Berikut 5 Manfaat Tanaman Buah Naga Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut 5 Manfaat Tanaman Buah Naga Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga merupakan salah satu varietas buah yang terletak di daerah tropis di seluruh dunia.

Pertama kali, buah naga ditemukan di Meksiko Selatan dan Amerika Selatan. Baru pada awal abad ke-18, Prancis memperkenalkan buah ini ke Asia Tenggara.

Bagian luar buah naga terlihat seperti memiliki “sisik” besar seperti sisik naga. Warna kulitnya merah dan hijau “sisik” yang membuat penampilannya unik.

Daging buah naga berwarna putih dan ungu. Biji kecil di dalam daging memberikan tekstur yang berbeda saat makan.

Selain dikonsumsi segar, buah naga segar juga diolah menjadi jus, smoothies dan bisa ditambahkan yogurt atau oatmeal.

Manfaat Tanaman Buah Naga

1. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh kamu

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah naga dapat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu dalam memerangi asma dan batuk. Vitamin C juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

REKOMENDASI:  8 Khasiat Tanaman Lidah Mertua yang Harus Kamu Ketahui

2. Pencernaan lancar

Buah naga adalah sumber prebiotik yang dapat meningkatkan bakteri menguntungkan di dalam usus kamu. Menurut jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah serat tumbuhan yang membantu pertumbuhan bakteri sehat di dalam perut kamu. Minum buah naga secara teratur dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena infeksi pada saluran pencernaan, serta diare. Prebiotik meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan dan melawan bakteri jahat.

3. Berkurangnya risiko tertular penyakit

Kandungan antioksidan pada buah naga dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan menetralkan radikal bebas, sehingga melindungi sel dari kerusakan dan peradangan. Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa makan buah naga membantu mencegah penyakit kronis termasuk kanker, penyakit jantung, radang sendi, dan diabetes.

4. Mencegah kanker

Studi oleh Leonie de Munter et al. dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015 mengungkapkan hubungan antara konsumsi vitamin C dan risiko terkena kanker. Manfaat buah naga dalam mencegah kanker adalah karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Studi ini menemukan bahwa 120.852 orang dengan jumlah vitamin C yang berlebihan menunjukkan risiko yang lebih rendah terkena kanker kepala atau leher.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Tanaman Stevia Yang Harus Kamu Tahu

5. Ada manfaat untuk ibu hamil

Buah naga sangat bergizi dan kaya akan karbohidrat yang akan memberikan energi bagi ibu hamil. Konsumsi buah naga aman selama kehamilan karena bermanfaat bagi ibu dan anak. Jumlah asam folat yang ditemukan dalam buah naga terbukti bermanfaat dalam perkembangan neurologi anak. Vitamin C serta serat serta beta-karoten, semuanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil.

Salah satu bahan utama yang berperan dalam hal ini adalah likopen yang merupakan bahan utama buah naga. Bahan antioksidan ini membantu memerangi berbagai masalah jantung serta hipertensi. Ini juga mengurangi kemungkinan terkena kanker. Selain itu, buah naga kaya akan lemak tak jenuh, yang penting untuk perkembangan otak pada janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.