Berikut 4 Tips Kelola Bisnis Agar Tidak Bangkrut

Berikut 4 Tips Kelola Bisnis Agar Tidak Bangkrut

Sulit untuk menjalankan bisnisKamu harus bisa melihat dan memanfaatkan peluang bisnis agar bisa sukses.

kamu bisa bangkrut jika tidak berhati-hati dalam menjalankan bisnis.

Akan ada pasang surut dalam menjalankan bisnis. Setiap saat, kamu akan menghadapi tantangan.

Semua aspek bisnis kamu, mulai dari kerugian hingga tidak tercapainya target, harus dilihat secara positif. Ini adalah kesempatan belajar untuk bisnis kamu.

kamu harus dapat menemukan cara untuk mengembalikan bisnis ke jalurnya ketika sedang mengalami penurunan.

kamu tidak harus tetap dalam posisi ini terlalu lama. Ini tidak baik untuk perusahaan kamu dan dapat menyebabkan kebangkrutan. Ini adalah beberapa tips untuk membantu kamu menghindari kebangkrutan.

1. Mengetahui rasio modal usaha saat ini

Rasio modal yang sehat sangat penting untuk memastikan bahwa kamu memiliki cukup modal untuk terus menjalankan bisnis kamu. Hal ini akan menjamin kelangsungan bisnis untuk masa depan.

REKOMENDASI:  5 Tips Bisnis Katering Proposal Yang Harus Kamu Tahu

Bagilah nilai total semua aset dan kewajiban dengan rasio total modal untuk menghitungnya. Bisnis yang memiliki rasio modal lebih rendah dari satu menunjukkan tidak memiliki cukup modal untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya.

Jika nilai rasio modal lebih besar dari satu, menunjukkan bahwa situasi keuangan perusahaan baik dan berpotensi untuk tumbuh. Tergantung pada industri, rasio modal dapat bervariasi.

2. Kelola inventaris dengan cerdas

Persediaan yang terlalu banyak dapat menguras modal usaha kamuKamu menanggung risiko bahwa kamu akan kehilangan penjualan di masa mendatang jika tidak ada cukup persediaan.

Estimasi pembelian efektif didasarkan pada angka penjualan untuk bulan dan tahun sebelumnya. Ini akan memungkinkan kamu untuk mengelola inventaris. Ini akan memastikan bahwa kamu memiliki stok yang cukup dan tidak berlebihanKamu juga dapat menjual inventaris yang tidak kamu perlukan untuk mengurangi biaya penyimpanan dan pemeliharaan.

REKOMENDASI:  Ternyata Mudah, Berikut 6 Tips Sukses Bisnis Laundry

3. Jadilah manajer faktur yang baik

Manajemen modal yang cerdas adalah tentang mendapatkan uang tunai lebih cepatKamu dapat melakukannya dengan mengelola faktur dan tagihan bisnis kamu dengan lebih baik.

Penagihan piutang usaha ini dapat kamu manfaatkan untuk memperoleh uang guna membayar pengeluaran usaha, sekaligus modal. Jika sebelumnya kamu memberikan batas waktu pembayaran selama 20 hari, kirimkan permintaan pembayaran kepada pelanggan dalam waktu 10 hari.

Ini harus dikatakan secara profesional dan ramah sehingga tidak terdengar memaksa. Menawarkan diskon pembayaran kepada pelanggan jika diperlukan sehingga pembayaran dapat diterima lebih cepat.

kamu juga dapat bernegosiasi dengan pemasok untuk mendapatkan sistem pembayaran yang lebih baik dan menguntungkan. Dimungkinkan juga untuk mencari pemasok lain. Ini akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga dan penawaran yang lebih baik dari pemasok kamu.

REKOMENDASI:  Tips Berbisnis Frozen Food

4. Buat perencanaan kontinjensi

Dalam menjalankan bisnis, pepatah ini harus diingatKamu perlu merencanakan semua kemungkinan risiko yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis kamu di masa depan.

Aktivitas bisnis dapat dipengaruhi oleh risiko-risiko tersebut. Cara cerdas untuk mengelola risiko ini adalah cara terbaik.

Bagaimana kamu dapat mengatasi potensi risiko dalam bisnis kamu? Rencana darurat ini akan membantu kamu lebih siap menghadapi risiko apa pun, bahkan yang paling sulit sekalipunKamu juga akan dapat mencegah bisnis kamu bangkrut.