Berikut 5 Jenis Tanaman Wortel Dari Chantenay Hingga Danvers

Berikut 5 Jenis Tanaman Wortel Dari Chantenay Hingga Danvers

Wortel adalah salah satu sayuran yang dipuja oleh banyak orang. Pasalnya, selain menyenangkan, ada banyak manfaat makan wortel yang didapat dengan mengonsumsinya, mulai dari menjaga kesehatan mata, dan juga menurunkan risiko terkena kanker.

Wortel, juga dikenal dengan nama Daucus carota, adalah nama sayuran yang termasuk dalam famili umbi-umbian. Sebagian besar waktu di Indonesia kita melihat wortel dengan warna oranye, meskipun wortel juga dapat ditemukan di varietas lain.

1. Chantenay

Wortel jenis ini sangat disukai oleh pecinta wortel karena memiliki rasa manis yang bisa dinikmati dalam keadaan matang atau mentah. Bentuk ini agak membulat dan bagian bawahnya tumpul. umbi. Wortel ini bisa mencapai panjang 10 hingga 12 cm, artinya lebih kecil dari jenis sebelumnya. Warnanya oranye terang dengan kulit halus dan lembut.

Royal Chantenay serta Red Chentenay adalah dua varietas wortel jenis chantenay yang terkenal. Ini bagus untuk membuat menu makanan baik dimasak atau mentah. Rasa manis akan tetap ada bahkan setelah wortel dimasak. Selain itu, umbi wortel setelah dimasak akan melunak.

2. Nantes

Jika kamu mencari wortel yang tidak perlu dikupas sebelum dikonsumsi, pilihlah varietas Nantes. Ukuran wortelnya sedikit berbeda dari kecil hingga besar dengan perkiraan panjang 15 hingga 20 sentimeter. Bentuknya menyerupai salah satu silinder dengan bagian bawah runcing dan memiliki rona kemerahan atau jingga. Selanjutnya daging wortel juga bisa berwarna oranye.

REKOMENDASI:  8 Jenis Tanaman Pangan Terpenting di Dunia yang Harus kamu Ketahui

Daging wortel, juga salah satu yang paling disukai oleh banyak orang, terbuat dari biji-bijian yang lembut dan kenyal serta inti yang sangat kecil. Rasanya yang lembut dan manis membuatnya ideal untuk digunakan sebagai wortel yang dikonsumsi oleh siapa saja dari segala usia. Beberapa varietas yang paling populer termasuk Nantes Awal, Antes Scarlet, Nantes Setengah Panjang dan Nantes Tanpa Biji.

3. Kaisar

Tanaman wortel ini memiliki bentuk agak bulat dan memanjang dengan ujung meruncing, atau lebih mirip dengan bentuk kerucut. Ada dua jenis wortel jenis ini. Mereka adalah Atomic Red dan Autumn King dengan rasa yang lezat. Wortel memiliki kulit yang tipis sehingga mudah dikupas. Juga dicatat fakta bahwa ia tumbuh pada sembilan inci (20-30 cm).

Untuk jenis rasa ini pasti kurang manis karena mengandung sedikit gula, tetapi tetap segar terutama saat baru dipanen. Dagingnya keras dan bukan biji. Wortel juga memiliki tekstur yang lebih rapuh yang memungkinkan untuk disimpan lebih lama daripada varietas lainnya. Selain itu, wortel sangat mudah dibudidayakan dan dipanen dalam waktu 75 hari.

4. Bulat / Mini / Bola

Wortel ini juga sesuai dengan namanya yaitu mini bulat, lonjong atau bola. Oleh karena itu wortel ini berbentuk oval dan berukuran lebih kecil dari 3-4 inciKamu mungkin pernah memiliki wortel yang tidak biasa ini, yang dimakan utuh, tetapi memiliki daunnya. Karena ukurannya, mereka ideal untuk ditanam di rumah kamu.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Manfaat Tanaman Parijoto Yang Harus Kamu Tahu

Rasanya yang menyegarkan dan manis adalah pilihan yang sempurna untuk sayuran sehat untuk memberi makan keluarga kamu. Wortel mini ini berukuran sekitar satu hingga dua inci, yang artinya bisa ditanam di wadah kecil atau di polybag. Proses penanaman relatif singkat karena hanya sekitar 60 hari. Wortel jenis ini dapat diolah mirip dengan jenis wortel lainnya dengan cara dimasak.

5. Danvers

Namanya menunjukkan bahwa wortel khusus ini dibuat di Danvers yang merupakan sebuah wilayah di Massachusetts pada tahun 1870. Jenis wortel ini membutuhkan waktu antara 65 dan 85 hari untuk matang sebelum siap dipetik. Bentuknya khas karena visualnya yang panjang, sedangkan bagian bawahnya runcing, tipis dan hadir dalam berbagai warna, termasuk oranye.

Varietas Danvers ini telah mendapatkan popularitas sebagai tanaman karena rona oranye yang dalam dan rasa yang lebih intens. Selain itu, tanaman ini sangat sederhana untuk dibudidayakan, dan memiliki rasa yang sangat manis, aroma yang menyenangkan dan kulit yang halus dan lembut. Sama seperti varietas lainnya, ia hadir dalam berbagai varietas, tetapi ada tiga varietas yang paling populer. Yellowstone, Danvers Half Long dan Healthmaster adalah yang paling populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.