Beriku Cara-Cara Menanam Mentimun Dengan Baik Dan Benar

Beriku Cara-Cara Menanam Mentimun Dengan Baik Dan Benar

Mentimun atau dalam bahasa latin disebut Cucumis Sativus merupakan tumbuhan menjalar yang dapat bertahan hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Cucurbitaceae atau famili labu masih termasuk tanaman mentimun. Ini mirip dengan semangka dan melon. Mentimun memiliki kadar air yang tinggi, namun berbeda dengan semangka dan melon yang memiliki rasa manis, mentimun memiliki rasa yang hambar. Mentimun masih memiliki banyak daya tarik. Mentimun tidak hanya bagus untuk sayuran segar tetapi juga memiliki banyak khasiat lain seperti menurunkan tekanan darah. Mentimun dapat digunakan untuk membuat kulit kamu terlihat lebih muda, lebih sehat, dan lebih cantik. Tidak heran jika permintaan sayur/buah ini tinggi karena banyaknya manfaat yang ditawarkan. Budidaya mentimun bisa menjadi alternatif yang baik untuk mendatangkan rupiah. Budidaya mentimun organik dianjurkan karena tanaman yang ditanam secara organik akan menghasilkan sayuran berkualitas tinggi dan sehat. Kita harus belajar tentang cara menanam mentimun organik.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Manfaat Tanaman Lantana Untuk Sendi Dan Tulang

Cara Menanam Ketimun Untuk Hasil Maksimal

1. Pastikan kamu memiliki cukup ruang tanam

Mempersiapkan lahan merupakan langkah awal dalam budidaya mentimun. Untuk membuat tanah gembur yang bisa digunakan untuk menanam mentimun, terlebih dahulu harus disiapkan lahannya. Selanjutnya gali lubang tanam sedalam 20 cm dan 50 x 60 cm dari lubang lainnya.

Mulsa dianjurkan untuk membuatnya lebih mudah diatur dan untuk menghindari kebutuhan penyiangan. Selanjutnya, masukkan kompos atau pupuk kandang ke dalam lubang dan diamkan selama kurang lebih satu minggu sebelum menambahkan biji mentimun. Sembari menunggu lahan siap untuk ditanami, kamu bisa menabur benih mentimun terlebih dahulu.

2. Cara menanam bibit timun

Penyemaian bibit mentimun dengan lahan yang sudah disiapkan akan lebih mudah jika dilakukan penyemaian terlebih dahuluKamu harus memilih benih mentimun dengan kualitas unggul untuk memastikan mentimun yang menghasilkan tinggi.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Tanaman Janda Bolong Yang Harus Kamu Tahu

Untuk menyemai benih timun, siapkan media plastik polybag kemudian tambahkan tanah dengan kompos atau pupuk kandang. Setelah proses penyemaian selesai selama 14 hari kamu dapat memindahkan tanaman ke lapangan. Pilih bibit mentimun yang pertumbuhannya baik dan sehat pada saat pemindahan.

3. Memindahkan biji mentimun

Setelah bibit mentimun dipindahkan, kamu harus segera memindahkan tomat tersebut agar tumbuh dengan optimal. Bibit mentimun harus dipindahkan ke tanah yang sudah disiapkan dalam waktu 14 hari. Dikhawatirkan jika bibit mentimun terlalu lama di persemaian akan terserang hama atau penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Sangat mudah untuk mentransfer benih. Cukup sobek kantong plastik dan tempatkan benih dengan tanah di dalam lubang. Kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan tanah agar tanaman berdiri tegak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.