Berikut 5 Aturan Merawat Tanaman Agar Tetap Segar

Berikut 5 Aturan Merawat Tanaman Agar Tetap Segar

Berkebun adalah hobi yang bagus bagi mereka yang menikmatinya. Bisa dibayangkan betapa memuaskan rasanya merawat tanaman yang sehat dan asri, mulai dari menanam hingga merawatnya. Bagaimana jika ada tanaman hasil bumi yang tersedia di rumah kamu dan kamu tidak perlu pergi ke pasar? Apakah itu akan membuatmu bahagia?

Meski menanam pohon sederhana, namun merawatnya membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Penting untuk memahami aturan perawatan untuk tanaman kamu. Yuk simak poin-poin penting ini untuk memastikan tanaman hias di rumah kamu tumbuh subur.

Aturan Merawat Tanaman

1. Teknik Penyiraman yang Tepat

Cara terbaik untuk merawat tanaman kamu tergantung pada jenis yang kamu miliki dan bagaimana mereka disiram. Penting untuk menentukan kebutuhan air untuk setiap jenis tanaman agar lebih efektif dalam merawatnya.

Terlalu sedikit air dapat menyebabkan tanaman mengering dan akhirnya mati. Namun, penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar.

2. Hindari Overwatering

Tidak baik jika tanaman terlalu sering disiram. Akarnya bisa membusuk lebih cepat jika mendapat terlalu banyak air. Beberapa tanaman dapat menyimpan cadangan air, sehingga tetap sehat meskipun tidak disiram setiap hari.

Jika kamu menemukan bahwa akarnya rusak, kamu harus membuangnya dan memindahkannya ke pot lain. Ini akan terbukti lebih sulit bagi kamu.

kamu harus dapat menentukan tingkat penyiraman setiap pohon. Ini akan memungkinkan kamu untuk menyirami pohon kamu lebih sering tanpa menyiramnya secara berlebihan.

3. Menjemur Tanaman di Bawah Sinar Matahari

Setelah penyiraman, metode kedua adalah menjemur tanaman di bawah sinar matahari. Bahkan tanaman dalam ruangan membutuhkan sinar matahari untuk dapat berfotosintesis. Sinar matahari yang berlebihan, seperti halnya sinar matahari yang berlebihan, dapat menyebabkan tanaman mengering, terbakar dan akhirnya mati.

Cara terbaik untuk memastikan tanaman menerima jumlah maksimum sinar matahari adalah dengan memahami persyaratan untuk paparan sinar matahari. Untuk kebun buah dan sayur, mereka membutuhkan sinar matahari langsung selama enam jam. Tanaman biasa dapat diberikan sinar matahari selama tiga sampai empat jam setiap hari.

Berlawanan dengan sukulen dan kaktus, yang dapat tumbuh di tempat teduh, paku-pakuan dan tanaman sejenis lainnya hanya membutuhkan sekitar dua jam sinar matahari setiap hari.

4. Berikan Kelembaban Ekstra

Beberapa tanaman membutuhkan kelembaban yang lebih tinggiKamu harus bisa mengetahui bagaimana tanaman akan hidup saat kamu membelinya.

Tanyakan kepada penjual berapa suhu ideal agar tanaman kamu tumbuh subur. Jika tanaman yang kamu beli membutuhkan kelembapan, kamu bisa mengatur suhu ruangan dengan AC.

5. Lakukan penyesuaian dengan kondisi lingkungan kamu

Setiap daerah memiliki suhu dan kelembapannya masing-masing. Pilih tanaman yang sesuai dengan suhu rumah kamu. Ini untuk memudahkan perawatan dan membantu tanaman tumbuh subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.