kolagen, vitamin C juga mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Dapat menjadi sumber energi

Selain protein, tubuh juga membutuhkan energi dari lemak dan karbohidrat.

Daun genjer mengandung tiga nutrisi penting ini dan merupakan sumber energi yang sangat baik bagi tubuh kamu untuk membantu mendukung tugas sehari-hari kamu.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Khasiat genjer lainnya yang tak kalah pentingnya adalah bagus untuk kesehatan gigi dan tulang. Kalsium di dalamnya dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis serta meredakan nyeri sendi.

5. Pencernaan lancar

Daun genjer memiliki jumlah serat yang cukup, untuk membantu pencernaan kamu menjadi lebih efisien dan mencegah kamu dari sembelit.

REKOMENDASI:  5 Sayuran yang Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

Khasiat genjer yang didapat melalui kandungan seratnya diyakini berpotensi membantu mencegah kanker usus besar.

6. Menjaga fungsi penglihatan

Manfaat lain dari sayur genjer adalah kemampuannya untuk menjaga fungsi penglihatan. Karoten, kandungan karoten dalam daun genjer dapat menjaga sel-sel sehat di dalam mata. Ini berarti bahwa penyakit mata yang berbeda dapat dicegah.

7. Pantau tekanan darah

Kalium dalam genjer dan gendot sayur dapat bermanfaat dalam menjaga tekanan darah tetap terkendali dengan menetralkan kelebihan natrium dalam tubuh.

Tingkat natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang memiliki latar belakang tekanan darah tinggi.

Berdasarkan hal tersebut manfaat sayuran seperti genjer dipercaya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tapi, saat mengolahnya, pastikan untuk menghindari garam dan santan yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.