Berikut 5 Khasiat Tanaman Beluntas yang Harus kamu Tahu

Berikut 5 Khasiat Tanaman Beluntas yang Harus kamu Tahu

Khasiat daun beluntas (Pluchea indica (L.) Less) tidak perlu disalahartikan. Daun bergigi adalah salah satu tanaman herbal yang sangat sehat yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kronis.

Daun beluntas biasanya dikonsumsi melalui perebusan atau teh. Teh herbal dan jamu yang terbuat dari daun beluntas juga banyak dijual dan sering dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Manfaat daun beluntas tidak bisa dilepaskan dari nilai gizinya yang melimpah. Ekstrak daun ini dikatakan mengandung kalsium, serat beta karoten, kalsium, serta berbagai antioksidan seperti asam caffeic, asam klorogenat, quercetin dan flavonoid. Semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Selain itu, daun beluntas juga dipercaya memiliki khasiat seperti antiradang, antibakteri, dan antikanker serta zat pereda nyeri alami. Sifat-sifat ini dikonfirmasi oleh berbagai senyawa bioaktif yang ditemukan di dalamnya.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat daun beluntas untuk kesehatan:

1. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan bisa menjadi masalah yang sangat menjijikkan terutama dalam situasi sosial. Pria dan wanita tentunya akan merasa sedikit goyah ketika mengalami masalah bau badan. Kedepannya, tidak ada alasan untuk resah karena daun beluntas bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Dengan sering meminum air rebusan daun beluntas, maka bau badan yang berkembang dalam diri kamu bisa dihilangkan.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut bisa menjadi masalah ketika kamu terus-menerus berhubungan dengan orang lain. Jika kamu mengalami masalah ini sebaiknya minum air yang diekstrak dari daun beluntas, atau gunakan untuk obat kumur untuk menghilangkan bau tak sedap ini.

3. Mengatasi rematik

Jika kamu memiliki orang tua yang bermasalah dengan rematik, pertimbangkan untuk mengonsumsi ramuan daun beluntas. Khasiatnya mampu meredakan berbagai jenis rasa sakit. Hal ini juga digunakan untuk membantu mengobati gejala rematik.

REKOMENDASI:  5 Jenis Aglonema Yang Paling Cantik Dan Dicari Untuk Dekorasi Rumah Di Indonesia

4. Meredakan sakit pinggang

Banyak yang menderita ketidaknyamanan punggung bawah. Ini bisa sangat sulit untuk dijalani jika terus berlanjut. Ekstrak daun beluntas dapat membantu meredakan nyeri terutama pada bagian pinggang. Untuk beberapa nyeri pinggul dapat menghambat aktivitas sehari-hari, dan cara terbaik untuk memeranginya adalah dengan meminum rebusan daun beluntas secara teratur. Selain itu, manfaat minum air putih juga bisa menurunkan kemungkinan sakit punggung yang bisa dialami.

5. Menghilangkan keputihan

Daun beluntas yang juga dikenal sebagai tumbuhan liar banyak dimanfaatkan untuk mengobati keputihan yang sering dialami oleh wanita. Daun beluntas juga mampu mengurangi keputihan secara tuntas dalam waktu yang cepat. Selain daun beluntas, manfaat kunyit putih bisa dimanfaatkan untuk mengobati keputihan.

Manfaat lain dari daun beluntas yang bisa sangat bermanfaat bagi wanita adalah karena khasiatnya yang membantu mengurangi nyeri haid yang sudah umum terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.