Berikut 5 Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Dengan Benar

Berikut 5 Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Dengan Benar

Sirih gading, juga dikenal sebagai pothos, adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari. Tanaman hias ini mudah dirawat serta cepat tumbuhnya, dan bisa menambah sentuhan dekorasi rumah.

Tanaman cepat tumbuh biasanya diincar oleh mereka yang ingin memanfaatkan tanaman hias sebagai salah satu cara untuk menambah daya tarik dekorasi interior. Cara kamu merawat tanaman akan mempengaruhi seberapa cepat ia tumbuh , dan juga cara kemunculannya.

1. Perhatikan kondisi tanaman mulai dari awal

Cara kamu mulai merawat tanaman hias kamu sangat penting. Saat kamu pertama kali membawa sirih gading ke rumah tanaman mungkin kecil atau muda dan dimasukkan ke dalam pot kecil dan pot.

Jika sirih gading mulai tumbuh, penting untuk mengganti pot tanaman atau menanamnya di pot baru. Penting untuk dicatat bahwa sementara sirih gading dapat dibentuk dalam wadah berisi air. Akar akan bereaksi negatif ketika ditempatkan di tanah liat wadah, dan disiram secara berlebihan.

Sirih gading yang ditanam di air bisa tumbuh, namun kecepatan pertumbuhannya tidak sama dengan saat ditanam di tanah.

Untuk memungkinkan gading sirih berkembang dengan cepat, kamu harus memilih tanah pot biasa dengan drainase yang sangat baik. Ini adalah Pothos campuran Pothos yang sangat baik yang akan memastikan tanaman kamu tumbuh subur.

Sirih gading memiliki kisaran pH tanah 6,1 hingga 6,5 ‚Äč‚ÄčTidak mungkin menimbulkan reaksi negatif jika pH tanah berada di luar kisaran tersebut.

2. Biarkan matahari bersinar terang agar tidak langsung.

Sirih gading membutuhkan keseimbangan cahaya yang halus. Meskipun membutuhkan cahaya yang cukup, mereka tidak boleh terkena sinar matahari langsung terlalu lama, karena daunnya mudah terbakar.

Pilihan paling efektif adalah meletakkan tanaman di dekat jendela di mana ia bisa mendapatkan banyak sinar matahari tidak langsung.

Jika kamu meletakkan tanaman kamu di dalam area yang redup atau di sudut yang gelap, daunnya kemungkinan besar akan kehilangan variegasinya. kesehatan tanaman akan terganggu.

Jika daun mulai terlihat pucat, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka mendapatkan terlalu banyak sinar matahari.

3. Pertahankan suhu ruangan antara 21 dan 32 derajat Celcius

Sirih gading tumbuh subur dalam kelembaban dan suhu yang bervariasi antara 21 dan 32 derajat Celcius. Pastikan area tempat kamu meletakkan sirih gading berada dalam kisaran suhu.

Pada suhu ini mereka akan berkembang dan bertambah besar.

Sirih yang terbuat dari gading dapat bertahan hingga suhu serendah 10 derajat Celcius namun di bawah suhu tersebut kamu akan menemukan sirih gading dipengaruhi oleh pertumbuhan kerdil dan daun yang berubah menjadi hitam.

4. Hanya air saat tanah mengering

Sirih gading perlu dihidrasi dalam jumlah yang tepat. Membuat jadwal penyiraman dapat membantu dalam pencegahan sirih gading tergenang air.

Banyak air dapat menyebabkan daun layu dan lemas. Daunnya bahkan bisa berubah warna menjadi kuning.

Alasan untuk ini adalah bahwa tanaman rentan terhadap busuk akar ketika disimpan di tanah dengan air.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko busuk akar adalah dengan membiarkan tanaman kamu mengering setelah disiram. Kemudian, ambil piring dari panci.

Air yang tidak mencukupi dapat menyebabkan masalah. Hal ini dapat menyebabkan daun menggulung, kemudian menjadi lemas, dan kemudian daun dapat rontok.

Tanaman khusus ini menyukainya ketika tanah kering di antara irigasi. Akar dapat tetap lembab, tetapi mereka tidak boleh dibiarkan berada di antara waktu penyiraman.

Jika 2 inci bagian atas tanah kering, pertimbangkan untuk menyirami tanaman kamu sekali lagi.

5. Pemupukan setiap dua atau tiga bulan

Dimungkinkan untuk menanam sirih gading tanpa pupuk, terutama jika ditempatkan di pot dengan tanah yang baik. Namun pemupukan sirih gading setiap 2 sampai 3 bulan selama musim tanam dapat meningkatkan laju pertumbuhan dan membantu memastikan bahwa tanaman kamu matang dan berkembang dalam waktu secepat mungkin.

Pupuk yang seimbang dan larut dalam air untuk rumah kamu adalah pilihan terbaik. Ini tidak akan meningkatkan ukuran tanaman kamu dalam hitungan jam, namun itu akan melakukan tugasnya dengan baik.

Jika kamu tidak yakin apakah tanah kamu membutuhkan pupuk, cobalah mengujinya. Mayoritas toko berkebun menawarkan alat uji tanah di rumah yang menentukan dengan tepat jumlah nutrisi dalam tanah dan nutrisi apa yang tidak.

Sebagian besar tanaman membutuhkan 16 nutrisi penting untuk tumbuh dan berkembang. Nutrisi utama yang dibutuhkan adalah nitrogen, kalium dan fosfor.

Unsur hara mikro dan sekunder yang dibutuhkan antara lain kobalt, boron, molibdenum, besi, seng tembaga, kalsium belerang, dan magnesium. Pupuk terbaik terdiri dari semua elemen ini.

Pupuk anorganik menawarkan dorongan pupuk yang cepat ke tanah, yang dapat langsung mendorong pertumbuhan sirih gading. Namun pupuk organik mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mendorong pertumbuhan tanaman, tetapi mereka menjamin media yang lebih sehat dan lebih sehat dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.