Berikut 5 Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Berikut 5 Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Manfaat adas untuk kesehatan sangatlah banyak. Itu tidak hanya mampu mengobati masalah kesehatan ringan dan dapat membantu dalam mengobati masalah kesehatan yang serius.

Adas dikenal dengan sebutan Latin Foeniculum vulgare Miller dan telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memasak serta tanaman obat. Tapi, tahukah kamu bahwa tanaman ini ternyata bisa melindungi tubuh dari penyakit? Ada banyak manfaat tanaman Adas yang tidak boleh kamu lewatkan, dan inilah ringkasannya!

Berikut Manfaat Adas untuk Kesehatan

1. Sakit perut, mual, diare, kembung

Anak-anak sering menderita sakit perut. Bisa jadi karena mereka tidak mengetahui mana yang sehat dan mana yang tidak. Jika anak kamu mengalami sakit perut, seperti perut kembung, diare dan sebagainyaKamu bisa mengobatinya dengan menggunakan bahan konvensional dari tumbuhan adas. Bahan-bahannya adalah 3 sendok teh adas; 5 bagian daun jambu biji yang masih muda (pucuk) dan pulasari 10 cm.

Prosedurnya sangat sederhana Semua bahan dibilas lalu dihaluskan. Kemudian, campuran tersebut direbus dalam 2 gelas air hingga airnya berkurang menjadi 1 gelasKamu kemudian dapat menyaring airnya, dan mengambil segelas air mendidih dua kali setiap hari. Separuh saat fajar dan sisanya di malam hari.

REKOMENDASI:  6 Manfaat Tanaman Jarak Yang Harus Kamu Tahu

2. Pengobatan wasir

Wasir adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya merasa tidak mampu sehingga mereka menyimpan penyakitnya sendiri. Karena mereka malu dengan hal-hal yang tidak menyenangkan mereka. Sebenarnya kondisi ini bisa diobati dengan menggunakan ramuan tradisional yang berasal dari herbal seperti adas. Beri 3 sendok teh adas, satu bawang putih (kupas kulitnya) satu cangkir daun patkan cina, 1 cangkir daun meniran, dan 1 sendok teh jinten (Cuminum Cyminum L.).

Bagaimana kamu membuatnya? Semua bahan dibersihkan, lalu dimasak dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan gula batu. Kemudian saring airnya dan minum ramuan tersebut 4-5 kali sehari. Ulangi proses ini selama beberapa hari.

3. Obat wasir berdarah

Wasir, juga dikenal sebagai wasir, terdiri dari dua jenis. Ada wasir eksternal yang terlihat serta wasir internal, yang umumnya berhubungan dengan pendarahan saat buang air besar. Jenis wasir ini dapat diobati dengan ramuan adas. Bahan-bahannya antara lain 2 sendok teh adas, 4 cm kulit pohon pulasari dan satu buah pisang batu muda.

Cuci bersih adas dan juga pulasari lalu rebus dalam satu gelas air sampai sisa matangKamu bisa menambahkan gula aren untuk mempermanisnya dan menyaring cairannya. Pisang batu muda dihancurkan dengan membuang kulitnya. Airnya diperas, lalu dicampur dengan air rebusan pulasari adas tadi. Minum ramuan tersebut minimal sehari sekali. Lanjutkan meminum ramuan tersebut keesokan harinya sampai lukanya sembuh.

REKOMENDASI:  Inilah 4 Kelebihan Merawat Tanaman Aglonema Di Rumah

4. Pengobatan untuk bau mulut

Bau mulut akibat sakit tenggorokan dan sariawan akibat sariawan bisa diatasi dengan ramuan adas. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tersebut adalah 1 sendok teh adas, 1 genggam daun beluntas dan dua biji kapulaga.

Semua bahan dibersihkan lalu dimasak dengan satu gelas air mendidihKamu bisa menambahkan sedikit garam. Setelah dingin, airnya kemudian disaring sebelum diminum sambil dihirup beberapa kali terlebih dahulu. Tiga kali per hari.

5. Anak dengan obat batuk

Adas dapat digunakan sebagai obat anti batuk pada anak. Bahan yang diperlukan untuk obat batuk anak-anak adalah 1 sendok teh adas, 4 cm kulit pohon pulasari, 1 siung bawang merah, dan kupas kulit bawang.

Semua bahan dibersihkan lalu digiling hingga halus. Rebus satu gelas air, sampai tinggal setengahnya. Tambahkan gula batu dan setelah dingin cairan dapat disaring dan dikonsumsi dua kali sehari. Pagi sebelum sarapan, dan malam sebelum tidur. Pastikan untuk melakukan ini setiap hari secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.