Beberapa Hal Ini Harus Dikerjakan Jika Dana Pensiun Terlambat Dipersiapkan

Beberapa Hal Ini Harus Dikerjakan Jika Dana Pensiun Terlambat Dipersiapkan

Sudahkah kamu menyusun dana pensiun kamu di tahun-tahun awal? Masa pensiun akan dirasakan oleh semua orang baik yang berprofesi sebagai pedagang, karyawan atau wiraswasta. Mungkin masa pensiun ini belum berakhir bagi kamu yang masih berusia 20-an saat ini sebaiknya segera selesaikan perencanaan pensiun kamu karena kamu memiliki penghasilan yang stabil dan masih bekerja.

Jika kamu saat ini bekerja untuk sebuah perusahaan, kamu mungkin memiliki gambaran tentang jumlah uang pensiun yang akan dibayarkan nanti, pada saat yang tepat. Pertimbangkan apakah dana pensiun akan cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu selama bertahun-tahun. Jadi, kita harus membuat rekening pensiun sekarang juga agar tidak membebani diri kita sendiri di masa pensiun. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merencanakan masa pensiun:

1. Mempersiapkan Asuransi Kesehatan yang Baik

Masalah kesehatan yang kita derita memang tidak bisa diprediksi, tetapi pada akhirnya kita akan masuk ke dalam keadaan sakit dan kemudian kesehatan kita secara keseluruhan cenderung menurun. Kita harus berusaha untuk menjalani gaya hidup aktif yang sehat dengan mengonsumsi makanan sehat juga. Gaya hidup tidak sehat saat ini harus dijauhi. Juga, jangan lupa untuk mendaftar di asuransi kesehatan teratas yang saat ini ada di pasaran. Salah satu program asuransi kesehatan yang handal dan terpercaya untuk diandalkan adalah BPJS Kesehatan.

2. Menghitung Kebutuhan Biaya Pensiun dengan Mempertimbangkan Inflasi dan Investasi

Jika kita pensiun, mungkin kita tidak akan seefisien dulu, namun tuntutan akan tetap ada dan kita harus membayar tagihan rutin setiap bulan. Mungkin saat ini, anak-anak sudah dewasa dan sebagian dari pembayaran telah lunas. Berdasarkan asumsi bahwa kita akan pensiun dalam 20 tahun mendatang, dan biaya yang diperlukan adalah pengeluaran 20 tahun ke depan yang juga termasuk inflasi. Waspadai kenaikan inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan investasi.

3. Jumlah Investasi yang Dibutuhkan

Kembali ke topik inflasi. Misalnya, tingkat inflasi saat ini adalah 11 persen dan kamu berusia tiga puluh tahun. Pensiun diharapkan terjadi pada usia 55 tahun sehingga durasinya sekitar 20 tahun. Di usia tersebut kemungkinan biaya rutin kamu (bersama kamu dan orang-orang tersayang) sekitar Rp. 5 juta. Oleh karena itu, dana pensiun yang dibutuhkan untuk membayar pengeluaran kamu di masa depan bisa sangat besar. Pengeluaran sebesar Rp 5 juta sebelum pensiun bisa meningkat menjadi Rp 68 juta nanti karena inflasi. Jika kamu tidak siap untuk investasi, mungkin ketika tiba saatnya untuk pensiun kamu harus mencari dana untuk membayar pengeluaran sehari-hari kamu.

Penting untuk mencari opsi investasi yang dapat menghasilkan pengembalian lebih tinggi daripada angka pengeluaran, termasuk inflasi di kemudian hari. Ketahui apa yang diperlukan untuk masa pensiun untuk mulai merencanakannya sebelumnyaKamu harus meminimalkan kemungkinan berada dalam bahaya. Kebutuhan pensiun setiap orang berbeda-beda. Inilah sebabnya mengapa harus dipertimbangkan dalam waktu dekat dan kemudian pilih rencana investasi yang andal dan sesuai. Jika kamu sudah mempersiapkan di masa lalu, kamu bisa menikmati manfaatnya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.