Berikut 5 Manfaat Tanaman Asoka Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut 5 Manfaat Tanaman Asoka Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman asoka merupakan tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Di Indonesia ada dua macam tumbuhan asoka. Ada yang berbatang tinggi bisa mencapai tujuh meter dan ada yang berbatang kecil. Yang terakhir ini menjadi favorit sebagai tanaman hias untuk ditempatkan di taman rumah. Penulis, serta anak-anak biasanya mengambil bunga asoka untuk mencicipi manisnya nektar yang ada di dalamnya. Di Indonesia tumbuhan ini dikenal dengan berbagai nama, seperti Ganda puspa, Ananapriya asogam dan asok, Kankelli, Kenkalimara, dan masih banyak lagi.

1. Merelaksasi dan meredakan ketegangan otot di rahim

Bagi wanita, stres pada area sensitif bisa terjadi karena banyak penyebab. Stres yang berlebihan akan menyebabkan otot rahim menjadi terpengaruh sehingga menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Mengkonsumsi bunga asoka khasiatnya pasti akan melemaskan otot rahim sehingga terbebas dari stres dan membantu kelancaran siklus haid.

REKOMENDASI:  6 Hias Daun Yang Cantik dan Mudah Perawatannya

2. Mengobati diare alias mencret

Terkadang makanan yang kamu konsumsi tidak sesuai dengan makanan yang kamu makan. Pada akhirnya, diare yang juga dikenal sebagai tinja yang encer mungkin menjadi masalah besar yang bisa sangat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Untuk memerangi efek diare berkepanjangan, dianjurkan untuk makan bunga asoka yang telah dimasak dalam air.

3. Kemampuan untuk meningkatkan nafsu makan

Karena nafsu makan seseorang bisa naik turun sesuai mood, kebanyakan orang mencari solusi untuk meningkatkan nafsu makannya. Untuk salah satu pilihan, kamu bisa mencoba bunga Asoka, yang dipercaya dapat merangsang nafsu makan. Nafsu makan yang kuat juga bisa didukung dengan pola makan yang sehat dan porsi yang seimbang.

REKOMENDASI:  Inilah 6 Manfaat Tanaman Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

4. Cepat hentikan pendarahan

Selain melancarkan haid, bunga asoka juga ampuh menghentikan pendarahan dengan cepat. Siapapun yang mengalami pendarahan dari luka luar yang parah dapat memanfaatkan bunga Asoka sebagai alternatif pengobatan alami.

5. Mengatasi Wasir / Ambeien

Wasir merupakan kondisi yang bisa bertambah parah jika tidak segera ditangani. Untuk membuat ramuan herbal mengobati ambeien/wasir, anda bisa menggunakan 2 genggam bunga asoka yang ditumbuk hingga halus dan tambahkan segelas air. Manfaatkan sari sari bunga asoka sebagai ramuan herbal untuk diminum pada pagi dan sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.